6 Jenis Buku Anak yang Unik dan Direkomendasikan untuk Orang Tua

info Apr 02, 2021

6 Jenis Buku Anak yang Unik dan Direkomendasikan untuk Orang Tua – Tahu enggak sih, kalau memilih bacaan anak itu gampang-gampang susah? Banyak orang tua yang lebih suka memilih full tulisan alih-alih fungsi buku itu sendiri. Tak hanya itu, yang jarang diketahui orang tua adalah fakta bahwa pada dasarnya buku terdiri dari beberapa tingkatan supaya si anak lebih memahami konteks. Tingkatan ini biasanya akan didasarkan pada usia dan kemampuan membaca si kecil.

Nah, dari tingkatan itu, biasanya yang paling mempunyai banyak jenis buku anak adalah buku anak 2 tahun. Kok gitu? Iya, karena di usia gitu, masih polos-polosnya. Ada banyak sensor motorik yang bisa dikembangkan. Dalam rangka hari buku anak sedunia, berikut rekomendasi buku anak yang unik, yang tidak akan membuat si kecil bosan.

1. Pop-Up Book

Jenis buku ini sangat asyik sekali loh, Buibu. Selain memiliki cerita, juga mempunyai gambar yang tiba-tiba muncul dari halamannya. Anak pasti senang. Apalagi kalau gambarnya lucu-lucu.

2. Biilingual Book

Buku ini tampilannya memang seperti pictures book pada umumnya, tapi ada dua bahasa berbeda dalam setiap halamannya. Bahasa yang paling sering digunakan yakni bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Orang tua bisa membelikan buku ini supaya sekecil mampu mengenal bahasa, karena usia 1-3 tahun merupakan usia emas bagi anak-anak.

3.  Sound Book

Buku anak zaman sekarang itu sangat bervariatif, beda sama dengan zaman para orang tua dulu. Ini adalah sound book, jenis buku yang menyenangkan yang bisa membuat siapa saja ingin kembali jadi bayi. Dengan buku ini, ayah ibu bisa mengenalkan suara untuk si kecil. Biasanya dalam satu buku ada lebih dari 10 suara yang bisa digunakan. Caranya cukup menekan gambar saja, dan suara akan langsung terdengar. Biasanya suara yang digunakan adalah suara hewan, kendaraan, atau benda-benda di sekitar.  

4.  Activity Book

Atau yang dalam bahasa Indonesia diartikan menjadi buku aktivitas. Biasanya buku ini disediakan secara paket. Jadi, anak tidak hanya mendapatkan cerita, melainkan juga bisa mengisi buku itu. Aktivitas yang ada, mulai dari perhitungan, mewarnai, mencari jejak, dan lain sebagainya. Beberapa buku malah dijual dengan pensil warna, crayon, dan puzzle dengan berbagai warna yang menarik.

5. Lift the Flap Book

Kebanyakan orang menyebut Lift the Flap Book sebagai Pop-Up Book. Padahal keduanya berbeda ya. Lift the Flap Book dikemas dengan menumpu/menyusun kertas, kegiatan melihat, membuat dan menutup gambar. Jadi, sangat berbeda dengan Pop-Up Book.

6.  Augmented Reality Book

Zaman sekarang memang sudah canggih. Beberapa buku dikolaborasikan dengan teknologi Augmented Reality atau AR, yang apabila aplikasinya diunduh dan disorotkan ke buku, gambar buku seakan hidup di ponsel. Gambarnya 4 dimensi, dapat bergerak dan mengeluarkan suara-suara nyata. Wah, anak pasti senang.

Baca Juga: 7 Cerita Rakyat Indonesia Terpopuler untuk Dibaca Saat Hari Anak Nasional

Itulah tadi 6 jenis buku anak yang perlu diketahui orang tua. Tertarik membelikan yang mana nih? Oya, kalau ingin anaknya suka membaca, orang tua juga sebaiknya juga mencontohkan dan gemar membaca juga, ya. Nah, ada aplikasi baca novel Indonesia yang bisa diakses. Silakan unduh aplikasi Cabaca apabila ingin baca novel Indonesia GRATIS dan legal! [Lisma]

Tags

Tim Blogger Cabaca

Sekumpulan orang dari Cabaca yang menaruh perhatian besar pada dunia literasi. Pastikan selalu baca tulisan kami untuk tahu info paling update tentang Cabaca!

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.