3 Keutamaan Menikah di Bulan Syawal-Kenapa banyak orang menikah di bulan syawal? Karena selain bulan kemenangan, Syawal mempunyai banyak sekali keutamaan.

Apa Itu Bulan Syawal?

pantau.com

Syawal meruapakan bulan yang kesepuluh pada kalender Hijriah. Setelah menjalankan ibadah puasa, umat islam akan merayakah hari raya idul fitri pada 1 Syawal.

Nah, Bulan Syawal memiliki banyak sekali keutamaan dan keistimewaan didalamnya. Salah satunya adalah menikah. Lalu apa saja keutamaan menikah di Bulan Syawal?

Baca Juga: 12 Quotes Tentang Pernikahan dari Penulis Terkenal

3 Keutamaan Menikah di Bulan Syawal

Berikut adalah beberapa keutamaan menikah di Bulan Syawal yang kamu perlu pahami:

1.  Sunnah Rasul

Menikah di bulan Syawal sesuai sunnah pernah disebutkan dalam hadis Nasa’I No. 2234:

Artinya: Telah mengabarkan kepada kami Ishaq bin Ibrahim, ia berkata: telah memberitakan kepada kami Waki’, ia berkata: telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Ismail bin Umayyah dari Abdullah bin ‘Urwah dari ayahnya dari Aisyah, ia berkata:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menikahiku pada bulan Syawal dan saya tinggal bersamanya pada bulan Syawal. Siapakah isterinya yang lebih beruntung daripada diriku?

Hal serupa juga diriwayatkan oleh Muslim No. 2551.  

Artinya: Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abi Syaidah dan Zuhair bin Harb sedangkan lafazhnya dari Zuhair keduanya berkata: Telah menceritakan kepada kami Waki’ telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Isma’il bin Umayah dari Abdullah bin Urwah dari Urwah dari Aisyah dia berkata:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menikahiku pada bulan Syawal, dan mulai berumah tangga bersamaku pada bulan Syawal, maka tidak ada di antara istri-istri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassallam yang lebih mendapatkan keberuntungan daripadaku.
Oleh karena itu, ‘Aisyah sangat senang menikahkan para wanita di bulan Syawal. Dan telah menceritakan kepada kami Ibnu Numair telah menceritakan kepada kami ayahku telah menceritakan kepada kami Sufyan dengan isnad seperti ini, namun dia tidak menyebutkan perbuatan ‘Aisyah.

Nikah di bulan Syawal dalil di atas dapat menampik anggapan bulan Syawal akan mendatangkan kesialan. Terkadang pikiran buruk hanya berdasarkan ketakutan kita sendiri.

Seperti yang dijelaskan pada dua hadist di atas, Rasulullah menikahi Aisyah di bulan Syawal. Dan meniru perbuatan Rasulullah merupakan suatu hal sunnah.  

2.  Berkah Bulan Syawal

Menikah adalah ibadah panjang yang harus dilakukan. Karena hal itu mencari berkah adalah salah satu tujuannya. Bulan Syawal merupakan bulan kemenangan umat Muslim (Idul Fitri).

Dengan melaksanakan pernikahan di bulan Syawal diharapkan mendapatkan keberkahan di bulan suci ini. Semoga pernikahannya menjadi sakinah mawaddah warahmah. Amin.

Baca Juga: 15 Checklist Persiapan Acara Pernikahan

3.  Bertepatan Libur Panjang

Salah satu permasalahan ketika melangsungkan pernikahan adalah sepinya tamu. Beberapa hanya bisa mengirim amplop karena jadwal kerja atau faktor lain. Namun, di bulan Syawal hal tersebut dapat diantisipasi karena liburan lebaran selalu bertepatan dengan libur panjang.

Dengan demikian, pesta pernikahanmu pasti akan meriah. Kerabat yang jauh pun pasti bisa datang. Kamu dapat merekam momen bahagia bersama saudara maupun teman-teman tercinta.  

Baca Juga: Tidak Hanya Puasa Sunnah, Ini 6 Amalan dan Keutamaan Bulan Syawal!

Itulah keutamaan menikah di bulan Syawal. Dibanding bulan-bulan lainnya, Bulan Syawal menjadi pilihan bulan yang baik untuk kamu melangsungkan pernikahan. Jadi, apa kamu tertarik melangsungkan pernikahan di Bulan Syawal?

Namun, tenang saja! Jika kamu belum berkesempatan untuk melangsungkan pernikahan di Bulan Syawal, maka kamu dapat menghibur diri sendiri dengan membaca novel-novel menyenangkan, semisal novel di aplikasi Cabaca. Cabaca selau menyediakan novel dengan kualitas kurasi.

Novel terkurasi akan membuat pengalaman membaca lebih menyenangkan dan berkualitas. Temukan novel-novel digital terkurasi  di aplikasi Cabaca! Coba baca aja dulu novel-novelnya di sini. [Lisma]

Baca novel Indonesia di Cabaca