10 Makanan Khas Lebaran yang Unik-Lebaran memang paling enak kalau dibuat berkumpul bersama keluarga dan makan-makan. Kalau kamu, makanan khas lebaran apa yang paling kamu suka?

10 Makanan Khas Lebaran yang Unik dan Lezat

Berikut merupakan makanan khas lebaran idul fitri yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi menu lebaran mu!

1.  Gulai Nangka

resepkoki.id

Pencinta gulai sudah mencoba makanan satu ini? Gulai tidak hanya enak dinikmati dengan daging saja, tapi menambahkannya dengan sayur nangka pasti terasa lebih unik.

Gulai nangka ini sering ditemui di Medan. Meski begitu, makanan ini tak jarang ditemui di daerah lain sebagai pelengkap lontong atau ketupat.

2.  Bebek Gulai Kurma

mommyasia.id

Apa jadinya bebek dicampur kurma? Jadinya makanan khas lebaran dari Aceh ini. Rasa bebek gulai yang gurih dan ditambah dengan kemanisan kurma adalah perpaduan sempurna untuk menikmati hidup. Apalagi jika dinikmati bersama keluarga besar, kan?

Baca Juga: 10 Tradisi Lebaran di Dunia, Mana Paling Unik?

3.  Rendang

Fimela.com

Rendang tidak hanya dibuat dari daging sapi, tapi rendang juga bisa dibuat dari daging ayam, paru, jamur dan bebek. Proses memasaknya memang memerlukan waktu berjam-jam.

Namun, rasanya tidak akan mengkhianati hasil. Rendang sangat cocok dipadukan dengan ketupat atau nasi hangat.

4.  Ayam Bumbu Anam

femina.co.id

Masakan khas lebaran satu ini berasal dari Palembang. Cara memasaknya sangat mudah. Pertama potong daging ayam menjadi dua.

Lalu rebus dengan kuah santan kental dan tambahkan bumbu. Meski terlihat sederhana, namun makanan ini bisa membuat lidah kamu bergoyang terus.

5.  Lemang

Detik.net

Lemang adalah makanan khas lebaran dari daerah Jambi. Lemang dibuat dari beras ketan yang digulung dengan selembar daun pisang dan dimasukan ke bambu panjang.

Lalu Lemang dibakar supaya matang. Meski terlihat sederhana, rasanya unik dan tak kalah enak dengan menu lebaran yang lain loh!

6.  Soto Banjar

Detik.net

Soto Banjar tidak hanya ditemukan di Banjarmasin. Kuahnya sangat khas dan campuran rempah-rempah. Soto Banjar enak dinikmati dengan telur dan sayuran segar.

Kamu bisa memasak menu ini untuk menemani tamu dan para saudara  menyantap ketupat lebaran.

Baca Juga: 8 Menu Lebaran Sehat yang Wajib Dicoba

7.   Ayam Gagape

Grid.ID

Ayam Gagape mempunyai rasa yang mirip dengan opor ayam dari Jawa. Ayam Gagape sering ditemui di wilayah Makassar. Kuahnya lebih kering daripada opor ayam. Tekstur ayamnya juga berlemak.

Kuahnya yang kental cocok sekali jika disandingkan dengan menu lebaran yang lain. Tertarik mencoba?

8.  Ayam Woku

Liputan6.com

Manado juga mempunyai makanan khas lebaran bernama Ayam Woku. Masakan ini dimasak dengan rasa yang hampir mirip dengan ayam bumbu rujak. Bagi kamu yang kurang suka pedas, jangan coba-coba memakannya.

Dari tampilannya Ayam Woku memang sangat menggugah selera. Kamu bisa menyantap  menu ini bersama nasi hangat atau ketupat.

9.  Kella Pate

Grid.id

Dari namanya aja sudah sangat khas, bukan? Makanan ini berasal dari Madura. Orang Madura biasanya menyajikan Kella Pate yang terbuat dari daging ikan tenggiri yang digoreng dan dimasak kuah santan.

Kuahnya juga penuh dengan rempah-rempah. Makanan ini bisa jadi salah satu inspirasi menu lebaran kamu, bukan?

10. Lepet

iNews.id

Orang Jawa pasti tidak asing dengan makanan satu ini. Lepet merupakan makanan ringan yang terbuat dari ketan yang dicampur parutan kelapa. Lepet kemudian dikukus dengan daun kelapa atau daun pisang.

Lepet biasa dibuat hanya saat lebaran saja. Maka tak heran, jika kamu sulit untuk menemukan makanan ini di bulan-bulan biasa. Lepet tidak perlu dimakan dengan sayur-mayur. Langsung dimakan saja karena sudah sangat enak.

Baca Juga: Apa itu Lebaran Ketupat, Sejarah dan Filosofinya

Dari daftar di atas, apa makanan khas lebaran yang paling ingin kamu coba? Apa pun makannya, bacanya tetap di Cabaca aja, ya. Kenapa harus membaca di platform online Cabaca?

Karena dengan membaca digital kita bisa menyelamatkan pohon dan lebih menjaga lingkungan. Tak hanya itu, Cabaca juga memberikan jaminan novel kurasi untuk setiap  novel  yang diterbitkan!

Novel terkurasi akan membuat pengalaman membaca lebih menyenangkan dan berkualitas. Temukan novel-novel digital terkurasi  di aplikasi Cabaca! Coba baca aja dulu novel-novelnya disini.

Baca novel Indonesia di Cabaca