15 Financial Influencer Terkenal di Indonesia – Di era media sosial, profesi financial planner di Indonesia rasanya bukan hal baru lagi. Para financial influencer Indonesia itu sering membagikan tips seputar keuangan mulai dari cara menabung, memulai usaha, investasi, dan cara cepat menjadi sukses sewaktu muda.

Berikut merupakan financial advisor Indonesia yang harus kamu tahu.

1. Jonathan End (@jonathanend)

Financial planner online Indonesia yang sempat ramai beberapa waktu lalu, yaitu Jonathan End. Pada media sosial, Jonathan disebut-sebut membuka jasa curhat dengan bayaran per jam.

2. Ligwina Hananto (@mrshananto)

Selain terkenal sebagai komedian, Ligwina ternyata merupakan salah satu perencana keuangan terbaik di Indonesia. Dia pernah menjadi pemenang penghargaan khusus kategori Online Entrepreneur, Kompetisi Wanita Wirausaha Femina-Mandiri 2012, dan juga CEO di Quantum Magna Financial.

3. Prita Hapsari Ghozle (@pritaghozie)

Sedari kecil, Prita sudah kenal segala hal berbau finansial. Hal itu dikarenakan ayahnya merupakan pelopor produk keuangan, sebut saja Reksa Dana, Masyarakat Ekonomi Syariah, dan Jakarta Islamic Index.

4. Felicia Putri Tjiasaka (@feliciaputritjiasaka)

Siapa yang gak kenal dengan co-founder Ternak Uang ini? Perihal finansial, terkadang ada banyak hal yang sukar dijelaskan. Tapi perempuan yang kerap disapa dengan "Ci Felicia" ini berhasil mencari formula berbeda, yakni mengambil sudut pencerita atau storytelling. Dengan demikian, akan mempermudahmu untuk lebih mengenal  finansial. Selain menaruh konten di Instagram, Felicia juga menaruhnya di channel Youtube.

5. Andhika Diskartes (@andhika.diskartes)

Awalnya Andhika hobi menulis blog mengenai ekonomi dan finansial. Namun, dia dan beberapa temannya bekerja sama menjadi perencana keuangan serta investor. Mereka berkomitmen untuk meningkatkan literasi finansial yang ada di masyarakat Indonesia.

6. Annisa Steviani (@annisast)

Emak-emak biasanya lebih dekat dengan pekerjaan mengelola keuangan rumah tangga. Nah, Annisa Steviani ini sering banget berbagi tips tentang keuangan keluarga. Tak hanya itu, banyak juga tulisan beliau di media sosial yang memotivasi dan empowering women.

7. Hermanto Tanoko (@htanoko)

Sebagai pemilik usaha PT. Avia Avian, Hermanto sudah pasti memahami perihal finansial. Bapak satu ini juga mendirikan Tan Corp. Dia juga sering dijuluki Crazy Rich Surabaya.

8. Ellen May (@ellenmay_official)

Ellen May merupakan pemilik dari Ellen May Institute yang memberikan layanan edukasi dan membantu banyak orang dalam dunia investasi dan trading saham.

Baca Juga: 11 Tips Atur Uang Belanja Bulanan Agar Dapat Bertahan di Masa Resesi

9. Safir Senduk (@safirsenduk)

Sebagai orang yang sering malang melintang di dunia finansial, nama Safir Senduk tidak asing lagi. Dia juga dikenal sebagai Perencana Keuangan Independen pertama di Indonesia.

10. Melvin M (@melvin_mumpuni)

Melvin Mumpuni mempunyai perusahaan bernama PT. Solusi Finansialku Indonesia. Dia bersama karyawannya memberikan rencana keuangan profesional yang tentunya akan sangat bermanfaat untuk pelanggan setianya.

11. Ryan Filbert (@ryanfilbert)

Selain sebagai influencer, Ryan juga menulis buku. Hal yang sering dia bahas yaitu seputar finansial secara umum hingga hal-hal yang berhubungan dengan saham. Pengetahuannya ini tidak hanya ditujukan untuk para pemula, melainkan juga untuk orang yang sudah lama berkecimpung di dunia saham.

12. Rita Efendy (@rita_efendy)

Sebagai seorang VP Equity di PT. Maybank Kim Eng Sekuritas, pengalaman Rita Efendy dalam dunia saham dan lain sebagainya, sehingga cerita dan sharing-nya tidak perlu diragukan lagi.

13. Dani Rachmat (@danirachmat)

Sebagai mantan bankir, Dani Rachmat menuliskan pengalamannya itu di blog. Karena berbagi pengalaman tersebut, dirinya diikuti banyak followers.

14. Samuel Ray (@srl789)

Apakah sekarang statusmu adalah seorang karyawan biasa yang terbiasa kerja keras bagai kuda? Mungkin kamu akan suka dengan sharing yang dilakukan oleh Lagi Probation: Menikmati Perjalanan Mencari Kerja ini.

15. Rista Zwestika (@zwestikarista)

Co-Head Advisory dari Finansialku ini terkenal ramah dan bersemangat. Oya, besok beliau juga akan sharing gimana caranya bikin financial plan secara singkat untuk new adult. Daftar ya!

Baca Juga: 10 Buku Tentang Financial Planning Terbaik, Wajib Baca!

Mulai sekarang, alokasikan keuanganmu dengan sebaik-baiknya. Dengan perencanaan yang disiplin, akan membuat rekeningmu tidak seperti ember bocor. Anggarkan secermat mungkin. Kapan harus memperhitungkan untuk beli novel di aplikasi Cabaca, aplikasi baca novel online, dengan Top Up Kerang di Cabaca dan kapan untuk ditabung. Semangat cari cuannya, ya. Semoga segala tujuan keuanganmu tercapai! [Lisma]