Hal yang paling ditunggu setelah bulan Ramadhan usai, adalah berkumpul bersama keluarga tercinta, saling bercengkerama, berbagi cerita, makan-makan, sampai bercanda bersama di hari raya Idulfitri. Oleh karena itu, bisa dibilang mudik merupakan agenda wajib bagi orang-orang yang jauh dari rumah. Namun, terkadang banyak orang yang tidak bisa mudik karena kehabisan tiket atau tidak memiliki cukup biaya karena biaya transportasi cenderung naik berkali-kali lipat saat lebaran.

Eits, sekarang permasalahan seperti itu tidak akan menjadi halangan buat kamu. Sudah banyak beberapa lembaga, baik dari pemerintah maupun swasta yang menyediakan mudik dengan harga terjangkau bahkan mudik gratis. Siapa saja mereka? Inilah 3 Penyelenggara Mudik Gratis 2019. Yuk, dibaca dulu ulasannya.

1. Mudik Gratis Bersama Honda

sumber: https://mudikgratis.com

Setiap tahunnya, PT Astra Honda Motor selalu mengadakan agenda rutin yang diberi nama Mudik dan Balik Bareng Honda (MBHH). Pada acara ini, pihak Honda menyediakan 63 bus eksekutif dengan rute Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Semarang, dan Jakarta-Solo. Sedangkan 29 truk untuk mengangkut sepeda motor menuju tiga kota tersebut.


Untuk pendaftarannya sendiri, cukup dengan memakai Kartu Tanda Penduduk (KTP) Indonesia, Surat Izin Mengemudi (SIM) C, dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sepeda motor Honda. Untuk para pemudik yang mengikuti program arus balik wajib menyertakan KTP Jabodetabek.
Lokasi pendaftarannya, bisa melalui dealer-dealer di bawah ini:

  1. Astra Motor Cawang
  2. Wahana Gunung Sahari
  3. Tunas Dwipa Matra Saharjo-Tebet
  4. Nusantara Surya Sakti (NSS) Slipi
  5. Bintang Jaya Buaran-Klender
  6. Wahana Cipondoh (Khusus Tangerang)
  7. Daya Motor Cisalak (Khusus Depok)

Setiap pendaftar mendapat dua kursi bus serta pengangkutan 1 unit motor, dengan membayar biaya sebesar Rp. 160.000. Murah sekali, kan?

2. Mudik Gratis Bersama Pertamina

sumber: //mudikpertamina.com

PT Pertamina (Persero) juga memiliki program mudik gratis yang diberi nama Pertamina Bareng-Bareng Mudik (BBM). Mudik gratis ini menyediakan moda transportasi kapal laut dan bus. Pendaftaran secara online dan ketentuannya lebih lanjut, bisa dilihat di: https://mudikpertamina.com.

Baca Juga: 9 Doa Puasa Ramadhan untuk Sebulan

3. Mudik Gratis Bersama Angkasa Pura I

sumber: http://mudikgratis.ap1.co.id

Angkasa Pura I pada tahun ini mengadakan mudik gratis untuk dua moda, yakni bus dan kapal laut. Untuk bus, Angkasa Pura I menyediakan 2.520 kursi yang terbagi dalam 63 bus AC bagi calon pemudik asal Jakarta menuju 6 kota, yaitu Semarang, Surakarta, Jogja, Wonosobo, Bobotsari, dan Surabaya. Sedangkan pada moda kapal laut, disedikan 1.000 kursi kapal Pelni, rinciannya 400 kursi jurusan Makassar ke Surabaya menggunakan KM. Labobar dan 600 kursi rute Balikpapan ke Surabaya menggunakan KM Dobonsolo.

Untuk pendaftarannya dimulai tanggal 22 April 2018 secara online, dan offline/manual pada tanggal 6-17 Mei 2019 di Kantor Pusat Angkara Pura, Jakarta Pusat (bagi yang menggunakan moda bus), sedangkan untuk pendaftaran moda kapal laut, bisa menghubungi Kantor cabang Angkasa Pura I Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar mulai 1 Mei sampai 25 Mei 2019.

Bagi pendaftar, jangan lupa membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) (asli dan fotokopi). Informasi lebih lanjut bisa diakses di http://mudikgratis.ap1.co.id.

Baca Juga: Cabaca: Cara Baru Baca Novel Gratis!

Nah, itu dia tiga lembaga yang menyediakan mudik gratis. Segera daftarkan dirimu, ya, sebelum kehabisan kursi. Kalau kamu punya informasi lain selain 3 Penyelenggara Mudik Gratis 2019 ini, jangan lupa tulis di kolom komentar!

Baca novel gratis saat mudik hanya di Cabaca.id. Pastikan untuk install aplikasi Cabaca di Play Store.

Ada banyak novel gratisnya juga!