11 Novel Karya Hilman Hariwijaya yang Wajib Dibaca!

11 Novel Karya Hilman Hariwijaya yang Wajib Dibaca! —  Kabar duka tengah datang dari dunia sastra Indonesia. Hilman Hariwijaya, yang populer karena novelnya Lupus. Beliau baru saja meninggal dunia di usianya yang ke-57 tahun. Meski begitu, karya-karya beliau selalu melekat di hati pembacanya.

11 Novel Karya Hilman Hariwijaya

Berikut adalah 10 novel Hilman hariwijaya yang harus kamu baca!

1. Lupus Kecil

Lupus Kecil berkisah mengenai keseruan keluarga Lupus yang terdiri dari Papi, Mami, dan adik Lupus yang bernama Lulu. Banyak sekali kejadian kocak yang dialami keluarga ini. Jika kamu suka genre novel yang asyik dan nggak ngebosenin maka novel karya Hilman Hariwijaya ini wajib banget kamu baca.

goodreads.com

2. Lupus

Lupus merupakan novel seri yang bercerita mengenai keluarga Lupus semenjak sepeninggalan Papi. Mami Lupus bekerja dengan membuat kue dan katering, Lulu yang usil dan manja, dan tak ketinggalan dua sohib Lupus yang bernama Boim dan Gusur yang berhasil membuat cerita makin kocak.

Berbeda dengan seri sebelumnya, novel Hilman Hariwijaya ini juga terlihat lebih dewasa, karena Lupus mulai jatuh cinta.

Goodreads.com

Baca Juga : 7 Novel Bertema Perselingkuhan yang Menarik Untuk Dibaca

3. Olga

Olga merupakan salah satu novel Hilman Hariwijaya yang hits di era 90-an. Novel ini berkisah tentang seorang cewek bernama Olga yang selalu memakai sepatu roda kemana-mana. Cewek supel ini berhasil membuat mami pusing tujuh keliling karena tingkah bandelnya. Udah pernah baca novel ini belum?

Tokopedia.net

 

4. Vanya

Tak jauh beda dengan Olga, Vanya juga memiliki kepribadian yang supel dan bandel. Hanya saja, Vanya adalah mahasiswi mungil yang merantau di rumah kos.

Kehidupannya makin kocak dan berwarna karena kehadiran dua sahabat cowok yang selalu menemaninya ke mana pun.

Goodreads.com

5. Mambo

Mambo bercerita tentang seorang mantan komikus kondang yang jatuh miskin karena novel selanjutnya tidak laku di pasaran.

Lalu dia menyamar menjadi mahasiswa untuk menjiwai karakternya dan mengubah namanya menjadi Mambo. Alurnya yang asyik dan plot cerita yang unik membuat novel Hilman Hariwijaya ini tak boleh kamu lewatkan.

Goodreads.com

6. Lulu

Berhubung Lulu menjadi tokoh yang cukup populer di novel Lupus, Hilman juga membuat novel yang berkisah khusus tentang Lulu. Novel ini berkisah tentang kehidupan Lulu di SMA Elite serta pengalamannya memiliki kekuatan magis yang dibalut humor tahun 90-an. Sayangnya, novel Lulu tidak terbit sebanyak Lupus.

Shopee.id

7. Vanya

Vanya merupakan novel kelima karya Hilman yang ditulis bersama A. Mahendra pada tahun 1994. Diceritakan Vanya adalah perempuan Jakarta yang kuliah di Bandung.

Karakternya yang usil menjadikan novel ini sangat hidup. Apalagi dengan latar belakang kehidupan kos yang dikelilingi oleh para Cowok Geologi. Pasti asyik banget dibaca! Saking menariknya, novel ini juga telah disinetronkan, loh!

Gramedia.com

8. Vladd

Vladd merupakan seri keenam karya Hilman yang ditulis bersama A. Mahendra. Vladd merupakan seorang anak jenius yang sangat introvert. Badannya yang ramping dan kacamata culun membuatnya sukses tidak punya teman di lingkungannya.

Papi dan mami Vladd merupakan konglomerat yang sangat sibuk.  Berkat kejeniusannya dan fasilitas keren dari papi maminya, Vladd berhasil menciptakan remote control yang bisa mengontrol manusia.

Sejak penemuan itu semua hidup Vladd berubah! Asyik banget kan ceritanya? Makanya novel ini gak boleh kamu skip ya!

Shopee.id

9. Keluarga Hantu

Keluarga Hantu merupakan seri keempat yang Hilman tulis bersama Boim. Novel ini berkisah tentang Luyut, anak hantu yang ingin bergaul dengan manusia. Sayangnya, keinginan Luyut ditentang oleh Nates (ayah) dan Kanalitnuk (ibu).

Menariknya, Hilman mengemas cerita ini dengan apik dan unik. Novel Keluarga Hantu juga berkisah mengenai adab dan tata krama serta membuat pembacanya membaca sambil berpikir.

Gramedia.com

10. Cerita Cinta

Novel Hilman Hariwijaya kali ini memiliki plot cerita yang padat dan unik. Ada kisah Dewa, seorang cowok yang mengejar cinta Miranda namun gak pernah kesampaian.

Ada juga Mini seorang cewek yang selalu gagal di kehidupan cintanya saat cowok yang mendekatinya tahu dia sakit kanker. Kira-kira bagaimana akhir ceritanya, ya? Jangan-jangan Mini malah berjodoh dengan Dewa.

Gramedia.com

11. Simfoni Biru

Hayo siapa nih yang pernah pacaran dengan seseorang tapi hati sebenarnya kita nggak buat dia? Novel Simfoni Biru ini bercerita tentang kisah Dewa yang memacari Mini namun tanpa rasa cinta. Padahal Mini sayang banget sama Dewa.

Gramedia.com

Apalagi mengingat Miranda, cewek yang sebenarnya disukai Dewa tengah memiliki hubungan yang berantakan dengan pacarnya. Jika kamu suka novel yang bergenre romansa, maka novel Hilman Hariwijaya yang ini wajib banget kamu baca.

Baca Juga : 10 Novel Tentang Perselingkuhan di Cabaca yang Bikin Geregetan

Oh ya, kalau kamu mau baca novel gratis bermutu dengan cerita yang asyik dan seru, kamu bisa meluncur ke Aplikasi Cabaca. Kamu bisa download aplikasinya di Play Store, gratis loh! [Zakiya]

Baca novel Indonesia di Cabaca