10 Negara Paling Bersih Tahun 2020 - Kebersihan adalah sebagian dari iman. Dengan tinggal di daerah yang bersih, kita bisa menyehatkan badan, hati, dan pikiran. Berikut merupakan negara paling bersih 2020 menurut Environmental Perfomance Index (EPI), dengan indikator kualitas udara, sanitasi dan air minum, pengelolaan limbah, ekosistem, perubahan iklim, dan emisi populasi.

1. Denmark

Negara Denmark memiliki prinsip sustainability, yakni memaksimalkan penggunaan energi yang dapat diperbarui (penggunaan turbin angin, tenaga surya, dan biomassa). Kebersihan negara Denmark juga merupakan bagian dari gaya hidup orang-orang. Kebanyakan dari mereka menggunakan sepeda untuk bepergian.

2. Luksemburg

Luksemburg menyebarkan 3.500 tempat sampah. Pemerintahannya juga tegas dalam memberi peraturan. Misalnya dalam hal grafiti, penempelan poster di area publik, atau semak belukar di sekitar lingkunganmu, pihak terkait akan menjatuhkan hukuman dan memberimu peralatan untuk membersihkannya jika terbukti melanggar atau sembarangan.

3. Swiss

Swiss berkomitmen dalam menjunjung prinsip daur ulang. Pemerintahannya pun menyediakan tempat sampah warna-warni. Apabila masyarakatanya salah membuang sampah, akan dikenakan denda. Di Swiss ada pula yang dinamakan The Recycling Map, yaitu peta digital yang berisi informasi tentang 16.049 titik pengumpulan material yang dapat didaur ulang. Jadi nantinya warganya bisa mengumpulkan sampah seperti botol kaca, aluminium, kaleng, dan plastik, tekstil, dan peralatan elektronik ke titik-titik pengumpulan tersebut.

4. Britania Raya

Pemerintahan tidak bisa jalan sendiri. Untuk menciptakan lingkungan bersih, haruslah dibarengi dengan kerja sama masyarakatnya. Begitu jugalah yang terjadi dengan Britania Raya. Di negara ini, banyak sekali organisasi-organisasi yang menyerukan kebersihkan, mulai dari pantai, jalan, mengurangi sampah, dan lain-lain.

5. Prancis

Sebagai negara yang memiliki kota paling mahal di dunia, Prancis sering dicap memiliki higienitas yang buruk. Nyatanya, sumber air seperti sungai, laut sampai danau di Prancis memiliki kualitas baik.

Baca Juga: 7 Kota untuk Destinasi Liburan Murah Akhir Tahun

6. Austria

Grafiti maupun sampah di sepanjang jalan, jarang sekali ditemukan. Kualitas udara juga tergolong baik karena minim polusi. Selain itu, Austria memiliki banyak tempat wisata alam.  

7. Finlandia

Finlandia adalah negara terbesih dari polusi. Negara ini memiliki aturan ketat tentang lingkungan, yang membuat danau, sungai serta polusi udara terjaga dengan baik. Pemerintahannya juga merancang penggunaan energi listrik.

8. Swedia

Orang-orang Swedia sadar terhadap sustainability sehingga mereka menjaga lingkungan. Tap water senantiasa disediakan supaya tidak membeli minuman kemasan yang meninggalkan sampah plastik. Kemudian restoran-restorannya pun mengajak pembeli untuk mengurangi jejak karbon, seperti menawarkan menu-menu vegetarian dan vegan-friendly. Selain itu, Swedia merupakan negara yang memprakarsai kegiatan plogging, yaitu kegiatan jogging sekaligus memungut sampah.

9. Norwegia

Norwegia mempunyai cara tersendiri untuk menjaga negaranya, yakni dengan menjadikan Kepulauan Svalbard menjadi tempat penyimpanan biji tanaman apabila bumi mengalami krisis alam atau terkena bencana. Sama seperti di Swedia, di Norwegia juga terdapat kegiatan plogging, yaitu berolahraga sekaligus memungut sampah di area hutan.

10. Jerman

Masyarakat Jerman mempunyai tradisi yang disebut Swabia. Tradisi ini artinya membersihkan lingkungan setiap Minggu. Bagi masyarakat yang tidak menyewa petugas kebersihan, mereka harus membersihkan lingkungan secara bergantian.

Baca Juga: 10 Negara Paling Kaya Tahun 2020

Indonesia memang belum masuk 10 besar teratas negara terbesih di dunia 2020, tapi masyarakat Indonesia harus selalu bisa menjaga kebersihan. Jangan sedih apalagi menyesal lahir di Indonesia. Jangan kecewa juga dengan adanya pandemi yang membuatmu tak bisa menjelajah atau pergi ke luar negeri sesuka hati. Kamu bisa ikut Lomba Menulis Cerpen "One Day in Far-adise" di Cabaca sebagai gantinya. Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Cabaca di Google Play dan temukan novel gratis setiap harinya. [Lisma]