10 Film yang Diangkat dari Novel dan Laris Manis!

hiburan Mar 17, 2021

10 Film yang Diangkat dari Novel dan Laris Manis! - Hari film nasional jatuh pada tanggal 30 Maret. Penetapan tanggal ini dikarenakan pada saat itu, untuk pertama kalinya shooting pembuatan film nasional yang pertama, The Long March.

Untuk memperingati hari film nasional, berikut ini direkomendasikan film adaptasi novel Indonesia. Yuk, tonton film yang diangkat dari novel.

1. Laskar Pelangi

Gak cuma novelnya aja yang banyak dibaca, film yang disutradarai Riri Riza ini banyak banget ditonton pada masanya. Gara-gara novel karya Andrea Hirata ini, orang juga jadi tertarik berkunjung ke Bangka Belitung.

2. Ayat-Ayat Cinta

Pada zamannya, film ini sungguh fenomenal. Gimana enggak, sosok lelaki sempurna kayak Fahri aja kemudian dihadapkan pada pilihan poligami. Selain itu, soundtrack film ini juga enak didengar semua.

3. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Udah pernah nonton film yang diangkat dari karya Buya Hamka yang satu ini? Bercerita tentang sebuah hubungan sepasang kekasih yang terhalang oleh perbedaan latar belakang sosial. Film yang dibintangi artis ternama seperti Reza Rahadian, Pevita Pearce, dan Herjunot Ali ini pada tahun 2014 sempat dirilis ulang versi extended dari yang tadinya berdurasi 164 menit, menjadi berdurasi 194 menit.

4. Surga yang Tak Dirindukan

Selamat datang di dunia religi yang kebanyakan adaptasi novelnya diambil dari karya Asma Nadia, seperti Surga yang Tak Dirindukan. Konflik dari kisah ini mengenai kisah pilu poligami. Mulanya kehidupan rumah tangga Arini dan Prasetya begitu bahagia, tapi sejak ada orang ketiga, kehidupan rumah tangga terasa sesak.

5. Danur

Ini dia film horor dari novel yang diangkat ke layar lebar. Danur ditulis oleh Risa Saraswati. Fokus cerita ini adalah pada teman-teman ghaib si penulis, seperti Peter, Hans, Hendrick, William, serta si bungsu Johnsen. Gimana? Kalau punya teman gaib, apakah kamu akan menuliskannya juga?

Baca Juga: 7 Film Indonesia yang Tunda Rilis Karena Wabah COVID-19

6. Dear Nathan

Membahas mengenai cowok pembuat onar memang tak pernah ada habisnya. Tipe cowok ini, menjadi kesayangan para kawula muda, persis kayak Nathan. Cerita ini ditulis oleh Erisca Febriani dan dibukukan pada Maret tahun 2016.

7. Teman Tapi Menikah

Siapa yang kemarin patah hati karena Adipati Dolken menikah? Hehehe. Ya udah, yang penting kan kamu gak di-friendzone-in sampai 14 tahun kayak yang diceritain novel Teman Tapi Menikah.

8. Dilan 1990

Jargoan yang paling terkenal dari novel Dilan 1990, “Milea, jangan rindu. Rindu itu berat. Biar aku saja.” Atau, “Milea, saat ini aku belum mencintaimu, tapi entah nanti sore.” So sweet ya, gaes? Kalau lihat filmnya, pasti senyam-senyum sendiri. Film ini diadaptasi dari novelis senior bernama Pidi Baiq. Tak hanya Dilan 1990, film Dilan 1991 dan Milea: Suara dari Dilan juga meraih ketenaran serupa.

9. Bumi Manusia

The power of Iqbaal Ramadhan. Setelah sempat diragukan aktingnya oleh banyak orang, Iqbaal berusaha menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam memerankan Minke. Novel yang diangkat dari karya legendaris Pramoedya Ananta Toer ini meraih box office dengan jumlah sebanyak 1,1 juta penonton.

10. Mariposa

Sempat digadang-gadang jadi film terlaris di tahun 2020, film yang diangkat dari novel berjudul Mariposa karya Luluk HF ini harus dihentikan tayangnya karena pandemi. Padahal dari 10 hari penayangan saja, film besutan Fajar Bustomo ini sudah mencapai 700 ribu penonton lho!

Baca Juga: 8 Film Indonesia yang Terkenal di Festival Internasional

Itulah tadi 10 film adaptasi novel terbaik untuk ditonton saat weekend. Selain menonton film, kamu bisa baca-baca novel dulu, ya, supaya tulisanmu tambah bagus dan memiliki banyak pembaca. Bacanya di mana? Tentunya di Cabaca.id, dong, karena Cabaca selalu memberikan bacaan yang berkualitas untuk pembaca. Download aplikasinya sekarang! [Lisma]

Tags

Tim Blogger Cabaca

Sekumpulan orang dari Cabaca yang menaruh perhatian besar pada dunia literasi. Pastikan selalu baca tulisan kami untuk tahu info paling update tentang Cabaca!

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.