6 Keutamaan Bulan Syawal untuk Seorang Muslim-Tidak terasa kita akan meninggalkan Ramadan. Dan tak lama lagi, kita memasuki bulan Syawal. Apa itu bulan Syawal? Bulan Syawal merupakan salah satu bulan baik dalam Islam setelah bulan Ramadan.

Baca Juga: 20 Ucapan Selamat Idul Fitri 2022 yang Bermakna
Oase.id

Apa Saja Amalan dan Keutamaan Bulan Syawal?

Di bulan yang baik ini, apa kamu tahu keutamaan atau keistimewaan bulan Syawal? Dalam bulan Syawal kamu bisa melakukan amalan-amalan yang dapat menambah pahala.

Apa saja amalan yang mengandung banyak keutamaan tersebut? Simak penjelasannya berikut ini!

1.  Puasa 6 Hari Seperti Puasa Setahun Penuh

Fadhilah bulan Syawal ada banyak sekali, salah satunya adalah puasa 6 hari yang pahalanya bisa seperti puasa setahun penuh. Puasa ini hanya ada di bulan Syawal saja, tidak ada di bulan lain. Tepatnya di tanggal 2 Syawal sampai 7 Syawal.

Kenapa puasa Syawal harus dimulai dari tanggal 2 Syawal? Cabucin pasti belum tahu alasannya, ya. Tanggal 1 Syawal adalah Hari Raya Idul Fitri. Haram hukumnya puasa di hari itu.

Baca Juga: Begini Loh Niat Puasa Syawal dan Tata Caranya!

2.  Bulan Silaturrahmi

Detik.net

Hari Raya Idul Fitri tidak lengkap rasanya apabila tidak bersilaturrahmi kepada keluarga, saudara, kerabat, dan tetangga. Yang berada di perantauan akan mudik. Dan yang tidak mudik akan berkunjung ke rumah orang terdekat. Lalu mencicipi cemilan yang disuguhkan dan juga bercerita akan banyak hal.

Silaturrahmi adalah ajang saling memaafkan. Ada banyak keberkahan yang dicurahkan Allah SWT pada bulan ini. Semoga saja setelah Syawal, jiwa kejulidanmu tidak kumat lagi.

3.  Membaca Takbir

Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar Laa ilaaha illallaahu wallahu Akbar Allahu Akbar wa lillaah ilhamd
Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar kabiiraa, walhamdulillaahi katsira, wa subhaanallahi bukrataw-wa ashilaa.

Bacaan takbir seperti di atas hanya ada di Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha. Semua masjid, mushola, TV dan sebagainya akan membacanya sebagai menyambut datangnya Hari Kemenangan.

Takbir biasanya dikumandangkan ketika malam Idul Fitri, yakni sejak matahari tenggelam di hari akhir bulan Ramadan sampai datangnya imam pemimpin salat Idul Fitri.

4.  Penyempurna Amalan di Bulan Ramadan

Salah satu keutamaan di bulan Syawal adalah melakukan I’tikaf. I’tikaf bisa menjadi penyempurna amalan di bulan Ramadan.

I’tikaf diartikan sebagai berdiam diri di rumah. Namun, definisi berdiam diri sini bukan menggelundung yang tidak jelas ya, gaes, melainkan beristigfar dan melakukan perbuatan lain yang mendekatkan kita kepada Allah SWT.

5.  Menikah di Bulan Syawal

Kompas.com

Hadits keutamaan bulan Syawal lainnya pernah diriwayatkan oleh HR. Muslim, An Nasa’i:

Rasulullah SAW menikahiku saat bulan Syawal dan mengadakan malam pertama dengan aku di bulan Syawal. Manakah istri beliau yang lebih mendapatkan perhatian selain aku?

Hadits di atas berasal dari Siti Aisyah RA. Jadi, apakah tahun ini kamu akan menikah di bulan Syawal, seperti sunnah Rasulullah? Jika iya, maka  selamat! Kamu berhasil memaksimalkan potensi amalan dan keutamaan di Bulan  Syawal.

Namun jika belum, tidak  apa-apa kok! Kamu bisa menjalankan  ibadah yang lainnya! Ada ibadah sunnah Ramadan yang bisa dilanjutkan di bulan Syawal.

Amalan sunnah terdiri dari salat Tahajud, membaca al quran dan sebagainya. Mari memperbanyakan amal ibadah dan mengurangi ghibah.

Baca Juga: 10 Tradisi Lebaran di Dunia, Mana Paling Unik?

Itulah beberapa keutamaan bulan syawal yang harus kamu ketahui. Melihat keutamannya yang begitu luar biasa, ada  baiknya kamu memanfaatkan bulan Syawal dengan melakukan  banyak ibadah dan amalan.

Selain memperbanyak ibadah, kamu juga bisa memperbanyak bacaanmu loh! Membaca sekarang sudah tidak susah lagi. Install saja aplikasi Cabaca dan dapatkan novel baru setiap harinya. Mengapa harus Cabaca? Karena Cabaca memberikan jaminan novel kurasi untuk setiap  novel  yang diterbitkan!

Novel terkurasi akan membuat pengalaman membaca lebih menyenangkan dan berkualitas. Temukan novel-novel digital terkurasi  di aplikasi Cabaca! Coba baca aja dulu novel-novelnya di sini. [Lisma]

Baca novel Indonesia di Cabaca