11 Amalan Bulan Ramadan yang Bisa Tetap Dilakukan Saat Terjadi Wabah - Di tengah wabah seperti ini, Ramadan memang terasa tidak sama seperti tahun-tahun lalu. Kita diharuskan untuk menjaga jarak dan menghindari keramaian untuk memutus penyebaran Covid-19. Namun, hal demikian tidak boleh menjadi alasan untuk tidak melakukan amalan bulan puasa. Berikut adalah amalan bulan Ramadan yang bisa tetap dilakukan saat terjadi wabah.

1. Puasa

Sumber: islam.nu.or.id

Bulan Ramadan wajib hukumnya untuk menjalankan amalan puasa, kecuali orang yang sakit, orang yang sedang dalam perjalanan, orang lanjut usia dan wanita hamil serta menyusui. Dengan berpuasa, kita bisa mendapatkan banyak sekali manfaat, seperti mengeluarkan racun dalam tubuh, menurunkan kadar lemak, menyehatkan jantung, membantu menurunkan berat badan, dan lain sebagainya.

2. Makan Sahur

Sumber: teamdannygreen.com.au

Sahur hukumnya sunnah. Walaupun demikian, dengan bersahur, kita mendapat banyak manfaat, semisal: memenuhi kebutuhan nutrisi sehari. Rasulullah menganjurkan untuk melakukan sahur di akhir malam. Kamu juga diperkenankan untuk memaksimalkan waktu makanmu sampai imsak.

3. Menyegerakan Berbuka

Sumber: www.halodoc.com

Azan Magrib merupakan pertanda puasa harus diakhiri. Rasulullah mengimbau seluruh umatnya untuk segera berbuka. Bisa dengan kurma, air putih atau hidangan sederhana lainnya.

4. Salat Lima Waktu

Sumber: ©Shutterstock

Terkadang orang sering menyepelekan salat lima waktu. Padahal salat merupakan hal yang wajib dilakukan setiap muslim, apabila tidak ada halangan. Terlebih pada bulan Ramadan seperti ini, salat lima waktu menjadi penentu diterima atau tidaknya puasamu. Pahala salat lima waktu pun dilipatgandakan.

5. Salat Tarawih

Sumber: bersamadakwah.net

Biasanya salat tarawih dilakukan berjamaah di masjid, tapi karena sekarang sedang wabah, kita harus jaga jarak dulu. Salat tarawih saat wabah Corona bisa kamu lakukan di rumah bersama keluargamu. Bagi kamu yang tinggal sendiri, tidak perlu khawatir. Salat tarawih bisa dikerjakan sendirian karena syarat sahnya salat tarawih tidak harus dikerjakan berjamaah.

6. Membaca Al Quran

Sumber: islami.co

Pada Ramadan membaca Al Quran terasa begitu istimewa. Selain karena Al Quran pertama kali turun di bulan ini, Allah juga menjanjikan melipatgandakan pahala bagi orang-orang yang membacanya, yakni satu huruf yang dibaca, dihitung sebagai satu kebaikan. Adakah yang berencana khatam tahun ini?

Baca Juga: 9 Doa Puasa Ramadhan untuk Sebulan

7. Bersedekah

Sumber: zakat.or.id

Tanpa bisa kita pungkiri, wabah ini telah membuat segala faktor perekonomian terganggu. Kamu bisa menyisihkan beberapa hartamu untuk mereka yang mengalami masa-masa sulit ini. Sekecil apa pun yang kamu sumbangkan, sangat berarti bagi mereka. Tak perlu khawatir, kamu bisa bersedekah tanpa uang tunai. Cukup dengan transfer atau e-money dan bisa disalurkan melalui platform galang dana.

8. Berdzikir

Berdzikir merupakan amalan yang fleksibel karena dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. Mari perbanyak dzikir!

9. Memberi Makan Orang Berbuka

Amalan memberikan makanan berbuka untuk orang yang berpuasa InsyAllah akan mendapatkan pahala yang sama dengan orang berpuasa. Doa orang yang berpuasa juga mustajab. Ada beberapa lembaga maupun perorangan yang terbuka menerima donasi untuk berbagi buka puasa saat wabah Covid-19 seperti sekarang.

10. Berdakwah

Sumber: pontas.id

Berdakwah di saat seperti sekarang, tidak harus mengumpulkan banyak orang dalam satu ruangan. Kamu bisa berdakwah lewat media sosial, seperti Youtube, Facebook, Instagram, dan lain sebagainya.

11. Zakat Fitrah

Sumber: zakat.or.id

Seperti pengertiannya, zakat fitrah merupakan zakat diri yang diwajibkan atas diri setiap individu lelaki dan perempuan muslim yang berkemampuan dengan syarat-syarat yang ditetapkan. Dengan berzakat fitrah, kita bisa menyempurnakan puasa.

Baca Juga: 9 Menu Sahur Anak Kos Modal Rice Cooker

Itulah 11 amalan di bulan Ramadan yang bisa kamu lakukan ketika ada wabah seperti sekarang. Semoga tahun ini kita semua semakin dekat kepada Allah Swt. dan semoga pula pandemi ini cepat berlalu. Nantikan novel-novel baru penyejuk rohani selama Ramadan, hanya di Cabaca! Download aplikasi Cabaca untuk baca novel lebih gampang di sini. [Lisma]

Baca novel gratis dan legal? Cabaca jawabannya!