Setiap tanggal 10 Dzulhijjah, umat muslim akan mengadakan hari Raya Idul Adha. Di mana, pada hari ini, akan ada sejumlah kambing atau sapi yang dikurbankan. Secara harfiah, Qurban atau Kurban merupakan salah satu ibadah dalam agama Islam yang mana dilakukan penyembelihan binatang ternak sebagai wujud pengorbanan umat muslim. Hukum dari ibadah ini adalah sunnah muakad, yaitu sunah yang diutamakan.

Namun, seiring berkembangnya ilmu teknologi, umat muslim tidak perlu lagi bingung mencari hewan kurban maupun tempat pendistribuannya. Belakangan ini sudah muncul situs penyalur qurban. Berikut 10 rekomendasi situs penyalur qurban online terpercaya yang bisa kami rekomendasikan.

Baca Juga: 6 Novel Islami di Cabaca yang Cocok Jadi Teman Ngabuburit!

1. Tokopedia

Sumber: tokopedia.com

Tokopedia bekerja sama dengan sembilan lembaga untuk layanan qurban online ini. Mereka adalah Aksi Cepat Tanggap (ACT), Lembaga Zakat Al Azhar, Baznas, Dompet Dhuafa, Marinagrow, LazisNU, PKPU, Rumah Yatim, dan Rumah Zakat. Di sini layanannya bisa dibilang komplit, ada pembelian dan penyalurannya juga, serta bisa pilih daging kambing maupun sapi.

2. Global Qurban

Sumber: www.globalqurban.com

Merupakan situs global, yang pendistribusiannya tidak hanya di wilayah Indonesia, tapi ke luar negeri juga, termasuk daerah berkonflik seperti Palestina dan Suriah. Selain kambing dan sapi, situs ini juga menyediakan layanan qurban unta.

3. BukaLapak

Sumber: bukalapak.com

Dalam menjalankan layanan ini, BukaLapak bekerja sama dengan lembaga penyalur, seperti ACT, PKPU, dan Rumah Zakat. Penyalurannya menyasar ke korban konflik, bencana alam, warga di daerah rawan pangan, baik di Indonesia maupun di 30 negara lainnya.

Kualitas hewan qurbannya untuk kambing, rata-rata bobotnya di atas 25 kilogram, sampai kisaran 220 kilogram, dan unta di atas 300 kilogram.

Baca Juga: 9 Menu Sahur Anak Kos Modal Rice Cooker

4. Muslim Market

Sumber: www.muslimmarket.com

E-commerce yang menjual produk-produk muslim ini, hadir dengan terobosan baru, yakni pembelian qurban secara online dan disalurkan langsung ke orang-orang yang membutuhkan.

Harganya mulai dari Rp 1.500.000 untuk kambing dan Rp 1.800.000 untuk domba. Bobotnya sekitar 23-28 kilogram.

5. Kitabisa

Sumber: kitabisa.com

Dalam situs ini, kita bisa pilih sendiri lokasi penyalurannya. Menurut data tahun 2018, total sudah ada 3335 hewan qurban yang disalurkan dari Aceh hingga Papua, bahkan sampai ke Palestina.

6. Dompet Dhuafa

Sumber: www.halhalal.com

Dompet Dhuafa mungkin terkenal karena layanan penyaluran zakatnya, tapi situs ini juga menyediakan layanan pembelian dan pendistribusian hewan qurban, loh.

Di sini ada tiga kategori hewan qurban yang bisa kamu pilih, yaitu kambing standar bobot 23-28 kilogram dengan harga Rp 1.875.000, kambing premium seberat 29-35 kilogram seharga Rp 2.975.000, dan sapi seberat 250-300 kilogram di angka Rp 13.500.000.

7. Bank Qurban

Sumber: www.uiupdate.ui.ac.id

Dalam situs Bank Qurban, kamu bisa beli sapi dengan sistem patungan seharga Rp 1.700.000, selain itu juga ada dua kategori lain, yakni kambing dengan bobot 20-25 kilogram seharga Rp 1.500.000. Sementara sapi seberat 200-250 kilogram seharga Rp 11.500.000

Untuk wilayah pendistribusiannya bisa sampai ke seluruh wilayah Indonesia sampai ke daerah-daerah terpencil.

Baca Juga: Jam Baca Nasional: Cara Baca Novel Gratis di Cabaca Gak Pakai Mikir!

8. Shopee

Sumber: www.shopee.co.id

Situs yang lagi hits belakangan ini, Shopee, juga menyediakan layanan berkuban bertajuk, "Shopee Berkurban".

Shopee menekankan konsep kurban secara berkelompok untuk kurban hewan sapi. Shopee juga bekerja sama dengan beberapa lembaga terpercaya untuk pendistribusian hewan kurbannya.

9. Bank Qurban

Sumber: www.beliqurban.com

Pada situs Beliqurban akan ada tiga kategori hewan yang bisa dibeli, yakni domba, kambing, dan sapi. Setiap kategorinya akan ada tujuh kelas berbeda, di mana bobot dan harganya juga berbeda.

10. Vestifarm

Sumber: id.techinasia.com

Vestifarm merupakan startup crowdfunding khusus peternakan dan petanian. Cara kerjanya: para pemberi modal di platform tersebut akan mendapat keuntungan setelah para hewan ternak yang dirawat oleh peternak dibeli masyarakat untuk ibadah kurban.

Selain daripada itu, situs ini juga menghadirkan layanan pembelian hewan kurban. Ada jenis sapi Madura atau Premium, yang nantinya bisa langsung diantarkan ke rumah kamu.

Nah, itu dia kesepuluh situs penyalur qurban online terpercaya yang menyediakan layanan jasa kurban dan pendistribusiannya. Apa pun pilihan situsmu, semoga kurbanmu diterima Allah. Amin.

Habis qurban, jangan lupa baca novel gratis di Cabaca.id biar gak gabut pas Idul Adha! Oya, kamu juga bisa menulis dan mendapat penghasilan!

Unduh aplikasi Cabaca di Play Store!

Pasang aplikasi Cabaca di Google Play untuk baca gratis di hp kamu!