Apabila membicarakan mengenai menu berbuka puasa, banyak ibu-ibu atau pun mungkin anak kost yang tidak ingin ribet membuatnya. Jadi, berikut merupakan 6 menu buka puasa sederhana dan mudah dibuat yang bisa kalian tiru.

1. Pecel

sumber: https://resepkoki.id

Pecel atau pecal merupakan makanan yang terbuat dari sambal pecel (kacang) dan dicampur dengan aneka sayuran. Seperti yang sudah diketahui, bahan dasar dari pecel, adalah sambel pecel, yang biasanya terbuat dari  kacang tanah, cabai, gula merah (atau gula putih), daun jeruk nipis (atau buahnya), buah asam, dan garam.

Untuk sayurannya sendiri, tidak ada batasan. Kalian bisa memakai tauge, kacang panjang, mentimun, kemangi, bayam, kuncup kembang/bunga turi, kol, kangkung, wortel, labu siam, daun kenikir dan lain sebagainya, sesuai selera saja.

Sambel pecel ini dikategorikan higienis karena bisa bertahan selama seminggu (apabila tidak tercampur air). Agar lebih tahan lagi, simpan dalam wadah tertutup serta taruh dalam lemari es.

2. Oseng Tempe

sumber: https://fimela.com

Ini satu lagi menu merakyat: Oseng Tempe. Bahannya sangat mudah sekali ditemukan dan harganya juga murah. Terbuat dari tempe yang diiris kecil-kecil, kemudian ditumis dengan bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai hijau, garam, kecap manis, ingin lebih pedas lagi, campurkan merica secukupnya. Oh ya, jangan lupa tambahkan daun salam serta lengkuas yang sudah dimemarkan, agar oseng tempemu semakin nikmat.

3. Cah Kangkung

sumber: https://selerasa.com

Ini nih, menu buku puasa yang cocok banget buat diet kamu. Namanya cah kangkung. Cara buatnya juga sangat mudah.

Ambil satu ikat sayur kangkung, disiangi, kemudian cuci bersih. Setelah selesai, kakung siap untuk ditumis bersama bawang putih, bawang merah, beberapa cabai rawit (iris serong), beri garam dan gula secukupnya. Cah kangkung yang hangat, cocok untuk menemani buka puasamu.

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa dan Imsak Ramadhan 1440 H

4. Sayur Asem

sumber: https://resepkoki.id

Seharian berpuasa menahan haus dan lapar, paling enak berbuka yang menyegarkan dan sekaligus mengenyangkan. Apalagi kalau tidak sayur asem. Untuk isian sayur asem, tidak ada aturan khusus, kalian bisa mencampurkan beberapa jenis sayuran ke dalamnya sesuai selera.

5. Ayam Geprek

sumber: https://selerasa.com

Ini dia menu yang lagi hits sekarang. Namanya ayam geprek. Cara membuatnya bisa dibilang cukup mudah. Mula-mula, ayam yang sudah dipotong dan dibersihkan, dilumuri adonan kering yang terdiri dari tepung terigu, tepung maizena, baking powder, bawang putih bubuk, dan garam. Untuk mendapat rasa yang lebih kresss, masukkan ayam yang sudah dilaburi pakai adonan kering tadi ke dalam air es, lalu masukkkan kembali ke adonan kering. Setelahnya, goreng ayam memakai minyak panas.

Hal yang membedakan menu ini dengan menu ayam lainnya, yaitu rasa sambalnya. Sambal untuk ayam geprek biasanya terbuat dari ulekan tumisan sambal bawang, dicampur bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit, dan serai.

6. Nasi Goreng

sumber: https://selerasa.com

Punya nasi sisa kemarin yang belum basi? Daripada dibuang kan mubazir, mending digoreng saja. Dimakan lagi. Rasanya pasti lebih nikmat kalau dimakan dengan telur ceplok.

Kalau kalian malas buat bumbunya, sekarang tidak perlu cemas. Sudah ada banyak bumbu instan nasi goreng yang bisa kalian beli di toko. Benar-benar bisa jadi menu buka puasa sederhana dan mudah dibuat, bukan?

Baca Juga: 9 Menu Sahur Anak Kos Modal Rice Cooker

Kamu yang kurang jado masak, sebaiknya baca Mastercheap karena ada banyak resep untuk bikin menu buka puasa sederhana dan mudah dibuat. Sebaliknya, kalau jago masak, kirimkan resep andalanmu juga yuk. Siapa tahu dapat hadiah!

Baca novel jadi lebih mudah dengan download aplikasi Cabaca di Play Store.

Perbanyak kegiatan berfaedah dengan Buku Kegiatan Ramadhan!