10 Motif Batik Terpopuler yang Perlu Kamu Ketahui - Hari Batik Nasional 2020 diperingati pada Jumat, 2 Oktober. Diambilnya hari ini sebagai hari batik karena pada tanggal ini, UNESCO mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. Dan Indonesia sendiri memiliki motif batik Indonesia yang berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya. Berikut motif batik terpopuler yang harus kamu ketahui.

1. Motif Batik Sekar Jagad

Sumber: pinterest.com

Motif Batik Sekar Jagad berasal dari daerah Jawa, tepatnya Yogyakarta. Makna yang terkandung dalam motif ini adalah keindahan atau kecantikan yang membuat orang yang memandangnya jadi terpesona. Motif ini juga ditafsirkan sebagai pulau-pulau yang ada di dunia.

2. Motif Batik Sidomukti Magetan

Sumber: docplayer.info

Pada motif ini, gambar bambu mendominasi. Motif yang terjalin melambangkan harapan untuk memperoleh ketenangan lahir batin. Batik ini biasanya digunakan untuk upacara resmi atau adat.

3. Motif Batik Keraton

Sumber: alonabatik.com

Batik Keraton terdiri dari empat motif, yang berdasarkan tempatnya, yakni Kasunanan Surakarta, Kasultanan Jogjakarta, Pura Mangkunegaran serta Pura Pakualaman. Perbedaan keempatnya terletak pada bentuk, ukuran, patra, serta nuansa warna soga (cokelat).

Dulu batik Keraton hanya boleh digunakan oleh Sultan dan keluarganya, tapi kini batik ini mengalami pergeseran dan boleh digunakan khalayak umum.

4. Motif Batik Jepara

Sumber: senibudayasia.com

Batik Jepara juga dikenal sebagai Batik Kartini. Batik ini terdiri dari dua macam, yakni motif lama serta motif baru. Motif lama mempunyai pola dengan warna lung hitam, gajah cokelat, flora serta fauna daun ulir hijau, dan lainnya. Sedangkan batik baru Jepara terdiri dari banyak macam, tidak mempunyai hal baku.

5. Motif Batik Solo

Sumber: seruni.id

Ketenangan Sungai Bengawan Solo menjadikannya inspirasi dalam pembuatan batik ini. Biasanya motif ini menggunakan warna cokelat, dengan pewarnaan diambil dari bahan-bahan alami.

Baca Juga: 8 Ucapan Selamat Menikah Dari Novel yang Bisa Kita Kutip

6. Motif Batik Kawung

Sumber: batik-tulis.com

Motif Batik Kawung masuk ke dalam jenis tertua di Indonesia. Pada mulanya, motif ini hanya bisa digunakan orang-orang kerajaan sebagai kain sarung raja atau pun permaisuri.

Motif kain batik ini memiliki pola bulatan seperti buah Kawung (semacam buah kelapa atau sering disebuh buah kolang-kaling) yang tertata rapi secara geometris. Motif kawung dinamakan berdasarkan ukuran besar atau kecilnya bentuk bulat-lonjong yang ada di dalam satu motif tertentu.

7. Motif Batik Tasik

Sumber: seruni.id

Motif batik Tasik biasanya berbentuk rerumputan, fauna serta beberapa hal yang berkaitan dengan alam. Untuk perwarnaannya, umumnya menggunakan warna biru, merah padam, serta cokelat.

8. Motif Batik Malang

Sumber: batik-tulis.com

Warna pada motif batik Malang cenderung cerah, seperti warna dasar biru ditimpa putih, atau putih ditimpa dengan merah. Motif batik ini biasanya berpola tanaman atau beberapa lambang kota Malang seperti candi-candi yang ada di dalamnya.

9. Motif Batik Pekalongan

Sumber: dansmedia.net

Karena berada di tempat strategis, motif batik Pekalongan dipengaruhi kebudayaan-kebudayaan luar yang datang karena perdagangan. Biasanya batik Pekalongan didominasi dengan bentuk fauna dan tumbuh-tumbuhan.

10. Motif Batik Mega Mendung

Sumber: batik-tulis.com

Motif Batik Mega Mendung menjadi ciri khas kota Cirebon. Pola-pola dalam batik ini biasanya gambar awan berwarna gelap, seperti biru tua, merah tua, hijau tua, dan sebagainya.

Itulah 10 motif batik terpopuler yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga: 10 Idol K-Pop yang Suka Pakai Batik

Seperti halnya batik, novel-novel di Cabaca pun beragam. Mulai dari novel yang akan membuat pikiranmu berpikir dalam, sampai novel ringan yang cocok sekali untuk kalian yang tidak ingin berpikir. Di aplikasi Cabaca, semuanya ada. Install sekarang yuk! [Lisma]

Install aplikasi baca novel Indonesia di HP kamu, gratis baca sepuasnya!