5 Fakta Unik di Balik Film Joker 2019 - Joker adalah karakter legenda yang pertama kali diciptakan sekitar tahun 1940. Pada awal penciptaannya, Joker ada untuk akhirnya dibunuh, tapi karena tuntutan editorial, karakter Joker tetap dihidupkan dan menjadi musuh besar pahlawan super Batman.

Film Joker sendiri dikabarkan sebagai pembuka dari lini film DC Comics yang berdiri sendiri, disebut dengan DC Black.

Nyatanya, keunikan Joker tetap bertahan sampai sekarang. Hingga pada tahun ini, diluncurkanlah versi terbaru dari Joker, dengan Joker merupakan karakter utama dan tidak ada Batman di sini. Film ini dikenal dengan Joker 2019. Ada sejumlah fakta menarik seputar Joker terbaru ini, berikut adalah ulasannya.

1. Film Original

Walaupun karakter diambil dari komik, tapi Warner Bros selaku rumah produksi, menegaskan kalau dalam film ini, jalan cerita dan narasi tak mengikuti cerita tentang Joker di komik DC.

Dikisahkan bahwa nama asli Joker adalah Arthur Fleck. Puncak masalah berada ketika Arthur bekerja sebagai komedian demi membuat orang tertawa. Namun, dia terabaikan dan akhirnya menjadi sosiopat.

Sumber: www.standard.co.uk

2. Pengaruh Todd Phillips

Dilansir dari Hype, Joaquin (pemeran Joker) awalnya enggan bermain dalam film Joker. Namun, karena pengaruh dan proses panjang dari sang sutradara (Todd Phillips), Joaquin akhirnya berubah pikiran. Itu dikarenakan Philips mampu mengubah pandangan Joaquin terhadap film ini.

Dalam wawancaranya, Joaquin berkata, "Saya pikir dia sangat mengesankan dan dia tampaknya memiliki pemahaman yang sangat menarik tentang dunia ini dan apa yang dia coba katakan. Jadi ada sesuatu yang sangat menarik tentang itu dan bekerja dengannya dalam proyek khusus ini."

Sumber: www.forbes.com

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Bioskop Oktober 2019

3. Kisah si Tokoh Utama, Joaquin Phoenix

Dalam film ini, karakter Joker diperankan Joaquin Phoenix. Untuk memerankan peran Joker, Joaquin harus menurunkan berat badan sekitar 52 pounds atau 25 kg. Joaquin Phoenix juga disebutkan sebagai pemeran Joker terpendek kedua dengan tinggi 177,8 cm, sedikit di atas Jared Leto (Joker di film Suicide Squad) yang punya tinggi 172,7 cm.

Usut punya usut, sebelum Joaquin didapuk sebagai pemeran Joker, Joaquin dikabarkan hampir menjadi pemeran Batman dalam Film Batman: Year One besutan Darren Aronofsky, tapi film itu dibatalkan.

Sumber: insider.com

4. Penghargaan dan Standing Ovation Selama 8 Menit

Awal pemutaran film ini adalah pada acara Venice Film Festival. Film Joker mendapatkan standing ovation selama 8 menit dari para penonton. Film ini juga berhasil membawa pulang penghargaan tertinggi di festival The Golden Lion Award dalam kategori film terbaik. Banyak pula orang memprediksi kalau Joker bakalan memenangkan piala Oscar.

Sumber: www.hindustantimes.com

5. Berlatar Tahun 1981

Sekilas bangunan Gotham seperti bangunan di New York pada era 80-an. Sutradara sendiri menjelaskan kalau memilih latar waktu ini karena terinspirasi dari Driver (1976), Raging Bull (1981), dan The King of Comedy (1983).

Baca Juga: 7 Alasan Kamu Harus Menonton Film Gundala

Itulah lima fakta film Joker. Apakah kamu sudah menontonnya?

Film Joker ini memang cenderung gelap dan muram. Bahkan beberapa orang menyebut film ini bakalan memengaruhi psikologi penontonnya yang lemah. Nah, untuk menstabilkan emosi setelah menonton, ada tips yang bisa kami beri untukmu, yakni dengan membaca buku. Di Cabaca, ada banyak varian genre yang akan membuat harimu kembali ceria, seperti genre komedi dan romantis. Yuk, #BacaAjaDulu di Cabaca pada jam baca nasional supaya gratis 100%. Pakai aplikasi Cabaca di Play Store supaya baca jadi tambah praktis!

Unduh aplikasi Cabaca di Google Play untuk baca novel Indonesia gratis!