10 Negara Paling Kaya Tahun 2020 - Menjadi kaya dan tidak perlu dipusingkan perihal keuangan adalah harapan semua orang. Apalagi kalau yang kaya itu merupakan suatu negara, wah, taraf hidup penduduknya pasti sejahtera dan fasilitas umum pasti banyak. Berikut negara paling kaya 2020.

1. Qatar

Sumber: gulfnews.com

Qatar memiliki minyak, gas, dan petrokimia yang besar. Selain itu, Qatar juga mempunyai populasi kecil sehingga negara tidak memerlukan banyak pengeluaran untuk penduduknya. Qatar sudah menjadi negara terkaya sedunia selama 20 tahun. Wah, keren banget, ya.

2. Makau

Sumber: kompas.com

Makau menjadi negara terkaya di Asia. Sumber kekayaannya berasal dari perjudian. Itu dikarenakan pada tahun 2001, perjudian diizinkan di negara ini. Akibatnya 40 kasino tersebar di wilayah seluas sekitar 30 kilometer persegi ini.

3. Luksemburg

Sumber: cnnindonesia.com

Pemerintah Luksemburg berfokus pada pembangunan dan pendidikan sehingga mereka bisa memelihara kastil supaya tampak cantik, menghadirkan pedesaan yang indah, menyelenggarakan festival budaya, dan mengizinkan para wisatawan untuk membuat rekening offshore melalui salah satu banknya. Itulah titik kekayaan dari Luksemburg.

4. Singapura

Sumber: cnbcindonesia.com

Dulunya Singapura memiliki penduduk yang buta huruf, tapi karena kerja keras, negara kecil ini akhirnya berhasil bangkit dari keterpurukan. Pemerintah setempat menyulap Singapura menjadi pusat perdagangan, manufaktur, dan keuangan berkembang pesat. Bahkan sekarang 97% populasi orang dewasanya tidak buta huruf.

5. Brunei Darussalam

Sumber: thecommonwealth.org

Sumber kekayaan Brunei Darussalam berasal dari cadangan minyak dan gas alam yang diperkirakan sebesar US$28 miliar. Namun, diperkirakan dari 450.000 populasi, 40% warganya berpenghasilan kurang dari US$1.000 setahun.

Baca Juga: 6 Negara yang Berhasil Menerapkan New Normal

6. Irlandia

Sumber: ican-education.com

Irlandia merupakan negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di benua Eropa. Sumber pendapatannya berasal dari pajak. Apakah Irlandia adalah negara impianmu? Kalau iya, bagaimana jika kamu ikut Lomba Menulis Cerpen "One Day in Far-adise" di Cabaca?

7. Norwegia

Sumber: gotravelly.com

Pada akhir tahun 1960, minyak bumi ditemukan di pantai Norwegia. Setelah itu, minyak bumi menjadi sumber keuntungan pemerintah Norwegia. Norwegia juga menjadi penghasil minyak bumi terbesar di Eropa Barat.

8. Uni Emirat Arab

Sumber: futuready.com

Dulunya sumber pendapatan Uni Emirat Arab berasal dari pertanian, perikanan, dan mutiara perdagangan. Namun, sejak ditemukannya minyak pada tahun 1950, eknomi negara ini kian melaju pesat. Pusat pariwisata dan pembelanjaan dibangun besar-besaran. Dan mereka semakin kaya.

9. Kuwait

Sumber: radissonhotels.com

Tahun 1938, pemerintah Kuwait menemukan minyak di bawah gurun pasir wilayah mereka. Minyak menjadi industri pemasukan terbanyak di Kuwait. Namun, seiring berjalan waktu, negara yang terletak di tepi utara Teluk Persia ini, mengalami penurunan harga minyak. Pemerintah pun mengambil langkah-langkah untuk mendiversikan ekonomi, yakni dengan mengizinkan kepemilikan asing di sejumlah sektor dan menawarkan berbagai keringan pajak kepada investor.

10. Swiss

Sumber: bitcoinist.com

Sumber pendapatan Swiss berasal dari penemuan baru, seperti cokelat putih, kereta luncur, pisau Swiis Army, mouse komputer, velcro, LSD, pun termasuk sektor pariwisata serta ekspor produk farmasi, permata, logam mulia, intrumen, dan mesin presisi. Wah, pantas Swiss kaya, ya.

Baca Juga: 7 Kota untuk Destinasi Liburan Murah Akhir Tahun

Walaupun Indonesia belum masuk 10 teratas negara terkaya di dunia 2020, kita fokuskan memperkaya pikiran saja yuk, gaes. Caranya dengan membaca banyak buku, sekalipun itu novel. Dengan membaca, pikiran kita akan menjadi kritis. Membaca novel pun tidak lagi ribet, kamu cukup mengunduh aplikasi Cabaca di Google Play dan temukan novel gratis setiap harinya. [Lisma]

Aplikasi baca novel gratis asli Indonesia yang seru banget!