6 Acara TVRI yang Diingat Anak 90-an--Pada zaman dahulu, belumlah banyak televisi swasta seperti sekarang ini. Saat itu, salah satu stasiun TV yang hits adalah TVRI. Di tahun keemasannya TVRI menyuguhkan acara-acara yang senantiasa ditunggu-tunggu. Apa saja acaranya? Berikut adalah ulasannya.

1. Si Unyil

Sumber: medan.tribunnews.com

Bagi kalian generasi 90-an, pasti akan mengenal tokoh-tokoh seperti Unyil, Pak Raden, dan Pak Ogah sebagai teman semasa kecil. Pasalnya film seri televisi yang diciptakan Suyadi ini, menyuguhkan kisah-kisah petualangan Unyil bersama teman-temannya yang seru lagi mengasyikkan.

Kata Unyil sendiri berasal dari 'mungil', yang berarti 'kecil'. Boneka unyil yang sudah ada sejak tahun 1981 itu, sekarang disimpan di Museum Wayang Jakarta, sebagai salah satu koleksinya.

2. Film Zaman Dulu di TVRI

Sumber: www.idntimes.com

Selain menyediakan acara khusus anak, TVRI juga memiliki jam khusus untuk penayangan-penayangan film yang hits di zamannya. Sebut saja seperti film CHiPs menceritakan tentang keseharian polisi dalam membasmi kejahatan. Dulunya film ini diputar sekitar pukul 22.00.

Lalu ada lagi, judulnya Highwayman, yang bercerita tentang agen rahasia yang bertugas patroli jalan raya menggunakan truk khusus yang besar. Selain dua film itu, ada juga judul lain, yakni Steet Hawk, Combat, Manimail, dan Oshin.

Untuk film, memang sebagian besar mengambil dari luar negeri, tapi ada juga sinetron buatan dalam negeri.  

3. ACI (Aku Cinta Indonesia)

Sumber: id.wikipedia.org

Ini dia sinetron Indonesia yang terkenal pada zamannya. Namun, sinetron ini sangat berbeda dengan sinetron zaman know. Sinetron yang masuk ke dalam acara TVRI 90-an, selalu memiliki nilai-nilai pengembangan karakter. Misalnya saja ACI (Aku Cinta Indonesia) ini. ACI bercerita tentang persahabatan tiga anak remaja bernama Amir, Cici, dan Ito. Selain mempunyai tema utama persahabatan, film serial yang dirancang dan diproduksi oleh Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan (PUSTEKKOM) ini, juga mengandung tema lain, seperti: tanggung jawab, kerja keras, kerja sama, toleransi, saling menghargai/menghormati, sikap bersaing sehat, dan sikap sportif.

Baca Juga: 10 Lomba Agustusan Terunik untuk Acara Kampungmu!

4. Ria Jenaka

Sumber: www.kompasiana.com

Ria Jenaka merupakan acara komedi favorit di TVRI. Acara ini hadir setiap Minggu pagi. Ria Jenaka merupakan lawakan wayang yang berfokus pada tokoh punakawan (Semar, Petruk, Gareng, dan Bagong). Tema yang biasanya ditayangkan adalah seputar permasalahan rakyat kecil. Tayangan ini tidak memiliki durasi panjang. Cerita yang disampaikan sangat singkat dan padat. Namun, pesan dalam ceritanya terkadang merupakan kondisi dari masyarakat itu sendiri, yang terkadang pula karena saking blak-blakannya, membuat para penonton menertawakan kesedihan mereka sendiri lewat tokoh-tokoh punakawan.

Sangat berbeda sekali kan, dengan acara komedi TV sekarang, yang isinya melulu perihal gosip para artis dan setingan tidak jelas? Ah, jadi pengen pindah ke masa lalu, deh.

5. Album Minggu

Sumber: sosiski.com

Berbicara tentang musik, TVRI juga mempunyai acara unggulan bernama Album Minggu. Program ini merupakan acara musik pertama yang menghadirkan video-video klip berbagai genre, seperti pop dan dangdut. Acara ini biasanya ditayangkan Minggu Pagi, sekitar pukul 10.00 WIB, setelah serial anak Si Unyil.

6. Dunia dalam Berita

Sumber: makassar.tribunnews.com

Walapun bukan acara hiburan, Dunia dalam Berita merupakan acara TVRI favorit orang tua pada waktu itu. Acara ini tidak hanya menyiarkan berita dalam negeri, tapi luar negeri juga, loh.

Baca Juga: Ini 6 Alasan Novel Beranda Kenangan Layak Dibaca untuk Mengenang Kerusuhan Mei 1998

Kalau kamu bosan dengan acara TV yang itu-itu saja, kenapa gak baca novel di Cabaca aja? Ada banyak novel gratis di sana, asalkan kamu tahu cara mendapatkan kerang gratis di Cabaca.

Maka dari itu, install aplikasi Cabaca yuk di Play Store!

Install aplikasi Cabaca di Google Play dan jadilah penulis resminya!