13 Cara Menulis Kutipan dari Jurnal, Jangan Sampai Revisi!

Cara Menulis Kutipan dari Jurnal-Saat menulis skripsi atau bahkan karya ilmiah yang lain tentu kamu harus menulis kutipan jurnal dengan benar, bukan?

Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu bagian tersulit dari penulisan skripsi adalah menulis kutipan. Oleh karenanya, kamu perlu mengetahui kaidah-kaidahnya sebelum menulis skripsi dengan benar.

Universitas Tjokroaminoto

Cara Menulis Kutipan dari Jurnal

Berikut adalah panduan menulis kutipan dari  jurnal yang harus kamu tahu!

1. Cara Mengutip Secara Langsung

Cara ini artinya kamu mengutip inti dari ucapan, pernyataan atau ide seseorang dan kemudian menuliskannya dengan bahasa sendiri. Meskipun demikian kamu haruslah tetap menuliskan sumber kutipan yang terdiri dari nama penulis, tahun terbit dan halaman sumber.

2. Cara Mengutip Secara Tidak Langsung

Menguntip secara tidak langsung artinya kamu menuliskan kutipan tanpa mengubah kalimat dari sumber. Kamu haruslah menuliskannya dengan apa adanya. Lalu jangan lupa cantumkan sumbernya.

Baca Juga: Gini Lho Perbedaan dan Cara Nulis Awalan "di-" dan Kata Depan "di" yang Benar

3. Cara Mengutip dengan Nama Penulis Dimasukan ke dalam Tanda Kurung

Untuk mempermudah mengutip, kamu bisa menuliskan kutipan dan akhirnya ditutup dengan nama penulis dan tahun.

Contoh:
Pacaran sekarang dianggap lurah oleh sebagian orang, padahal Pacaran bukanlah ajaran agama. (Lisma Laurel, 2022)

4. Cara Mengutip dengan Memasukan Nama Penulis ke dalam Suatu Pembahasan

Cara ini artinya kamu harus memadukannya dengan pembahasan yang berdasarkan pendapatmu sendiri. Kemudian dipertengahan paragraf atau akhir, menguntip dari sumber untuk memperkuat pendapatmu tersebut.

5. Cara Mengutip dengan Sumber Dua Penulis Berbeda

Cara mengutip dari jurnal lebih dari 2 orang berbeda adalah dengan menambahkan tanda ampersand atau yang bersimbol &. Kamu juga bisa memisahkan kedua pendapat tersebut dengan menyisipkan kata ‘dan’.

6. Cara Mengutip dengan Tiga Penulis atau Lebih

Cara menulis kutipan dari jurnal dengan 3 penulis adalah dengan menuliskan semua penulis berdasarkan abjad dan dipisahkan dengan tanda koma. Kamu juga bisa menggantinya dengan kata ‘et al’, artinya lainnya.

7. Cara Mengutip dengan Enam Penulis atau Lebih

Emmm gimana ya cara nulisnya? Kamu cukup menuliskan nama penulis pertama dan menambahkan kata ‘et al’.

Contoh:
Lisma Laurel et al. (2022) berpendapat bahwa Pacaran sekarang dianggap lurah oleh sebagian orang, padahal Pacaran bukanlah ajaran agama.

8. Cara Mengutip 4 Baris atau Lebih

Ada kalanya dalam kepenulisan skripsi kamu memerlukan mengutip paragraf yang terdiri dari 4 kalimat atau lebih. Cara menuliskannya adalah sebelum kutipan kamu harus menuliskan sumber kutipan dan disertai dengan titik dua (:). Setelah itu, barulah kamu paparkan kutipan tersebut.

 

9. Cara Mengutip Kurang dari Empat Baris

Apabila sebuah kutipan kurang dari empat baris, kamu hanya perlu menuliskannya tanpa menambahkan tidak dua (:). Jangan lupa bahwa setiap kutipan haruslah diapit oleh dua tanda petik.

10. Cara Mengutip Tanpa Nama Penulis

Apabila sebuah kutipan tidak dijelaskan siapa nama penulisnya, kamu perlu mengganti nama penulis dengan judul dari sumber kutipan tersebut. Judul itu letakan di akhir kata, yang diapit oleh tanda kurang. Tambahkan juga tahun publikasinya.

11. Cara Mengutip dengan Nama Penulis yang Sama

Apabila sebuah kutipan berasal dari penulis yang sama dan ditaruh menjadi satu paragraf, tambahkan abjad A, B, C, dan seterusnya di depan nama penulis.

12. Cara Mengutip Tanpa Ada Keterangan Tahun

Apabila sebuah tahun tidak ada dalam sumber, maka tidak perlu dituliskan. Kamu cukup membuat format seperti ini: “…. isi kutipan (Lisma Laurel, tanpa tahun; 55)

13. Cara Menulis Sumber yang Dikutip Lebih dari Dua Kali

Jika sebuah kutipan dikutip lebih dari dua kali, tuliskan nama penguntip pertama, lalu tuliskan nama penguntip kedua. Kemudian pisahkan dengan tanda titik koma (;).

Baca Juga: 25 Kata Ini Sudah Masuk KBBI Lho, Termasuk Kata 'Oppa' dan 'Boba'!

Itulah cara mengutip dari jurnal untuk skripsi. Seluruh kalimat kutipan harus disertai tanda petik dua agar akurat.

Sekarang, supaya pikiranmu tidak berasap, hibur diri sendiri dengan membaca novel saja, yuk. Salah satu aplikasi yang ramah kepada pembaca adalah Cabaca.

Berbeda dengan platform baca novel digital yang lain, seluruh novel-novel yang diterbitkan Cabaca telah lolos kurasi. Jadi, dijamin kamu akan mendapat pengalaman membaca yang lebih baik! Kamu baca melalui website Cabaca di sini.