14 Rekomendasi Buku Self Development, Bisa Bikin Kamu Makin Atraktif!

14 Rekomendasi Buku Self Development, Bisa Bikin Kamu Makin Atraktif!-Membaca buku motivasi diri bisa membuat seseorang menjadi lebih bersemangat dalam menggapai tujuannya.

Akhir-akhir ini mulai banyak buku self development untuk motivasi diri. Namun seberapa penting sebenarnya membaca buku self development?

Pentingnya Membaca Buku Self Development

Buku self development adalah buku yang berisikan hal-hal  guna meningkatkan awareness, semangat, dan kualitas mental seseorang.

Dengan membaca buku motivasi diri orang akan cenderung lebih mudah untuk meningkatkan kualitas dirinya. Tak jarang buku motivasi diri juga disebut sebagai buku self help atau buku motivasi diri.

Rekomendasi Buku Motivasi Diri, Wajib Kamu Baca!

Dalam seumur hidup, setidaknya kamu harus pernah membaca salah satu buku ini sekali dalam hidupmu. Apa saja buku-bukunya? Simak daftarnya berikut ini!

1. Berani Tidak Disukai (Ichiro Kisimi & Fumitake Koga)

Gramedia.com

Rekomendasi buku self improvement yang bisa kamu baca adalah Berani Tidak Disukai. Buku ini akan membuatmu lebih bahagai dengan tidak menggantungkan kebahagiaan kamu pada validasi maupun ekspektasi orang lain.

Dalam berhubungan sosial, akan ada saatnya kita berbeda pendapat maupun mengambil keputusan yang tidak bisa diterima padahal hal tersebut baik untuk kita. Buku ini akan mengajarkanmu untuk berani memaafkan diri, mencintai diri sendiri maupun menyingkirkan hal tidak penting dari pikiran.

2.      Start with Why (Simon Sinek)

ebook.gramedia.com

Buku Start With Why meruapakan salah satu karya Simon Sinek yang telah menginspirasi banyak orang. Simon Sinek sendiri merupakan seorang pembiacara, peneliti, sekaligus coach pengembangan diri yang sudah banyak dikenal dunia.

Nah, jika kamu ingin membangun bisnis atau organisasi, maka buku Start With Why ini cocok untukmu. Karena dalam membangun bisnis, tidak hanya seputar maupun keuntungan. Ada aspek lain yang sering diabadikan oleh pembisnis pemula.

3.      How to Win and Influence People (Dale Carnegie)

goodreads.com

Buku How to Win and Influence People merupakan salah satu buku terbaik yang banyak direkomendasika oleh para infleuncer atau motivator. Buku ini akan meningkatkan keterampilan sosial kamu dalam menghadapi manusia.

Tentunya, lingkungan baru terkadang menyulitkan kita untuk beradaptasi. Terkadang pula kita merasa overthinking terhadap pemikiran orang terhadap kita. Nah, jika tidak ingin canggung atau bermasalah dengan lingkungan baru,  cobalah baca buku ini.

4.      What’s so Wrong about Your Self Healing (Ardi Mohamad)

goodreads.com

Setelah banyak rekomendasi buku motivasi diri dari luar negeri, kini saatnya penulis dalam negeri unjuk diri. Ardi Mohammad adalah seorang lulusan Psikologi yang kemudian mencatat pengalaman-pengalaman pribadinya melalui buku What’s so Wrong about Your Self Healing.

Tidak sekedar mencatat pengalaman pribadinya, Ardi Mohammad juga menambahkan teori psikologi dalam buku tersebut. Melalui buku ini, kamu akan banyak belajat tenntang  bagaimana cara mengatasi rasa terpuruk dan emosi buruk lainnya. Banyak juga  permasalahan pelik manusia yang dibahas dalam buku ini.

5.      Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat (Mark Manson)

Wikipedia

Buku ini sempat viral  beberapa tahun silam. Namun, tidak menjadi hal yang mengherankan karena karya Mark Manson ini benar-benar luar biasa. Dengan buku ini, kamu akan diajarkan untuk tidak terlalu memikirkan pendapat orang lain mengenai dirimu.

Terkadang satu kalimat "bodo amat" bisa membuat mental kita jauh lebih sehat. Dua kata sederhana memang, tapi dampaknya sangat berpengaruh terhadap diri kita. Kamu bisa membaca buku ini apabila ingin belajar untuk tidak terlalu peduli dengan perkataan orang lain.

Baca Juga:  8 Daftar Komunitas Baca Buku, Bisa Tingkatkan Literasi Kamu

6.      Filosofi Teras (Henry Manampiring)

Goodreads.com

Membaca buku filsafat terkadang  menjadi hal yang membosankan. Namun siaoa sangka jika Henry Manampiring mampu membuat filsafat yang rumit itu menjadi sesuatu yang ringan bahkan jenaka.

Jika kamu ingin hidup bahagia, maka membaca buku ini adalah suatu keharusan. Buku self development terbaik yang bisa kamu baca dikala ingin bangkit dari keterpurukan ini berjudul Filosofi Teras. Didalamnya kamu akan belajar menerapkan hidup ala filsafat stoa atau stoisisme yang berasal dari Yunani.

