10 Pengalaman yang Hanya Kamu Rasakan Kalau Jadi Anak Kost – Setiap hal adalah pengalaman berharga yang kalau sudah berlalu akan membuat sedih, tertawa, atau rindu. Tak terkecuali menjadi anak kostan. Pengalaman anak kost yang jauh dari keluarga, pasti banyak, misalnya saja seperti ini.

1.  Omelan Ibu Kost

Bagaimana kesan pertama kalian bertemu dengan ibu kost? Takut enggak? Malu enggak? Itu kesan awal, ya.

Bagaimana kalau kalian sudah kost di sana dan nunggak? Wuah, persiapkan telingamu untuk mendengarkan sejuta tausiyah. Namun, sekarang kalau sudah mapan, pasti yang diingat adalah ibu/bapak kost. Bagaimana kabar mereka, ya?

2.  Makanan Anak Kost

Namanya juga hidup sendiri, ya. Segala sesuatunya juga harus hemat dan sederhana. Ikan tempe dan nasi dikucuri kecap pun, tidak apa-apa. Yang penting bisa bertahan hidup. Atau kalau punya rejeki lebih banyak, makanannya naik level¸ yaitu mie instan dan telur ceplok.

3.  Selalu Kekurangan Duit

Photo by Josh Appel / Unsplash

Kapan tanggal satu datang? Kapan uang dari Emak Bapak tiba? Kapan gajian dari bekerja paruh waktu turun gunung? Kamu pasti menantikan saat-saat seperti itu ketika kantongmu sudah menunjukan gejala-gejala kekeringan.

4.  Kumpul di Salah Satu Kamar

Photo by Ramiro Pianarosa / Unsplash

Walaupun sudah punya kamar sendiri-sendiri, tapi tetap aja jadiin satu kamar sebagai basecamp. Tempat kumpul ini kebanyakan tidak dipilih berdasarkan voting. Mana yang anaknya asyik dan tidak ribet, akan dijadikan tempat nongkrong. Kalian dulu kalau ngumpul ngapain aja, ya? Gosipin ibu kost?

5.  Pengumuman Dinding Kostan

Hanya di kostan yang terdapat pengumuman dari kertas HVS dan ditempelkan ke dinding. Parahnya lagi, pakai kertas A3. Jadi kalau dari kejauhan, masih bisa kelihatan. Isinya apaan? Jangan tutup pintu kalau ada pacar, siram toilet dengan baik, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Modal 1 Jutaan untuk Mahasiswa

6.  Mencuci Super Cepat

Menjadi anak kostan, segala sesuatunya dituntut untuk serba cepat, termasuk dalam mencuci. Kamu harus mengerahkan seluruh tenaga dalam serta memakai sepuluh jari tangan dan kaki. Kalau tidak, pasti diomelin ibu kost karena memakai kamar mandi terlalu lama.

7.  Berebut Jemuran

Lahan jemuran adalah intan berharga. Kalau kamu selesai mencuci lebih pagi, akan ada banyak lahan kosong. Kalau tidak, wah, bisa jadi tempat jemurannya sudah penuh. Kamu pun menjadi pusing, ditaruh di manakah jemuran ini?

8.  Ngantri Mandi

Beberapa kostan hanya mempunyai satu atau dua kamar mandi saja. Akibatnya, ya, harus mengantre kalau menggunakannya. Apalagi kalau pagi-pagi sekali ada kelas, kamu harus bangun lebih awal. Dinginnya air saat mandi pasti membuatmu sadar kalau kehidupan memang seperti ini.

9. Sakit Sendirian

Autumn is a second spring when every leaf is a flower.
Photo by Zohre Nemati / Unsplash

Sebagai anak kost yang apa-apa sendirian, pasti pernah deh ngalamin ini. Lagi sakit kepala, demam, atau maag, kamu terbaring sendiri. Teman-teman kost mungkin sedang sibuk dan tak ada orang di kost. Sedih sih, tapi bakal keinget terus.

10.  Bertemu Banyak Orang Baru

Tinggal bersama orang baru bukanlah perkara mudah. Terlebih orang itu berbeda kepribadian dengan kita. Belum lagi semuanya berasal dari daerah yang berbeda. Pertengkaran pasti akan terjadi satu atau dua kali.

Baca Juga: 15 Barang yang Wajib Dimiliki Anak Kost, Calon Mahasiswa Baru Harus Tahu!

Kalau kamu, pengalaman di kostan seperti apa yang tidak kamu lupakan? Cerita yuk, siapa tahu bisa menjadi inspirasi untuk menulis novel atau cerpen. Lalu bisa kamu ajukan ke Cabaca. Kali saja diterima. Kan asyik tuh punya karya berdasarkan kisah nyata semasa berada di kostan. Jangan lupa download aplikasi Cabaca di HP kamu. [Lisma]