10 Hal yang Dikangenin dari Kegiatan Pramuka di Sekolah – Setiap tanggal 14 Agustus kita akan merayakan Hari Pramuka Indonesia. Kegiatan Pramuka apa saja, sih, yang kamu kangenin? Barangkali kegiatan itu seperti yang ada di bawah ini.

1. Berkemah

Membicarakan pramuka, tak afdol rasanya kalau tidak menyinggung camping alias berkemah. Kegiatan satu ini paling ditunggu oleh para anggota Pramuka. Selain karena bisa mendekatkan hubungan dengan sesama anggota, kegiatan ini dapat mengajarkan kemandirian.

2.  Buku SKU Pramuka

SKU adalah singkatan dari Syarat Kecakapan Umum. Buku ini berisi tentang hafalan Pancasila, Tri Satya, Dasa Dharma Pramuka, dan lain sebagainya. Setiap tingkatan mempunyai ciri tersediri. Masih ingat nggak, gimana perjuangannya biar bisa naik tingkat, misalnya dari Siaga ke Penggalang gitu?

3. Tanda Regu

Dalam Pramuka, regu adalah satuan terkecil dari Pramuka Penggalang. Biasanya kakak pembina akan memasangkan kita dengan sejumlah orang dan kita akan mencari sendiri nama regunya. Dulu, nama regu yang paling populer itu adalah nama-nama bunga dan hewan. Sekarang apakah masih tetap sama, nggak ya?

4. Barung

Barung biasanya disematkan dengan peniti di bagian sisi lengan baju. Biasanya, sebelum mendapatkan tanda regu, anggota Pramuka Siaga mendapatkan tanda barung. Barung ini bentuknya segitiga sama sisi dan panjangnya empat sentimeter.

5. Panggilan Kakak

Tahu nggak kenapa dalam Pramuka, kita harus memanggil "Kakak", sekalipun itu guru atau kepala sekolah? Karena panggilan ini diatur dalam SK Kwarnas Nomor 137 tahun 1987 tentang Penyempurnaan PP Gudep Gerakan Pancasila.

Panggilan ini berfungsi untuk menjaga keharmonisan antarsesama anggota Pramuka, tanpa melihat strata, harta, kasta, dan SARA.

Baca Juga: 12 Alternatif Kegiatan Liburan Kenaikan Kelas 2021 Biar Gak Bosen

6. Semaphore dan Morse

Siapa yang waktu sekolahnya dulu sangat menyukai semaphore dan morse? Atau malah gak pernah hafal dan kesulitan gitu? Seperti yang sudah diketahui, semaphore adalah gerakan dengan bendera, sedangkan morse adalah sandi-sandi yang terdiri dari kode titik dan garis.

7. Seragamnya

Dari SD sampai SMA, seragam pramuka tetaplah sama. Atasnya berwarna cokelat muda dan bawahnya cokelat tua. Yang ganti nanti palingan ada atribut tingkat saja. Semakin tinggi tingkatan seseorang, akan punya banyak atribut.

8. Yel-Yel

Siapa yang suka kebingungan waktu disuruh bikin yel-yel atau malah menggerutu di depan kakak pembina? Kita samaan nih. Yel-yel biasanya terdiri dari gerakan ringan atau tarian yang dilakukan dengan kompak. Tak lupa juga menyanyikan lagu yang biasanya akan diubah liriknya.

9. Api Unggun

Pada malam hari saat kemah, biasanya akan diadakan upacara api anggun. Biasanya ada prosesi dan juga nyanyi-nyanyi serta pentas seni. Lalu, lanjut tengah malam, anggota Pramuka biasanya dikumpulkan. Kakak Pembina akan memberikan kita motivasi atau renungan malam. Hayo ngaku, siapa yang sering ketiduran saat acara renungan malam? Hehehe.

10. Tongkat dan Tali Pramuka

Salah satu keunikan dari Pramuka adalah kita belajar memakai tongkat dan tali-temali. Dengan kedua benda ini kita diajarkan membuat tandu, rangka tenda, dan lain sebagainya. Ada yang masih ingat nama-nama simpulnya atau bahkan caranya?

Baca Juga: 8 Ide Lomba Agustusan Online yang Menarik Buat Diadain

Sembari mengobati kangen terhadap kegiatan Pramuka di sekolah, baca yuk, novel-novel di Cabaca. Ada update novel baru setiap harinya. Aplikasi baca novel gratis ini dapat diunduh di Google Play. [Lisma]