7.      Grit: Kekuataan Passion dan Kegigihan (Angela Duckworth)

Mojokstore.com

Buku ini ditullis berdasarkan penelitian penulisnya. Awalnya Angela  penasaran mengenai apa hal yang bisa membuat seseorang sukses? Angela kemudian melakukan penlitian pada beberapa bos perusahaan dan para  lulusan tentara untuk mengetahui karakteristiknya.

Ternyata ada banyak faktor yang berpengaruh dalam kesuksesan dan kebahagiaan. Bukan hanya bakat, melainkan juga hasrat dan kegigihan yang besar. Ketika semuanya digabungkan, akan tampaklah grit.

8.      Psychology of Money (Morgan Housel)

Goodreads.com

Jika kamu ingin cerdas secara  keuangan,  maka buku self developmen ini menjadi buku wajib yang harus kamu baca. Tentunya semua orang tahu bahwa Finasial adalah perkara yang krusial. Namun, tidak semua orang bisa berlaku bijak dalam hal keuangan.

Buku self improvement terbaik yang bisa kamu baca untuk meningkatkan kecerdasan finansialmu adalah adalah Psychology of Money. Dalam buku ini akan membahas tentang perilaku manusia terhadap uang dan juga pengelolaan uang.

9.      Merawat Luka Batin (Dr. Jiemi Ardian)

Goodreads.com

Siapa yang tidak kenal Jiemi Ardian? Dokter Jiemi sudah banyak dikenal masayarakt Indonesia melalui konten-kontennya tentang psikologi. Kabar  baiknya, Dokter  Jiemi telah menerbitkan buku self development yang berjudul Merawat Luka Batin.

Luka tak berdarah yang proses penyembuhannya sangat lama, adalah luka batin. Terkadang kehadiran luka ini juga tidak terlihat. Maka dari itu, kamu harus menyembuhkannya supaya tidak berlarut. Kamu bisa membaca buku ini.

10.  Atomic Habits (James Clear)

Gramedia.com

Atomic Habits merupakan buku favorit banyak orang. Dari buku ini kamu akan mempelajari kebiasaan kecil yang mendatangkan pengaruh besar dalam hidup. Dengan membaca ini, kamu akan tertampar dengan banyak hal.  

Mulai dari kebiasaan kecil, perilaku,  hingga keputusan yang bisa membuat hidupmu berbeda. Buku ini juga dilengkapi dengan tips dan panduan agar kamu bisa meraih kehidupan yang kamu inginkan.

11.  The Four Agreeement (Don Miguel Ruiz & Janet Mills)

Bukalapak

The Four Agreeement merupakan buku self development simpel namun kaya akan wisdom. Tak hanya itu, buku ini snagat mudah dipraktekkan sehingga kamu akan merasakan bagaimana hidupmu berubah setelah membaca buku  ini.

Buku ini menyatakan bahwa setiap orang berhak berbahagia. Berbahagia karena diri sendiri, orang lain, Tuhan dan hidup itu sendiri. Namun, kamu perlu menemukan definisi kebahagiaan dulu, bukan?

Baca Juga: 10 Buku Tentang Financial Planning Terbaik, Wajib Baca!

12.  The One Thing (Gary Keller & Jay Papasan)

Amazon

Buku The One Thing akan membuat kebiasaan terdistraksi menjadi berkurang. Ini merupakan  salah satu buku self development terbaik yang harus kamu baca di era gempuran teknologi digital.

Kalau kamu sedang lelah dengan pekerjaan, buku ini akan membantumu untuk meningkatkan produktivitas. Saat berfokus pada satu pekerjaan, ternyata bisa berdampak pada segala hal.

13.  Mimpi Sejuta Dolar (Alberthiene Endah)

Lazada

Apa kamu tau Merry Riana? Buku ini sejatinya memang  menceritakan tentang kisah beliau. Pada  buku ini dijelaskan mengenai berbagai perjuangan Merry Riana sehingga bisa sukses seperti sekarang.  

Melalui buku ini kamu akan belajar banyak hal menegnnai kegigihan dan tekad unntuk tidak menyerah. Jadi, jika ingin kehidupan yang lebih baik cobalah baca buku ini sebagai bekal.

14.  The Power of Habit (Charles Duhigg)

Tokpedia

Mirip dengan Atomic Habit, buku ini juga akan mengajarkanmu untuk memiliki  kebiasaan-kebiasaan baik dalam hidup. The Power of Habit juga akan memberikan perspektif baru dalam memahami manusia ataupun potensinya.

Dengan membaca buku ini kamu bis alebih produktif dan  terstruktur saat melakukan segala sesuatu.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Tentang Buku yang Wajib Diketahui Kutu Buku!

Itulah 14 rekomendasi buku self development  yang bisa kamu baca. Tak hanya buku non fiksi seperti self development,  ternyata buku fiksi seperti novel juga bsia meningkatkan growth hidup kamu loh.

Tapi kamu harus baca novel  yang sudah terkurasi. Kamu bisa membaca novel kurasi di aplikasi Cabaca. Cobain baca novel di aplikasi cabaca disini.

Baca novel Indonesia di Cabaca