10 Ide Bisnis Modal 1 Jutaan untuk Mahasiswa – Menjadi mahasiswa yang mempunyai penghasilan sendiri, adalah ciri anak mandiri. Kamu tidak perlu menyusahkan orang tua untuk memenuhi kebutuhan primermu. Karena itulah, membuat bisnis yang mudah dan menguntungkan dapat kamu coba mulai sekarang. Berikut ide bisnis modal 1 jutaan yang bisa kamu coba.

1.  Cetak Foto Polaroid

Sebagian besar orang suka sekali mengabadikan kenangan dengan mencetaknya. Kamu bisa membuat peluang untuk kegemaran ini. Foto yang disukai mereka adalah polaroid, karena polaroid memberi kesan keren dan cocok dijadikan koleksi ataupun dekorasi kamar kos.

2.  Suvenir Pernikahan

Zaman sekarang, entah kota maupun desa, acara pernikahan sering sekali memberikan souvenir. Souvenir pernikahan ini beragam, mulai dari gantungan kunci, bros, atau lainnya. Diperkirakan laba dari jasa ini bisa mencapai  dua kali lipat dari dana awal.

3.  Usaha Dropship

Dropship adalah usaha berdana 0 rupiah. Dengan menggunakan ponsel dan media sosial, kamu bisa memposting produk. Namun, untuk membuka jasa ini, perhatikan supplier yang ingin diajak kerja sama. Lihat produknya terlebih dahulu serta bagaimana servisa dan ketepatan waktu pengiriman barang supaya tidak mengecewakan konsumenmu.

4. Bisnis Kaos Pre-order

Bisnis kaos cukup menjanjikan. Kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk barang Pre-Order karena pembeli membayarkan DP di awal. Apalagi kalau bisa mengarang kalimat nyeleneh di kaosmu, pasti banyak yang suka. Contoh kaos yang sempat booming di kalangan penulis beberapa tahun lalu adalah kaos bertuliskan: Maukah Kau Menghapus Bekas Bibirnya di Bibirku dengan Bibirmu?

5.  Makanan Beku

Makanan beku menjadi alternatif usaha yang bisa kamu coba. Kamu bisa menjualnya lewat marketplace dan sosial media. Tapi karena penyimpanannya memerlukan dana besar, kamu bisa memakai freezer kulkas terlebih dahulu.

Baca Juga: 9 Menu Sahur Anak Kos Modal Rice Cooker

6.  Kue dan Jajanan Pasar

Bagi orang mageran, tapi doyan makan, penjual kue dan jajanan pasar adalah sahabat sejati. Ketika mulut ingin mengunyah, langsung capcus kirim pesan atau meluncur ke rumah penjual. Kamu bisa menjual cucur, onde-onde, nastar, bikang, donat, dan lain sebagainya. Asah terus kemampuanmu supaya jualanmu beragam.

7.  Jual Pulsa dan Paket Internet

Pulsa dan paket internet sekarang ini menjadi udara kedua bagi sebagian orang. Maka wajarlah kalau kebutuhan akan dua hal ini terus meningkat. Enaknya lagi, pulsa atau paket internet tidak pernah basi.

8.  Membuka Toko Kelontong

Kalau rumahmu memiliki lahan sisa, kamu bisa memanfaatkannya dengan membuka toko kelontong. Kalau pun tidak punya, kamu bisa memanfaatkan teras rumahmu. Perlu diingat, untuk membuka toko memerlukan konsistensi. Bukanya sebisa mungkin jangan mood-moodan, ya. Rencanakan jam buka secara matang. Kalau bisa pagi sekali karena kebutuhan mendesak selalu pagi.

9.  Usaha Jus Buah

Sebagian besar orang memang mempunyai blender, tapi sebagian besar lainnya malas belanja ke pasar untuk membeli buah. Kebanyakan orang sekarang memesan segala sesuatunya lewat aplikasi. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini. Atau kalau mau lebih mengeluarkan modal, kamu bisa menempatkan gerobak jus di depan rumah.

10.  Jual Mainan Anak

Sayang anak, sayang anak, sayang anak. Jualan mainan anak pasti menguntungkan. Karena apa? Di dunia ini tidak ada orang tua yang ingin anaknya nangis gulung-gulung.

Baca Juga: 15 Barang yang Wajib Dimiliki Anak Kost, Calon Mahasiswa Baru Harus Tahu!

Itulah 10 ide bisnis rumahan yang bisa kamu coba. Kamu bisa mencoba menjual sedikit barang dulu agar sesuai budget. Kalau belum punya modal, coba dikumpulin pelan-pelan, misalnya nabung dari hadiah Kontes Menulis What's Up Indekos? Lomba yang diselenggarakan oleh Cabaca dan Singgahsini by Mamikos ini menawarkan hadiah jutaan rupiah lho!

Lalu, sambil menunggu datangnya pelanggan, baca novel aja yuk. Ada banyak novel GRATIS baru di aplikasi Cabaca, terbit setiap hari. [Lisma]