11 Manfaat Baca Novel Yang Mungkin Tidak Kamu Sadari

11 Manfaat Baca Novel-Apakah kamu seseorang yang suka baca novel? Wah kabar baik nih! Ternyata ada banyak banget manfaat dari membaca novel loh! Apalagi jika kamu membaca beberapa genre novel, pastinya makin banyak manfaat yang bisa kamu dapat.

Apa Manfaat Membaca Novel?

Memang banyak sekali manfaat dari membaca novel atau buku fiksi yang bisa kamu peroleh. Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Meredam Stress

detik.net

Menurut penelitian dari  Universitas Sussex, membaca fiksi bisa mengurangi stres, loh. Kamu hanya perlu membaca novel  setiap hari  selama 10 menit untuk memperlambat gerak otot. Menarik, bukan?

2. Membuat Seseorang Lebih Panjang Umur

Penelitian dari jurnal Social Science & Medicine membuktikan seseorang yang suka membaca fiksi akan lebih panjang umur. Mengapa begitu? Saat membaca fiksi otak akan senantiasa aktif, sehat, dan responsif.

Dengan begitu seseorang akan lebih mudah happy dan terhindar dari depresi. Hal inilah yang membuat seseorang diprediksi bisa panjang umur.

3. Meningkatkan Fokus

Saat membaca novel, kamu dituntut untuk fokus karena harus memahami ceritanya. Tak jarang kamu juga harus melibatkan perasaan dan emosi untuk memahami jalan cerita  dalam novel tersebut. Oleh karena itu, membaca novel bisa membuat kemampuan berkonsentrasi meningkat.

Baca Juga: 5 Kegiatan Komunitas Buku Yang Menarik Untuk Kamu Ikuti

4. Membantu Memahami Seni

Dilansir dari IDN Times, menyebutkan bahwa penelitian dari NEA membuktikan saat membaca fiksi akan seseorang lebih bisa menikmati seni jika dibandingkan dengan pergi ke konser musik.

Oleh karena itu, jika kamu kesulitan memahami seni, cobalah melatih selera seni kamu dengan membaca novel setiap harinya.

5. Meningkatkan Imajinasi

Klik Dokter

Apakah kamu sadar bahwasanya selama ini manusia dibatasi oleh fakta dan ekspektasinya sendiri? Nah, membaca novel bisa membuat kamu memikirkan hal-hal yang mungkin tidak kamu bayangkan sebelumnya.

Oleh karena itu, imajinasimu akan dilatih saat membaca sebuah novel. Utamanya untuk novel dengan genre-genre kreatif atau magical.

6. Mengembangkan Skill Verbal

Tentu saja membaca  fiksi tidak akan menyulapmu menjadi seorang komunikator yang baik. Namun, dengan membaca fiksi kamu bisa mendapatkan banyak kosakata baru yang bisa kamu gunakan untuk berinteraksi dalam kehidupan sehari hari.

7. Membuat Seseorang Lebih Atraktif

Kumparan

Membaca novel akan meningkatkan imajinasi juga membuat otakmu banyak melakukan simulasi dari cerita tersebut.

Dengan begitu kamu memiliki banyak sekali referensi sikap yang akan membuatmu lebih atraktif. Menarik, bukan? Apalagi jika kamu membaca novel dengan berlatar real life.

8. Membantu Menemukan Jati Diri

Saat membaca novel tentu membutuhkan penghayatan untuk mengimajinasikan berbagai cerita yang sedang kamu baca.

Nah, dengan berbagai perspektif  di dalam cerita, kamu akan mendapat  banyak contoh realitas yang membuatmu makin memahami siapa sebenarnya diri kamu.

Baca Juga: 13 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Perpustakaan Modern

9. Membantumu Belajar Berempati

Ada beberapa penelitian yang menyimpulkan bahwa mengimajinasikan suatu cerita bisa mengaktifkan area otak yang berfungsi untuk memahami dunia dengan perspektif yang baru.

Tentu saja saat membaca cerita, kamu akan merasa bahwa seolah-olah kamu yang menjadi tokohnya.  Dengan begitu kamu lebih mampu merasakan apa yang sedang dirasakan oleh tokoh tersebut.

10. Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial

Verywell Mind

Tahukah kamu bahwa dengan baca novel seseorang bisa mengeksplorasi emosi yang kompleks yang ada dalam dirinya?

Menurut Profesor Keith Oatley aktivitas membaca akan akan menyimulasikan realitas di otak pembaca mirip seperti simulasi komputer.

Apalagi cerita fiksi bisa merepresentasikan dunia, hingga tahap interaksi sebab akibat. Dengan begitu, kamu akan lebih bisa bersikap saat melakukan interaksi sosial

11. Meningkatkan Kreatifitas

Menurut penelitian dari University of Toronto, pembaca novel adalah seseorang yang kreatif dan berpikiran terbuka jika dibandingkan pembaca nonfiksi.

Tak hanya itu, banyak juga penelitian yang menyimpulkan bahwa membaca literatur fiksi akan membantu prosedur pemrosesan informasi yang lebih baik, yang berguna untuk meningkatkan kreativitas.

Baca Juga: Ide Metaverse Muncul dari Novel Snow Crash, Benarkah?

Setelah mengetahui manfaat dari membaca novel, apa kamu masih  ragu buat membacanya? Apalagi kalau novelnya adalah novel terkurasi. Apa itu novel terkurasi? Novel terkurasi adalah novel yang hanya diterbitkan setelah lulus seleksi dan tidak mengandung plot hole sama sekali.

Tentu novel seperti ini akan membuat pengalaman membaca lebih menyenangkan dan berkualitas. Yuk temukan novel-novel digital terkurasi  di aplikasi Cabaca! Coba baca aja dulu kualitas novelnya disini.

Baca novel Indonesia di Cabaca