30 Quotes Dee Lestari yang Punya Makna Mendalam – Dee Lestari adalah penulis perempuan Indonesia yang lahir di Bandung, Jawa Barat, pada tanggal 20 Januari 1976. Biasanya dia dipanggil Dee atau Ibu Suri oleh penggemarnya. Novel Dee Lestari sudah banyak, lebih dari 10 buah. Beberapa novelnya sangat menyentuh hingga sering dijadikan kutipan novel Dee Lestari atau kata-kata Dee Lestari.

Berikut merupakan quote Dee Lestari, seorang penulis yang baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-45 hari ini. Siapa tahu bisa kamu pajang di akun media sosial!

1. Seindah apa pun huruf terukir, dapatkah ia bermakna apabila tak ada jeda? Dapatkah ia dimengerti jika tak ada spasi? Bukankah kita baru bisa bergerak jika ada jarak? Dan saling menyayang bila ada ruang? (Filosofi Kopi: Kumpulan Cerita dan Prosa Satu Dekade)

2. Pegang tanganku, tapi jangan terlalu erat, karena aku ingin seiring dan bukan digiring. (Filosofi Kopi: Kumpulan Cerita dan Prosa Satu Dekade)

3. Walah tak ada yang sempurna, hidup ini indah begini adanya. (Filosofi Kopi: Kumpulan Cerita dan Prosa Satu Dekade)

4. Kita tidak bisa menyamakan kopi dengan air tebu. Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan. (Filosofi Kopi: Kumpulan Cerita dan Prosa Satu Dekade)

5. Aku memandangimu tanpa perlu menatap. Aku mendengarmu tanpa perlu alat. Aku menemuimu tanpa perlu hadir. Aku mencintaimu tanpa perlu apa-apa, karena kini kumiliki segalanya. (Rectoverso)

6. Rasakan semua, demikian pinta sang hati. Amarah atau asmara, kasih atau pedih, segalanya indah jika memang tepat pada waktunya. Dan inilah hatiku, pada dini hari yang hening. Bening. Apa adanya. (Rectoverso)

7. Kadang-kadang pilihan yang terbaik adalah menerima… (Rectoverso)

8. Cintanya adalah paket air mata, keringat, dan dedikasi untuk merangkai jutaan hal kecil agar dunia ini menjadi tempat yang indah dan masuk akal bagi seseorang. (Rectoverso)

9. Karena hati tak perlu memilih, ia selalu tahu ke mana harus berlabuh. (Perahu Kertas)

10. Aku gak mau sepuluh, dua puluh tahun dari hari ini, aku masih terus-terusan memikirkan orang yang sama, bingung di antara penyesalan dan penerimaan. (Perahu Kertas)

11. Akan ada satu saat kamu bertanya: pergi ke mana inspirasiku? Tiba-tiba kamu merasa ditinggal pergi. Hanya bisa diam, tidak lagi berkarya. Kering. Tetapi tidak selalu itu berarti kamu harus mencari objek atau sumber inspirasi baru. Sama seperti jodoh, Nan. Kalau punya masalah, tidak berarti harus cari pacar baru, kan? Tapi rasa cinta kamu yang harus diperbarui. Cinta bisa tumbuh sendiri, tetapi bukan jaminan bakal langgeng selamanya, apalagi kalau tidak dipelihara. Mengerti, kamu? (Perahu Kertas)

12. Hati kamu mungkin memilihku, seperti juga hatiku selalu memilihmu. Tapi hati bisa bertumbuh dan bertahan dengan pilihan lain. Kadang, begitu saja sudah cukup. Sekarang aku pun merasa cukup. (Perahu Kertas)

13. Semua perjalanan hidup adalah sinema. Bahkan lebih mengertikan. Darah adalah darah, dan tangis adalah tangis. Tak ada pemeran pengganti yang akan menanggung sakitmu. (Supernova: Ksatria, Puteri dan Bintang Jatuh)

