Daftar Kegiatan Komunitas Buku Yang Menarik-Jika bergabung bersama suatu komunitas buku, kamu bisa mengikuti banyak kegiatan menarik loh! Apalagi jika kamu bergabung dengan komunitas-komunitas yang sudah memiliki kegiatan rutin.

Dengan mengikuti kegiatan-kegiatan ini, kamu bisa meningkatkan kemampuanmu di bidang literasi dan bertemu banyak orang yang satu frekuensi. Menarik, bukan?

Baca Juga: 8 Komunitas Baca Buku di Indonesia, Bisa Tingkatkan Literasi Kamu

5 Kegiatan Komunitas Buku Yang Menarik

jackson.armymwr.com

Berikut adalah beberapa kegiatan dalam komunitas buku yang bisa kamu ikuti saat bergabung didalamnya:

1. Membaca Bersama

Banyak sekali komunitas buku yang mengadakan kegiatan membaca bersama. Uniknya, kebanyakan komunitas akan membebaskan genre buku yang kamu baca loh! Jadi kamu bisa membaca bersama tanpa harus takut mengalami book shaming.

Meski begitu memang ada beberapa komunitas buku yang fokus  terhadap genre buku tertentu saja. Oleh karena itu, sebelum masuk suatu komunitas, pastikan kamu riset dulu mengenai kegiatan rutin apa saja yang dilakukan komunitas tersebut.

Jika sesuai dengan apa yang kamu inginkan, kamu bisa bergabung di komunitas itu. Namun, jika tidak kamu bisa mempertimbangkan untuk bergabung bersama komunitas yang lain.

2. Berdiskusi Mengenai Suatu Buku

futurelearn.com

Kegiatan dalam komunitas buku berikutnya adalah berdiskusi mengenai suatu buku. Kegiatan diskusi di komunitas seperti  ini biasanya sangat seru, loh! Kenapa begitu?

Karena anggota komunitas rata-rata memiliki interest yang sama dengan latar belakang yang berbeda. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan banyak insight baru didalamnya.

Kamu juga tidak perlu khawatir untuk berpendapat karena biasanya para anggota komunitas adalah golongan orang-orang yang open minded. Bukankah ini akan  melatih daya literasi kamu?

3. Fanmeeting Bersama Penulis

Jika bergabung bersama komunitas buku, maka kesempatanmu untuk fanmeeting bersama penulis lebih besar. Apalagi jika komunitas yang kamu ikuti sudah memiliki jaringan yang besar.

Biasanya para penulis malah akan mencari komunitas-komunitas buku untuk berbincang atau sekedar mempromosikan novel-novel mereka. Siapa tahu dengan ikut komunitas buku kamu malah bisa bertemu penulis idolamu, bukan?

4. Giveaway atau Kompetisi Literasi

Hal berikutnya yang bisa kamu ikuti saat bergabung dengan komunitas buku adalah kompetisi literasi atau give away. Banyak komunitas yang mengadakan kompetisi literasi atau give away khusus untuk para anggotanya.

Biasanya give away yang dilakukan komunitas adalah pembagian buku-buku atau akses novel digital seperti di Cabaca. Tak hanya itu, komunitas juga banyak mengadakan kompetisi internal yang bisa kamu ikuti.

Selain hadiahnya yang  menarik, kamu juga bisa banyak belajar dari kompetisi yang diadakan oleh komunitas kamu sendiri.

5. Berkesempatan Menjadi Pengurus Komunitas

Hal atau kegiatan yang tak kalah seru saat bergabung bersama komunitas buku adalah kamu berkesempatan untuk menjadi pengurus didalamnya.

Menjadi pengurus di suatu komunitas buku akan membuatmu memiliki banyak kesempatan untuk berjejaring dengan penerbit, booktube, bookstagram, booktwt, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Cari Tempat Donasi Buku? Cek di Sini Yuk!

Nah, masih ragu untuk bergabung dengan komunitas-komunitas buku? Banyak banget kegiatan dalam komunitas buku yang bisa kamu ikuti loh! Kamu juga bisa bergabung jadi komunitas pembaca novel Cabaca disini.

Mengapa harus Cabaca? Berbeda dengan platform baca novel digital yang lain, seluruh novel-novel yang diterbitkan Cabaca telah lulus kurasi. Jadi, dijamin kamu akan mendapat pengalaman membaca yang lebih baik! Kamu baca melalui website Cabaca disini

Baca novel Indonesia di Cabaca