12 Alternatif Kegiatan Liburan Kenaikan Kelas 2021 Biar Gak Bosen – Tahun ajaran baru 2021/2022 sebentar lagi dimulai. Selagi menunggu pembelajaran dimulai, kamu sudah melakukan kegiatan liburan dengan apa saja? Pada kenaikan kelas 2021, pemerintah Indonesia memberlakukan atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat alias PPKM Darurat karena kasus Corona meningkat lagi. Tapi, kamu bisa menghabiskan liburan sekolah 2021 ini dengan kegiatan menyenangkan, seperti di bawah ini.

1. Rebahan Saja Bisa Menyelamatkan Dunia

so baby take a walk on the wild side.
Photo by Kinga Cichewicz / Unsplash

Daripada kamu kumpul-kumpul dan berhaha-hihi tanpa menaati prokes, lebih baik rebahan saja. Dengan rebahan, kamu sudah menyelamatkan dunia, khususnya Indonesia dari Covid-19.

2. Menonton Film atau Serial Drakor

Browsing Netflix
Photo by Charles Deluvio / Unsplash

Pencinta Song Joong Ki, pencinta Song Kang, pencinta Kim So Hyun, pencinta Lee Min Ho, terus siapa lagi, ya? Apa pun yang kamu cintai, inilah saatnya kamu menatap oppa-oppa kesayangan tanpa perlu diributkan dengan PR dari sekolah.  

3. Memasak

Photo by Dane Deaner / Unsplash

Hari liburmu bisa kamu habiskan dengan belajar memasak. Kamu bisa mencoba resep dari mana saja: Cookpad, YouTube, bahkan TikTok!

4. Olahraga

Photo by Derick McKinney / Unsplash

Sembari menghabiskan waktu luang, kamu tetap harus meningkatkan imun tubuh. Olahraga yang cukup dapat dilakukan supaya badanmu sehat. Kurangi memamah biak, alias makan supaya badanmu tidak melebar ke samping selama liburan.

5. Bernyanyi

Recording for Church Online
Photo by jhudel baguio / Unsplash

Kalian suka siapa? Agnes Monica? Nella Kharisma? Oppa BTS? Oppa NCT? Eonni Blackpink? Eonni Twice? Mas Ariel Noah? Sulis? Apa pun jenis musikmu, mari bernyanyi untuk melewati hari libur. Sambil bikin video TikTok boleh juga, tuh.

6. Bermain Musik

summer day
Photo by Kinga Cichewicz / Unsplash

Untuk kamu yang jago main musik, kamu bisa menghibur keluarga atau tetangga dengan musik merdumu. Asal kamu jangan mainkan musik pas orang-orang lagi tidur saja, ya.

Baca Juga: Ini Dia Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2021

7. Kemah

Photo by Chris Holder / Unsplash

Ada satu lagi kegiatan yang bisa dilakukan bahkan di halaman rumah, yakni berkemah. Dengan melakukan hal ini akan meningkatkan keakraban dengan keluarga.

8. Berkebun

Photo by Bernard Hermant / Unsplash

Lihat kebunku penuh dengan bunga. Mawar, melati, semuanya indah. Nah, loh, siapa yang baca sambil nyanyi? Berarti masa kecilmu bahagia. Mari mengenang masa-masa itu sembari berkebun. Selain menanami mawar dan melati, kamu bisa menanami kebunmu dengan sayur, buah, atau tanaman obat.

9.  Membuat Kerajinan Tangan

Photo by Sigmund / Unsplash

Di zaman seperti sekarang, punya banyak ketrampilan akan membantumu. Manfaatkan liburan ini dengan sebaik-baiknya. Pelajari banyak keterampilan, seperti membuat kerajinan tangan dari sabun, vas dari enceng gondok, dan lain sebagainya, sekreatif kamu. Kali saja hasilnya bagus dan kamu bisa menjualnya. Kan lumayan duitnya bisa ditabung.

10. Pelihara Ikan

my pet.
Photo by zhengtao tang / Unsplash

Cobalah sesekali pelihara ikan warna-warni. Hari liburanmu pasti tidak akan membosankan.

11. Baca Novel di Cabaca.id

Terus rebahan dan gak ngelakuin apa-apa, itu sangat membosankan. Makanya, penuhi hidupmu dengan hal-hal positif, seperti membaca novel. Sekarang membaca novel tidak perlu susah lagi. Cukup install aplikasi Cabaca, platform baca novel online gratis di Indonesia, kamu bisa membaca sepuasnya.

12. Ikutan Lomba

Kamu bisa menghabiskan masa liburan dengan mengikuti berbagai lomba yang bisa dilakukan dari rumah, semisal Kontes Cerita Cabaca terbaru yang sebentar lagi akan diselenggarakan. Bagi kamu yang punya skill menulis, inilah saatnya membuktikan betapa hebatnya dirimu. Kapan lagi menyalurkan hobi dan bakat sekaligus dibayar?

Baca Juga: 10 Rekomendasi Lagu K-Pop untuk yang Bukan K-Popers

Itulah 12 kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk menghabiskan waktu liburan. Semoga kita senantiasa sehat dan pandemi ini cepat berlalu agar dapat liburan dengan lebih leluasa.  [Lisma]