10  Tradisi Lebaran di Berbagai Negara – Walaupun sama-sama memiliki penduduk beragama Islam, tapi setiap negara memiliki tradisi Idulfitri masing-masing. Hal ini dipengaruhi oleh kebudayaan dari setiap negara tersebut. Tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk dari setiap kebudayaan. Seluruhnya unik dan patut untuk dihormati. Berikut merupakan tradisi lebaran di berbagai negara yang harus kamu tahu.

1.  Indonesia

Indonesia tidak  hanya mempunyai tradisi mudik saja, melainkan banyak hal lain, seperti takbir keliling, halalbihalal keliling kampung, berziarah ke makam keluarga, memasak menu khas lebaran, dan lain sebagainya. Lebih uniknya lagi, setiap suku bahkan memiliki makanan khas lebarannya masing-masing.

2.  Malaysia

Sebagai negara yang paling dekat dengan Indonesia, Malaysia memiliki tradisi tidak berbeda jauh dengan kita. Perbedaannya terletak pada jenis makanan dan pembelian baju baru saja. Di Indonesia, kebanyakan apabila lebaran, orang akan berlomba membeli baju baru, tapi di Malaysia kebanyakan menggunakan baju melayu dan baju kurung saat lebaran.

3.  Singapura

Tradisi di Singapura hampir serupa dengan Malaysia. Kebanyakan pendudukan jarang membeli baju baru, melainkan memakai baju kurung. Di Singapura juga terdapat tradisi bermaaf-maafan, makan ketupat sayur, dan mengunjungi makam keluarga.

4. Eropa

Sebagai negara minoritas, tradisi lebaran di Eropa tidak semeriah negara mayoritas muslim. Di negara ini, pemerintah tidak memberikan informasi seputar Ramadan dan Idulfitri. Walaupun demikian, muslim di Eropa tetap melaksanakan sholat Ied berjamaah.

5.  Tiongkok

Pada satu daerah di Tiongkok yang bernama Xinjjiang, mempunyai tradisi unik. Para prianya mengenakan jas khas serta peci putih, sedangkan wanitanya memakai baju hangat dan kerudung setengah tutup.

Baca Juga: 7 Resep Kue Kering DEBM Buat Lebaran

6.  Fiji

Biasanya untuk sholat Ied, yang datang ke masjid adalah wanita, pria dan anak-anak, tapi di Fiji berbeda. Di negara Fiji yang datang ke masjid hanya prianya saja. Mereka juga mempunya hidangan istimewa bernama Samai, yakni mi manis yang dicampur susu. Samai dijadikan bersama samosas, sejenis kari ayam atau daging.

7.  Suriname

Di Suriname penetapan hari lebaran berdasarkan perhitungan sendiri, yakni menggunakan perhitungan ala primbon Jawa zaman dulu. Konon, sebagian besar penduduk Suriname memang keturunan suku Jawa, makanya kebudayaan mereka tidak berbeda jauh. Dulunya penduduk di sana merupakan kuli kontrak pada masa penjajahan Belanda.

8.  Turki

Masyarakat Turni menyebut Idul Fitri sebagai Festival Gula atau Seker Bayram. Mereka memiliki tradisi yang hampir mirip seperti sungkem Indonesia. Anak-anak akan sungkem atau sembah sujud kepada orang tua dan orang tua akan membalas dengan ciuman di kedua pipi sebagai simbol cinta.

9.  India

Makanan khas Idul Fitri di India adalah hidangan manis yang disebut Sheer Kurma dan Servai. Pada malam takbir, mereka suka mengunjungi bazar dan pergi berbelanja. Para wanitanya juga senang menggunakan pacar serta pakaian tradisional.

10.  Arab Saudi

Perayaan Idulfitri di Arab Saudi kental dengan kesenian. Ada banyak pagelaran, seperti baca puisi, parade, teater, hingga pertunjukan musik. Masyarakat Arab Saudi suka menghias rumah dengan lampion warna-warni.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mudik Lebaran 2021

Untuk menikmati hari libur lebaranmu, baca buku aja yuk. Langsung dari HP kamu. Di aplikasi Cabaca, ada banyak pilihan novel yang bisa kamu baca gratis 100% di Jam Baca Nasional alias Happy Hoursnya Cabaca. Gak percaya? Silakan kunjungi Cabaca tiap pukul 21.00 sampai 22.00 WIB. [Lisma]