6 Penyakit yang Paling Sering Muncul dalam Novel - Writer’s block adalah salah satu penyakit penulis yang sulit sekali diobati. Tapi, itu bukan alasan untuk tidak memikirkan keunikan cerita yang kita tuliskan. Ngomong-ngomong soal penyakit yang ada pada penulis, tahukah kalian penyakit apa saja yang sering dipakai penulis dalam tulisannya?

Berikut merupakan penyakit dalam novel yang sering dipakai penulis.

1. Kanker

Sumber: alodokter.com

Kanker bisa dikatakan merupakan penyakit yang sering dipakai penulis. Kanker di sini sudah mencakup banyak jenis, seperti: kanker darah, kanker otak, kanker payudara, kanker hati, dan lain sebagainya.

Sebut saja beberapa novel yang tokohnya menderita penyakit ini, semisal Secangkir Cinta dan Air Mata (based on true story) yang ditulis oleh Threes Emir, A Walk to Remember ditulis oleh Nicholas Sparks, dan lain sebagainya.

2. Amnesia

Amnesia adalah kondisi terganggunya daya ingat. Ada dua penyebab kenapa seseorang bisa mengidap amnesia. Penyebab penyakit ini terdiri dari penyebab secara organik dan fungsional. Penyebab Organik dapat berupa trauma, penggunaan obat-obatan dan yang terparah, dikarenakan operasi transplantasi sum-sum tulang belakakang. Sedangkan Penyebab Fungsional dipengaruhi oleh faktor psikologis, seperti mekanisme pertahanan ego. Biasanya dalam novel, tokoh amnesia disebabkan oleh sebuah kecelakaan. Klise bukan?

Beberapa novel yang memakai penyakit ini, yakni Dark Memory karya Jack Lance serta Chimera karya Donny Anggoro.

3. Jantung

Sumber: hellosehat.com

Jantung merupakan organ vital manusia. Fungsinya memompa dan menyebarkan darah dengan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Mungkin karena itulah, penyakit jantung sering dijadikan penyakit yang menyerang tokoh utama dalam sebuah novel.

Penyakit ini bisa kamu temui dalam novel Sunshine Becomes You karya Ilana Tan.

Baca Juga: 3 Penulis Indonesia yang Masuk Daftar Pahlawan Nasional

4. Alzheimer

Penyakit Alzheimer rentan menyerang orang tua berusia 65 tahun ke atas. Gejala penyakit ini ditandai dengan kebingungan, disorientasi, kegagalan memori, gangguan bicara, dan demensia. Untuk penyebabnya sendiri masih belum diketahui.

Novel yang menggunakan penyakit ini adalah Still Alice karya Lisa Genova, Time To Let Go karya Christoph Fischer, Pale Highway karya Nicholas Conley, All the Dancing Birds karya Auburn McCanta dan masih banyak lagi.

5. Skizofrenia

Skizofrenia adalah gangguan penyakit yang terjadi dalam jangka panjang. Gangguan ini membuat penderitanya mengalami halusinasi, delusi, kekacauan berpikir dan perubahan perilaku. Penderita juga sukar membedakan kenyataan dengan pikirannya sendiri.

Gone Girl yang ditulis oleh Gillian Flynn, Pintu Terlarang yang ditulis Sekar Ayu Asmara, Nora yang ditulis Putu Wijaya, A Beautiful Mind yang ditulis Sylvia Nasar, merupakan beberapa contoh novel yang tokohnya menderita skizofrenia.

6. Albino

Sumber: idntimes.com

Albino atau yang disebut dengan albinisme merupakan kelainan keturunan yang ditandai dengan berkurangnya produksi melanin sepenuhnya atau sebagian. Melanin sendiri adalah pigmen yang memberi warna pada kulit, rambut dan mata. Karena dari itulah, penderita albino biasanya memiliki rambut, kulit, dan mata dengan warna yang terang atau tidak berwarna. Beberapa dari mereka sangat sensitif terhadap sinar matahari dan berisiko mengalami kanker kulit.

Novel yang menggunakan penyakit albino, misalnya White Wedding oleh  Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie, The Tragedy Paper karya Elizabeth LaBan, Akata Witch yang ditulis oleh Nnedi Okorafor, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: Cara Membuat Blurb Novel Yang Menarik

Itulah 6 penyakit yang sering ada dalam novel. Kalau kamu sendiri, apakah pernah menulis karakter berpenyakitan? Apakah itu? Jangan-jangan penyakit malarindu lagi….

Jangan lupa baca novel Indonesia yang ada di aplikasi Cabaca. Banyak cerita unik yang nggak cuma menampilkan karakter penyakitan. Aplikasi ini bisa diunduh gratis! Ada banyak cara untuk download novel gratis, silakan cek mendapatkan kerang gratis. [Lisma]

Yuk, pasang aplikasi baca novel karya anak Indonesia di ponselmu!