14. Hampir semua orang melacurkan waktu, jati diri, pikiran, bahkan jiwanya. Bagaimana kalau ternyata itulah pelacuran yg paling hina? (Supernova: Ksatria, Puteri dan Bintang Jatuh)

15. “Di sanalah misteri cinta, bukan? Ketika hati dapat menjangkau kualitas-kualitas yang tidak tertangkap mata.” (Supernova: Ksatria, Puteri dan Bintang Jatuh)

16. Tidakkah ada yang melihat? Betapa ketulusan bisa menjadi teramat konyol. Hasrat yang berlebih tanpa persiapan bisa berakibat fatal. Percaya membabi buta pada pihak asing bisa jadi senjata makan tuan. Strategi. Kemandirian. Itu dia kuncinya. (Supernova: Ksatria, Puteri dan Bintang Jatuh)

17. Kita memang tak pernah tahu apa yang dirindukan sampai sesuatu itu tiba di depan mata. (Supernova: Akar)

18. Patriotisme itu taik. Perang itu goblok. Media massa apalagi. Mereka cuma butuh uang. Nggak cuma di sini, tapi di seluruh dunia. Semua ini barang dagangan, man. (Supernova: Akar)

19. Satu-satunya cara untuk mengetahui asal-usulmu adalah keluar, lalu kembali. Kamu pikir si Adam itu tahu dirinya istimewa kalau tidak dibuang dulu ke bumi? (Supernova: Akar)

20. Persahabatan memang obat sakit nomor satu. (Supernova: Akar)

21. Ternyata hidup tidak membiarkan satu orang pun lolos untuk cuma jadi penonton. Semua harus mencicipi ombak. (Supernova: Petir)

22. Pekerjaanmu kelak hanya penyambung nafkah, sebesar apapun kamu mencintainya, jangan takut untuk meninggalkan semua itu bila saatnya datang. Jangan ragu. Dirimu lebih besar dari yang kamu tahu. (Supernova: Petir)

23. Semua pertanyaan selalu berpasangan dengan jawaban. Untuk keduanya bertemu, yang dibutuhkan cuma waktu. (Supernova: Partikel)

24. Kenapa berbeda menjadi begitu menakutkan?” (Supernova: Partikel)

25. Menjadi kuat bukan berarti kamu tahu segalanya. Bukan berarti kamu tidak bisa hancur. Kekuatanmu ada pada kemampuanmu bangkit kembali setelah berkali-kali jatuh. Jangan pikirkan kamu akan sampai di mana dan kapan. Tidak ada yang tahu. Your strength is simply your will to go on. (Supernova: Partikel)

26. Terlalu banyak pilihan bisa memusingkan, tapi keterbatasan pilihan adalah penjara. (Supernova: Gelombang)

27. Manusia menuntut manusia lain untuk punya drama. Itu syaratnya supaya kita kelihatan normal. (Supernova: Inteligensi Embun Pagi)

28. Drama adalah komplikasi. Drama membuat kalian egois, berpikir kepentingan pribadi kalianlah yang paling penting.  (Supernova: Inteligensi Embun Pagi)

29. Asmara. Tidak bisa dipahami, cuma bisa dirasakan akibatnya. (Aroma Karsa)

30. Tekanan adalah kondisi yang bisa membentuk seseorang. (Aroma Karsa)

Baca Juga: 20 Quote Tere Liye yang Paling Sering Dijadikan Caption

Dari sekian banyak kalimat yang kalian temukan dalam buku Dee Lestari, adakah kalimat lain yang kalian hafal karena saking berkesannya?

Bagi pembaca buku, sekarang membaca tidak perlu susah-susah lagi. Kamu tinggal install aplikasi Cabaca, dan dapatkan bacaan-bacaan berkualitas, yang ditulis oleh penulis Indonesia. Di  Cabaca.id. #BacaAjaDulu yuk! [Lisma]

Aplikasi Cabaca tersedia di Google Play, install sekarang agar bisa baca novel gratis!