10 Negara Paling Aman Tahun 2020 - Tidak ada hal lebih penting daripada keamanan kita sendiri. Berikut merupakan negara paling aman 2020 menurut The Institute for Economics and Peace, dengan tolak ukur berdasarkan konflik internal, tingkat kejahatan, tingkat pembunuhan, sampai peristiwa terorisme.

1. Islandia

Islandia menjadi negara teraman di dunia. Hal itu berdasarkan nilai indeks sebesar 1,078. Yang perlu dicermati juga, Islandia tidak memiliki angkatan darat, laut, maupun udara sama sekali. Namun, Islandia mempunyai The Icelandic Coast Guard dan National Commissioner’s National Security, yang merupakan petugas keamanan paling ramah dibandingkan negara lainnya.

2. Selandia Baru

Selandia Baru merupakan negara teraman dengan nilai indeks sebesar 1,198. Selandia Baru memiliki militer paling damai di dunia. Hal ini tidak terlepas dari kebijakan pemerintahannya yang menginginkan adanya minimalisasi konflik domestik dan internasional.

3. Portugal

Nilai indeks Portugal sebesar 1,247 yang menjadikannya negara teraman nomor tiga. Pemerintah Portugal selalu menjaga konsistensi dalam menjamin kehidupan masyarakat yang aman.

4. Austria

Walaupun bukan anggota NATO, Austria berhasil membuktikan kalau negaranya mampu menjaga keamanan, baik di tingkat nasional maupun internasional. Hebat ya, Austria ini.

5. Denmark

Hal mendasar kenapa Denmark menjadi negara aman adalah pemerintah bisa menjaga kestabilan politik, kebebasan berpendapat dan hak asasi manusia (HAM). Posisi Denmark ini tidak berubah dari tahun lalu, tetap di urutan kelima.

Baca Juga: 10 Negara Paling Kaya Tahun 2020

6. Kanada

This is a beautiful landscape picture from one of Toronto’s islands. This is a scene of the downtown core and Toronto’s beautiful skyline. I shot this while I was heading back to Toronto with my friends, we were chilling at the Toronto islands and were heading back. While we were heading back to the ferry I saw this view and I Immediately took out my Galaxy and tried to get the best exposure and depth of field possible. I turned out really good and I was happy with the shot
Photo by James Thomas / Unsplash

Kanada terkenal sebagai negara yang mempunyai ketahanan pangan terbaik di Benua Amerika. Tingkat konflik internal dan tingkat kejahatannya terbilang sangat rendah. Politiknya pun stabil. Hal ini dikarenakan pemerintahannya mampu menjaga ekonomi dan menyediakan fasilitas kesehatan yang cukup.

7. Singapura

Selain menjadi negara kaya di Asia, Singapura juga menjadi satu-satunya negara teraman di Asia. Diperkirakan pengeluaran militer Singapura sebanyak 10,8 miliar US dolar atau 152 triliun rupiah. Kekuataan militer ini fungsinya untuk menjaga Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.  

8. Republik Ceko

Posisi delapan ditempati oleh Republik Ceko. Negara ini tidak mempunyai pengeluaran militer yang fantastis, tapi tingkat kriminalitasnya sangat rendah. Republik Ceko mampu menjaga stabilitas politik dan hubungan diplomasi dengan negara lain.

9. Jepang

Negara teraman kesembilan ditempati oleh Jepang. Hal ini tidak lain karena pengeluaran untuk militer yang cukup besar, yakni 46 miliar US dolar atau sekitar 649 triliun rupiah. Jepang juga masuk ke dalam negara pengeluaran terbanyak kedua di Asia.

10. Swiss

Swiss terletak di Eropa Tengah. Walaupun negara ini terbilang kecil, Swiss mampu menjaga keragaman yang ada di negaranya, baik etnik maupun agamanya. Tingkat keselamatan maupun keamanannya pun terbilang memadai. Jadi, pengen berlibur ke Swiss, deh. Sayangnya tidak kunjung terealisasi karena gak punya duit.

Baca Juga: 10 Negara Paling Bersih Tahun 2020

Itulah 10 negara teraman di dunia 2020.  Ingin berkunjung ke negara tersebut tapi tidak punya uang buat ke sana? Berangan-angan dulu boleh kok dengan ikutan  Lomba Menulis Cerpen "One Day in Far-adise" di Cabaca. Ada hadiah menunggumu! Lumayan buat nambah tabungan untuk jalan-jalan ke luar negeri. Kalau belum bisa jalan-jalan, gak apa-apa. Kamu bisa cari hiburan lain, seperti membaca novel. Novel membuat pikiranmu rileks. Mari mulai pakai aplikasi Cabaca dan hibur diri sendiri dengan novel Indonesia gratis. [Lisma]