10 Tradisi Idul Adha Unik, Apakah di Daerahmu Ada? – Idul Adha berapa Dzulhijjah, ya? Hari Raya Idul Adha 2021 diperingati setiap 10 di bulan Dzulhijjah pada penanggalan Hijriah. Makna Idul Adha sendiri sangat dalam. Dengan mengeluarkan sedikit harta kita, bisa berbagi kepada orang lain. Idul Adha secara tidak langsung mengajarkan keikhalasan.

Biasanya, selain menyembelih hewan kurban, beberapa daerah memiliki tradisi Idul Adha unik. Berikut ulasannya untukmu.

1. Tradisi Manten Sapi di Pasuruan

Di sini ada arek Pasuruan? Ada tradisi Idul Adha unik di Pasuruan. Jadi, tradisi ini adalah memandikan hewan kurban yang akan disembelih. Lalu hewan kurban akan dihiasi kembang tujuh rupa dan kain putih. Hewan kurban kemudian diarak keliling kampung. Makna dari tradisi ini adalah untuk menghormati hewan yang dikurbankan.

2. Gamelan Sekaten di Keraton Kesepuhan Cirebon

Gamelan Sekaten sangat sakral bagi Keraton Kesepuhan Cirebon. Gamelan ini hanya dimainkan dua kali dalam setahun, yakni saat Idul Fitri dan Idul Adha. Biasanya gamelan ini dimainkan setelah salat Ied.

3. Tradisi Kaul dan Abda’u, Menggendong Kambing di Maluku Tengah

Maluku Tengah memiliki tradisi unik bernama Kaul dan Abda’u, yaitu menggendong kambing kurban. Masyarakat Maluku Tengah akan menggendong kambing kurban mereka dan mengaraknya sembari berdzikir dan shalawat sebelum hewan kurban disembelih.

4. Grebeg Gunungan di Keraton Yogyakarta

Kekentalan budaya di Yogyakarta tidak perlu diragukan lagi, misalnya Grebeg Gunungan ini. Tradisi ini mengarak gunungan yang terdiri dari hasil bumi, dari halaman Keraton sambil Masjid Gedhe Kauman. Setelah arakan berakhir, masyarakat akan merebutkannya.

5. Tradisi Toron di Madura

Toron merupakan tradisi mudik di Hari Raya Idul Adha. Masyarakat Madura akan kembali ke kampung halaman dan mulai bersilaturrahmi. Jika bertepatan dengan Toron, pasar akan jadi sepi, apalagi jika pedagangnya sebagian besar adalah orang Madura.  

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Puasa Arafah

6. Tradisi Apitan di Semarang

Tradisi ini tidak jauh berbeda dari Grebeg Gunungan di Keraton Yogyakarta. Masyarakat muslim Semarang akan membuat tumpeng dan mengarak hasil bumi. Mulanya mereka akan membaca doa dan mengakhirinya dengan memperebutkan isian Apitan. Tradisi ini dikenal juga dengan tradisi Sedekah Bumi Apitan. Tradisi ini bertujuan sebagai perwujudan rasa syukur kepada Tuhan atas rejeki yang diberikan.  

7. Kurban Unta di Arab Saudi

Umumnya, hewan kurban di Indonesia adalah sapi, kambing, atau domba. Namun, di Arab Saudi sana, unta merupakan hewan kurban yang sering ditemui. Arab Saudi memang banyak menernakkan unta.

8.  Bazar Idul Adha di Singapura

Menjelang perayaan Idul Adha, masyarakat muslim Singapura mengadakan bazar yang terdiri dari bahan makanan dan bumbu untuk mengolah daging kurban, baju muslim, kebutuhan rumah tangga, dan lain sebagainya.

9. Perayaan Idul Adha 4 Hari Penuh di China

Hari Raya Idul Adha, dirayakan empat hari penuh di China. Selain itu, ada hal unik lainnya yakni pada salat Ied Idul Adha, hanya kaum pria saja yang melakukannya.

10. Mudik dan Puasa Arafah di Mesir

Masyarakat muslim di Mesir juga memiliki tradisi pulang kampung pada perayaan Idul Adha. Mereka juga menjalankan puasa sunnah Arafah bersama.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Selamat Idul Adha 2021

Itulah 10 tradisi unik seputar perayaan Hari Raya Idul Adha. Kalau di tempatmu, ada tradisi apa? Sembari menunggu sate mateng, baca novel Indonesia pilihan yuk yuk di Cabaca. Cuma aplikasi Cabaca, platform baca novel online yang menawarkan bacaan berkualitas, asyik, dan update setiap hari. [Lisma]