12 Cara Meningkatkan Imun Tubuh untuk Lawan Corona – Indonesia sedang mengalami pandemi gelombang kedua. Beberapa rumah sakit juga dikabarkan hampir penuh. Untuk itulah, kita harus mematuhi protokol kesehatan dan menjaga imunitas tubuh. Dengan imun yang kuat, mudah-mudahan kita akan terlindung dari wabah ini.

Nah, berikut merupakan cara meningkatkan imun tubuh yang dirangkum khusus untuk yang sedang #dirumahaja.

1. Menghindari Stres

Stres adalah sumber penyakit. Karena stres, antibodi dan sel darah putih kita akan menurun. Untuk itulah, apabila ada yang membuatmu stres, lekas tinggalkan saja. Kamu berharga.

2. Mengonsumsi Makanan Berserat dan Mengandung Antioksidan

Cara meningkatkan stamina tubuh yang kedua, yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat, terutama banyak mengonsumsi buah dan sayur. Dengan demikian tubuhmu akan mendapatkan asupan gizi yang baik. Untuk menambah antiosidan, kamu bisa memakan kiwi, jeruk, apel, anggur, beri, sayur-sayuran hijau, wortel, bayam, polong-polongan, biji-bijian, aneka jamur, dan bawang putih.

3. Minum Banyak Mineral dan Konsumsi Vitamin

Minum air mineral atau air putih merupakan obat dari segala penyakit. Perhatikan konsumsi minummu. Kamu juga bisa menambah vitamin imun tubuh apabila badanmu tiba-tiba terasa lemah.

4.  Olahraga Teratur

Running
Photo by Filip Mroz / Unsplash

Cara meningkatkan imunitas tubuh dalam menghadapi covid-19 selanjutnya yaitu dengan olahraga teratur. Jika kamu terlalu sibuk, kamu bisa berolahraga minimal 15 menit setiap hari. Olahragalah di bawah sinar matahari sembari menghirup udara segar.

5. Tidur Cukup

Oh, may your silhouette never dissolve on the beach;
may your eyelids never flutter into the empty
distance.
Don’t leave me for a second, my dearest.
Pablo Neruda
Photo by Zohre Nemati / Unsplash

Dengan tidur yang cukup dapat menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah. Kenapa demikian? Karena tidur dapat menjaga tubuhmu dari influenza dan tubuh menjadi segar.

6. Menulis

Photo by Julia Kicova / Unsplash

Menulis dapat membantumu melepaskan stres. Kamu bisa menulis di buku harian atau mengikuti challenge yang sering diadakan Cabaca di grup FB-nya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Efek Samping Vaksin Covid-19

7.  Menjaga Kebersihan Makanan

Photo by Louis Hansel / Unsplash

Kamu perlu menjaga kebersihan makanan supaya imunmu tidak menurun. Kebersihan makanan ini mulai dari proses pembersihan, pembuatan, perlengkapan makan dan air minum.

8. Jaga Asupan Nutrisi

w/ Platterz
Photo by Dan Gold / Unsplash

Imunitas tubuh bisa kamu tingkatkan dengan menjaga nutrisi, yang terdiri dari nutrisi makro, serat dan nutrisi mikri. Makanan yang masuk dalam nutrisi makso adalah karbohidrat, protein serta lemak. Sedangkan nutrisi mikro adalah vitamin dan mineral.

9. Banyak Konsumsi Makanan yang Mengandung Air dan Hangat

Cure Anything Noodle Soup
Photo by Melissa Walker Horn / Unsplash

Makanan hangat dapat memperbaiki selaput lendir yang ada di dinding saluran pernapasan. Makanan ini bisa terdiri dari sup atau kuah-kuahan.

10. Perbanyak Teman dan Sosialisasi

Photo by Ball Park Brand / Unsplash

Mempunyai banyak teman akan membuat hari-harimu cerah. Ingat, pilih teman yang tidak toxic dan menyebarkan pikiran buruk, ya, supaya kamu tidak pengaruh negatifnya.

11. Berjemur

Sunbath!
Photo by Farrinni / Unsplash

Luangkan waktu untuk berjemur. Tidak perlu lama. Cukup 10-15 menit saja setiap berjemur, cukup seminggu 2-3 kali. Waktu terbaik untuk berjemur menurut sebagian besar dokter adalah sebelum pukul 10 pagi.

12. Gembirakan Hati

Hati yang gembira adalah obat. Kamu bisa menggembirakan hati dengan melakukan hal yang kamu suka. Salah satunya, dengan membaca novel di aplikasi Cabaca. Membaca kisah manis-manis akan membuat hatimu dipenuhi bunga.

Baca Juga: 13 Buah dengan Vitamin C Tinggi, Gak Perlu 1000mg Per Hari

Download aplikasi baca novel online Indonesia ini GRATIS kok, hanya di Play Store. Semoga kita semua tetap sehat, ya. [Lisma]