12 Gejala Omicron, Tetap Waspada Yuk! – Corona Virus-19 rasanya terus bermutasi, mirip kayak overthinking yang tidak kunjung sembuh, sama-sama membuat segala hal acakadut. Kini varian terbaru dari Corona Virus-19 dinamakan dengan Omicron.

Omicron Indonesia mengalami peningkatan kasus setiap harinya. Sehingga pemerintah pun melakukan PPKM kembali. Walaupun Omicron mempunyai gejala yang lebih ringan dari varian sebelumnya, tapi kamu juga harus berhati-hati. Bagaimanapun, pasti akan ada orang yang rentan terhadap virus.

Baca Juga : Asal-Usul Omicron Akhirnya Terungkap

12 Gejala Omicron, Tetap Waspada, Ya!

Berikut merupakan ciri-ciri gejala Omicron yang apabila kamu mulai merasakannya, lebih baik istirahat dulu aja, ya.

1. Sakit Tenggorokan, Tapi Tidak Batuk

Sakit tenggorokan, tapi tidak batuk merupakan gejala paling umum yang dirasakan penderita omicron. Biasanya tenggorokan akan terasa kering juga.


2. Nyeri Otot dan Sendi

Laporan pertama kasus Omicron yang ada di Afrika Selatan menyebutkan bahwa penderita mengalami reaksi nyeri punggung bagian bawah. Lalu nyeri itu menjalar ke persendian maupun otot.


3. Kelelahan

Gejala umum yang sering diderita penderita Omicron, yakni kelelahan. Tubuh akan terasa lemas, meskipun tidak melakukan aktivitas berat.


4. Sakit Kepala

Percayalah, sakit yang paling tidak mengenakkan selain patah hati adalah sakit kepala. Rasanya mau ngapa-ngapaian aja nggak enak. Niat hati ingin memikirkan pekerjaan, begitu kena sakit kepala, pekerjaan jadi tidak dilakukan dan otomatis tidak mendapat cuan.


5. Tidak Kehilangan Indera Penciuman

Gejala varian yang dulu, kita akan kehilangan indera penciuman, tapi Omicron tidak. Kamu masih bisa mencium segalanya dengan jelas, bahkan perselingkuhan pun.


6. Diare

Beberapa orang yang terkena Omicron mengaku mengalami diare. Tapi, diare bukanlah gejala utama. Beberapa orang positif Omicron tidak mengalami diare.

Baca Juga: 7 Aplikasi Sebagai Alternatif untuk Cek Saturasi Oksigen

Teddy bear wearing a mask
Teddy bear holding handrubs
Photo by L N / Unsplash


7. Batuk Kering

Batuk kering akan membuat tenggorokan sakit. Perbanyak minum air putih ya, kalau kamu menunjukkan tanda-tanda batuk kering. Jangan perbanyak minum es juga. Tak baik.


8. Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat bukanlah gejala umum Omicron, tapi sebagian penderita mengaku bahwa mereka mengalami hidung tersumbat selama beberapa hari.


9. Mual

Mual juga bukan gejala umum yang dirasakan semua penderita omicron, tapi beberapa orang saja. Meskipun demikian mual tetap rasanya tidak enak.


10. Demam

Beberapa orang mengaku bahwa ciri terkena virus Omicron adalah demam. Untuk menangani rasa tidak enak akibat demam, kamu bisa meminum obat penurun demam dan perbanyak istirahat, ya.


11. Gejala Seperti Flu

Gejala Omicron yang terlihat jelas adalah flu. Siapkan banyak tisu, ya. Perbanyak makan sayuran juga. Tetap jaga kondisi badan.


12. Napas Pendek Hingga Kesulitan Bernapas

Sedikit orang merasa bahwa gejala Omicron membuat napasnya pendek-pendek sekaligus mengalami kesulitan bernapas. Apabila kondisimu semakin parah, jangan pernah takut meminta bantuan orang lain, ya, karena Omicron bukanlah aib. Konsultasikan juga dengan dokter.

Sick Day accessories
Photo by Kelly Sikkema / Unsplash

Gejala Omicron pada Anak

Sedangkan gejala Omicron pada anak lebih ringan. Walaupun demikian, apabila selama seminggu anak-anak tidak kunjung sembuh, segera periksakan ke dokter. Berikut merupakan ciri-ciri Omicron pada anak:
1.   Batuk
2.   Pilek
3.   Sakit tenggorokan
4.   Panas demam

Baca Juga: 12 Cara Meningkatkan Imun Tubuh untuk Lawan Corona

Itulah 12 ciri-ciri Covid Omicron. Mari sayangi diri sendiri dan lindungi orang-orang sekitar dengan selalu memakai masker, jaga jarak, dan hindari kerumunan.

Di hari libur, lebih baik kamu menjadi kaum rebahan yang mendedikasikan hidup dengan rebahan di kasur. Kalau bosan, kamu bisa baca novel langsung dari ponsel. Install saja aplikasi Cabaca. Di manapun kalian berada, semoga sehat selalu. [Lisma]