10 Lagu Korea yang Membuat Kita Peduli kesehatan Mental - Industri hiburan di Korea Selatan yang terlihat gemerlap dan menyenangkan, ternyata juga menyimpan kepedihan. Tidak hanya kehidupan selebritasnya saja rupanya yang berat, masyarakat biasa di sana juga tidak lepas dari permasalahan kesehatan mental.  Bahkan angka bunuh diri di Korea Selatan disebut-sebut masuk 10 besar terbesar di dunia.

Tak heran, banyak musisi yang merepresentasikannya ke dalam karyanya. Berikut ini lagu Korea bertema kesehatan mental yang bisa kamu dengarkan.

1. Breathe - Lee Hi

Lagu ini diciptakan oleh mendiang Jonghyun 'Shinee'. Dijamin kamu langsung akan mengalami sensasi goosebumps sehabis mendengarkan lagu ini. Lagu yang bercerita tentang seseorang yang sedang depresi, tetapi kesulitan untuk menceritakan kepada orang lain apa yang dirasakannya. Saat sedang mengalami itu, cobalah untuk bernapas...

nugungaui hansum
geu mugeoun sumeul
naega eotteohge
hearil suga isseulkkayo
dangsinui hansum
geu gipil ihaehal sun eoptgettjiman
gwaenchanhayo naega anajulgeyo

When someone sighs
How can I understand
Such deep breaths your sigh
Even though I won’t be able
to understand its depth,
that’s okay I will embrace you

2. Home Is Far Away - (Epik High feat. Oh Hyuk of Hyukoh)

Grup hip hop alternatif asal Korea Selatan ini selalu meluncurkan lagu-lagu dengan tema yang nggak biasa. Kayak lagu yang satu ini, mengangkat realitas kehidupan banyak orang yang sedang merasa lelah sampai merasa home is far away.

I have a long way to go
But there are no taxis
And it feels like it's gonna rain
The weight of today on top of my sagging shoulders
I wanna put it down for a moment
Home is far away

3. Loser - Big Bang

Sering merasa kesepian? Pernah ngerasa jadi loser? Kamu berarti perlu dengerin lagu dari Big Bang yang rilis pada tahun 2016 ini.

Loser, loner. A coward who pretends to be tough
A mean delinquent. In the mirror, you're
Just a loser. A loner, a jackass covered in scars
Dirty trash. In the mirror, I'm a...

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Tentang SuperM yang Harus Kamu Tahu

4. I'm OK - iKON

Salah satu lagu yang wajib didengarkan bukan hanya oleh iKonic (sebutan untuk fans iKON). Lagu ini menceritakan bahwa kadang-kadang ada orang yang sedang kalut, tetapi juga tidak ingin dikasihani, apalagi mendengarkan nasihat-nasihat dan kalimat-kalimat positif.

I’m OK
Don't comfort me
You don't have to have pity on me
You don't have to stay with me, I'm fine

I’m OK
Don't worry about me
You don't have to mind about me
I'm used to be alone

I’m OK

5. Human - Zico

Di lagu ini dijelaskan bahwa kadang kita ketakutan dengan sikap baik dan curiga pada senyum orang lain. Diceritakan juga tuh kalau semakin tumbuh besar, kadang kita makin takut dengan imajinasi dan ternyata beginilah 'menjadi manusia'.

6. We All Lie - Ha Jin

Yang suka dengan serial drama Korea Sky Castle pasti nggak asing sama lagu ini. Lagu ini cukup mengena karena memaparkan kenyataan bahwa kadang kita suka sekali berpura-pura dan nggak mau jujur dengan apa yang sedang dihadapi.

Shout it out
What you want for the world
Money, honor, beauty
Everything you want
Play with a mask to hide the truth
People cheat each other, right?

Baca Juga: Kumpulan Lirik Lagu X1 dalam Album Quantum Leap

7. Like This - PENTAGON

I’m letting out a cold breath
In front of the hardships that repeat every day
I don’t want meaningless fights
But the more I hold it in, the bigger the thorn gets
I don’t want to get caught
So I hide it more but my heart hurts
But all of these little things that happen
They’re all the same

Dalam lagu ini kita diajak untuk menerima diri sendiri tetapi juga tidak membiarkan kita kalah dalam pertarungan tidak berarti. Setiap dengar lagu ini, semoga kamu nggak jadi nangis dan terus berjuang ya!

8. Always - RM BTS

One morning, I opened my eyes
And wished I was dead
I want someone to kill me
In this loud silence
I live to understand the world
But the world has never understood me

Untukmu yang pernah berpikir mengakhir hidup, silakan dengarkan lagu ini. Jangan lupa untuk terbuka dan cari dukungan dari orang terdekat.

9. Spring Day - BTS

Anak Army pasti hafal banget sama lagu ini. Lagu yang dapat penghargaan dari Golden Disc Award dalam kategori Song Division dan menang dalam kategori Video Musik Terbaik di ajang Mnet Asian Music Awards (MAMA) ini berkisah tentang kehidupan yang berjalan begitu cepat dan kadang kita melalui banyak kehilangan dan kerinduan.

Past the end of this cold winter
Until the spring comes again
Until the flowers bloom again
Please stay there a little longer
Stay there

10. End of A Day - Jonghyun SHINee

Hati-hati kalau dengerin lagu ini. Kamu mungkin akan berlinang air mata. Lagu ini berusaha mengingatkan kita bahwa ucapan "Terima kasih, kau sudah bekerja keras," baik kepada diri sendiri maupun untuk seseorang sangat berharga.

You did a good job today, you worked so hard
You are my prize

Baca Juga: 10 Idol K-Pop yang Kemampuan Aktingnya Bagus

Apakah ada lagi lagu K-Pop tentang mental health selain kesepuluh lagu di atas? Semoga bisa jadi referensi buat ikutan lomba menulis novel 2020 atau "Kontes Unbreakable Me" dengan TOTAL HADIAH Rp10 juta persembahan dari Cabaca dan Ibunda.id

Selain dari lomba, Cabaca.id juga menerima kiriman naskah. Setelah dinyatakan lolos oleh tim redaksi dan diberi ulasan, kamu berkesempatan jadi penulis resmi Cabaca, dapat kontrak terbit, dan tentu saja honor/royalti. Pakai aplikasi Cabaca di Google Play! [Asya]

Daftarkan dirimu sekarang dan menangkan hadiahnya!