10 Tips Puasa untuk Ibu Hamil

Ramadhan Apr 09, 2021

10 Tips Puasa untuk Ibu Hamil – Tuhan memberikan keringanan untuk tidak berpuasa kepada ibu hamil dan ibu menyusui (busui). Namun, apabila para ibu ingin mencari pahala lebih di bulan suci ini dan tetap kekeuh berpuasa, serta mendapat persetujuan dari dokter dan kandungan dinyatakan sehat, puasa bagi ibu hamil diperbolehkan. Tentu saja asalkan tetap menjaga kesehatan ibu dan anak, ya. Kalau tidak kuat, lebih baik dibatalkan, jangan dipaksa.

Berikut merupakan tips puasa untuk ibu hamil dan tips puasa untuk busui.

1. Konsumsi Makanan Empat Sehat Lima Sempurna

Pastikan saat sahur atau berbuka puasa dengan mengkonsumsi makanan empat sehat lima sempurna. Pastikan juga cukup makan nasi dan makanan berbahan dasar tepung. Jangan lupa memakan buah-buahan, sayuran, susu, dan konsumsi protein dari hewan serta ikan.

2. Atur Istirahat yang Cukup

Tidur adalah kunci. Atur istirahat yang cukup, ya, supaya ibu dan janin di dalam kandungan tetap sehat.

3. Olahraga Ringan

Ketika hamil, wanita diharuskan mengurangi aktivitas-aktivitas berat. Namun, olahraga juga penting untuk menjaga stamina. Ibu hamil bisa melakukan olahraga ringan, seperti senam atau yoga. Ada baiknya juga, melakukan aktivitas olahraga ini menjelang buka puasa.

4. Hindari Terik Matahari

Terik matahari dapat membuat dehidrasi. Ibu hamil sebisa mungkin hindari kondisi panas dan cari tempat adem nan sejuk. Konon katanya, ibu yang sedang hamil jauh rentan terkena dehidrasi daripada orang yang tidak hamil

5. Kurangi Makan dan Minum Manis

Karena bagaimanapun, yang berlebihan memang tidak baik. Makanan dan minuman manis, bisa menaikkan kadar gula dalam darah sehingga bisa membuat pusing dan pingsan. Jangan banyak-banyak, ya. Makan secukupnya saja.

Baca Juga: 10 Makanan Instan yang Wajib Distok Selama Puasa Selain Mie

6. Pastikan Kebutuhan Cairan Tubuh Terpenuhi

Ibu hamil membutuhkan sekitar 10 sampai 12 gelas air setiap hari. Pastinya ibu-ibu menjaga asupan air saat buka atau sahur. Ibu hamil bisa menggunakan formula 3 hingga 4 gelas air saat sahur, 4 hingga 5 gelas pada saat berbuka puasa dan 2 hingga 3 gelas sebelum tidur. Semoga puasanya barokah, ya, Bu.

7. Konsumsi Vitamin, Suplemen dan Susu Formula

Untuk membuat fisik lebih kuat, pastikan mengkonsumsi vitamin dan suplemen khusus untuk ibu hamil pada saat sahur. Sebaiknya konsultasikan lebih dulu dengan dokter kandungan sebelum membeli vitamin di apotek.

8. Hindari Makanan Pedas dan Berlemak

Makanan pedas dan berlemak memang sangat nikmat. Namun, untuk kesehatan, lebih baik hindari saja. Karena jenis makanan ini bisa mengakibatkan asam lambung naik, diare, bahkan morning sickness.

9. Jauhi Stres

Banyak pikiran memang tidak enak. Ingat-ingatlah selalu bahwa: “Kita tidak akan bisa mengatur orang lain untuk berbuat seperti yang kita mau, tapi kita bisa mengatur diri sendiri untuk tidak memikirkan perkataan atau perbuatan orang lain." Jadi, demi kebaikan janin juga, berlatihlah untuk menjaga pikiran.

10. Ketahui Saat untuk Berhenti Puasa

Apabila badan terasa lesu, letih, lemas, dan segala benda tampak ada tujuh, alias mulai pusing, barangkali kamu harus menghentikan puasa. Ingatlah, bahwa bagi ibu hamil, puasa tidak wajib. Jaga kesehatan adalah yang terpenting.

Baca Juga: Cara Menghitung Pembayaran Fidyah

Itulah 10 tips puasa sehat ibu hamil yang direkomendasikan untuk para ibu yang tengah mengandung. Semoga bermanfaat.

Selain menjaga kesehatan badan, ibu-ibu juga harus menjaga kesehatan pikiran. Caranya dengan menghindari segala sesuatu yang berbau toxic. Misalnya dengan membaca novel di Cabaca? Cabaca menyediakan banyak sekali bacaan untuk kamu yang cari novel Indonesia gratis, mulai dari genre teenlit, religi, horor, komedi, dan masih banyak lagi. Yuk, pasang aplikasi Cabaca di HP kamu sekarang. [Lisma]

Tags

Tim Blogger Cabaca

Sekumpulan orang dari Cabaca yang menaruh perhatian besar pada dunia literasi. Pastikan selalu baca tulisan kami untuk tahu info paling update tentang Cabaca!

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.