10 Perpustakaan Terkeren di Indonesia - Bagi pencinta buku, perpustakaan merupakan surga dunia. Di sana, para pencinta buku bisa membaca sepuasnya, mencari buku incaran, sampai meminjamnya untuk dibaca di rumah.

Tapi, tahukah kamu, Indonesia juga punya perpustakaan terkeren? Kalau belum, berikut adalah perpustakaan-perpustakaan itu…

1. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia - Jakarta

Sumber: www.sintiaastarina.com

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia atau yang biasa disebut Perpusnas ini, merupakan perpustakaan pertama di Indonesia. Pasalnya, di sini kalian bisa menemukan seluruh jenis buku, baik buku pelajaran, buku sejarah, ensiklopedia, hingga bacaan umum. Koleksinya pun diperkirakan sampai 1.100.000 eksemplar. Fasilitasnya pun ada banyak, seperti ruang baca, lobi tunggu sampai ruang presentasi.

2. Perpustakaan Universitas Indonesia – Depok

Sumber: steemit.com

Perpustakaan Universitas Indonesia atau yang dinamai Kristal Pengetahuan (Crystal of Knowledge) ini, diklaim sebagai perpustakaan terbesar di dunia. Udah bukan cuma perpustakaan terbesar di Indonesia lagi. Bangunan megahnya menempati lahan 2,5 hektare, dan berluas 33.000 meter persegi. Untuk koleksi bukunya sendiri, jangan diragukan lagi. Sudah ada jutaan judul buku di sini, dengan berfasilitaskan ruang baca, 100 silent room, taman, restoran, kafe, swalayan, bank, toko buku, bahkan gym. Asik juga kan perpustakaan di Indonesia yang satu ini?

3. Perpustakaan Universitas Brawijaya (UB) Malang

Sumber: www.flickr.com

Perpustakaan Brawijaya mengusung konsep minimalis dan bertaman cantik. Perpustakaan ini menekankan kenyamanan dan kencintaan terhadap minat baca mahasiswa, khususnya, dan masyarakat umum. Koleksi bukunya terdiri dari literatur dan referensi buku ataupun majalah, baik luar maupun dalam negeri.

Baca Juga: Awal Mula Hari Aksara Internasional

4. Perpustakaan Soeman HS – Pekanbaru

Sumber: news.detik.com

Perpustakaan ini memiliki julukan perpustakaan termegah di Indonesia. Bangunannya menyerupai alas baca Al-Quran, atau sekilas mirip dengan buku yang terbuka. Selain karena banyaknya koleksi buku, di perpustakaan ini kalian bisa melihat pemandangan Kota Pekanbaru sekaligus aktivitas masyarakat karena pada salah satu sisi bangunan, terdapat dinding kaca yang lebar.

5. Perpustakaan UGM – Yogyakarta

Sumber: lib.ugm.ac.id

Perpustakaan UGM menyediakan banyak fasilitas yang terdiri dari akses WiFi, ruang belajar mandiri dan belajar bersama, ruang diskusi, ruang seminar, reading cafe, komputer untuk akses katalog/OPAC, Internet, ETD, dan pengerjaan tugas mandiri, serta taman belajar. Uh, dijamin, bagi kalian pencinta buku pasti betah di sini, deh.

6. Perpustakaan Institut Teknologi Bandung – Bandung

Sumber: www.itb.ac.id

Perpustakaan ini menyediakan jutaan buku dengan varian jenis, baik yang terkait dengan Ilmu Pengetahuan, Sains, Majalah, maupun Hasil Skripsi, Tesis, dan Disertasi Para Mahasiswa ITB. Suasana gedung cenderung minimalis dan nyaman, cocok sekali apabila dijadikan seminar ataupun bedah buku.

Baca Juga: 10 Kelebihan Anak Perantauan

7. Perpustakaan Freedom Institute – Jakarta

Sumber: www.wego.co.id

Apabila rumahmu di dekat Jakarta Pusat, ada juga perpustakaan yang cocok untuk dikunjungi. Namanya Perpustakaan Freedom Institute atau biasanya dikenal dengan nama Gedung Perpustakaan Umum. Di dalam gedung perpustakaannya, sengaja dibuat taman supaya menambah kesejukan ataupun ketenangan.

8. Perpustakaan Universitas Sanata Dharma – Yogyakarta

Sumber: www.usd.ac.id

Bagi kalian yang ingin membaca naskah kuno mengenai arkeologi, sejarah, atau mungkin sastra Nusantara, perpustakaan di kampus Sanata Dharma ini bisa dijadikan rujukan. Di sini, koleksi naskah kunonya cukup lengkap, sekaligus ruangannya juga nyaman untuk membaca.

9. Perpustakaan Grhatama Pustaka – Yogyakarta

Sumber: gudeg.net

Perpustakaan yang berada di Yogyakarta ini, memakan biaya senilai Rp 72,5 miliar dalam pembangunannya. Grahatama Pustaka sendiri mengandung makna menyimpan Swaka. Di perpustakaan ini kalian akan menemukan berbagai koleksi buku keluaran terbaru sampai buku langka yang sudah dicetak lagi, baik dalam bentuk buku ataupun digital.

Baca Juga: 7 Fitur Cabaca yang Seru dan Gak Ada di Aplikasi Lain!

10. Perpustakaan Universitas Andalas – Padang

Sumber: www.unand.ac.id

Perpustakaan Andalas mempunyai koleksi buku yang cukup memadai. Perbedaan perpustakaan ini dengan perpustakaan lainnya, terletak pada Minangkabau Corner, yakni pusat studi informasi budaya Minangkabau. Tentunya, di perpustakaan ini kamu bisa menambah wawasanmu mengenai budaya Minang.

Itulah 10 perpustakaan di Indonesia yang bisa menjadi bahan rujukan untuk kalian. Dari semuanya, mana yang belum pernah kalian kunjungi?

Kalau mau baca novel gratis, selain berkunjung ke perpustakaan, kamu juga bisa install aplikasi Cabaca di Play Store! Hanya modal HP kamu bisa baca cerita serem sampai cerita hot!

Unduh aplikasinya sekarang dan baca pada jam baca nasional!