10 Fakta Menarik Tentang SuperM yang Harus Kamu Tahu - Apakah kamu sudah menonton video klip SuperM Jopping? Bagaimana menurut kalian? Apakah kalian menyukai lagunya?

Tapi, tahukah kalian mengenai fakta menarik tentang SuperM? Kalau belum, berikut ulasannya.

1. Alasan di Balik Terbentuknya SuperM

Sumber: Twitter/@CapitolRecords

Seperti yang diketahui bahwa personel dari SuperM, bukanlah wajah-wajah baru, melainkan personel dari boyband-boyband besar SM Entertainment. Dari situlah banyak spekulasi negatif muncul seiring debutnya grup ini di tanggal 04 Oktober 2019 kemarin.

Pada sebuah wawancaranya, Lee Soo Man menegaskan, “Aku diminta Steve Barnett, CEO Musik Capitol Music, untuk membentuk tim baru yang memperlihatkan sinergi terkuat antara Barat dan Timur. Ini adalah alasan kenapa SuperM dibentuk. SuperM adalah grup yang terdiri dari tujuh artis dan akan menghasilkan kualitas musik yang menonjol. Melalui dance, vokal, rap, dan fashion, grup ini akan menunjukkan nilai-nilai inti dari K-Pop."

2. Di Bawah Label Asal Amerika Serikat

Sumber: kstarlive.com

Walaupun seluruh artisnya dari SM Entertainment, tapi grup ini berada di bawah naungan label musik Amerika, yakni Capitol Records. Label rekaman ini pernah menaungi musisi terkenal, seperti: The Beatles, Halsey, Sam Smith, dan lain-lain.

3. Disebut Avengers of K-Pop

Sumber: www.billboard.com

Disebut Avengers of K-Pop karena ketujuh personelnya merupakan idol-idol bertalenta. Sebutlah Taemin SHINee, Baekhyun EXO, Kai EXO, Taeyong  NCT 127, Mark NCT 127, Ten WayV, serta Lucas WayV. Ketujuhnya memang dikenal memiliki kemampuan vokal, rap, maupun dance yang mumpuni.

Baca Juga: 8 Artis Korea yang Pernah Cinlok

4. Disebut Sooman's Pick

Sumber: koreaboo.com

Lee Soo Man merupakan founder SM Entertainment. Ketujuh personelnya, dipilih langsung olehnya. Bahkan dalam konferensi pers perilisan album SuperM, Baekhyun (selaku leader SuperM) mengkonfirmasi hal itu benar dan menyebut diri mereka sebagai Sooman's Pick.

5. MV SuperM Jopping

Sumber: www.billboard.com

Single utama debut SuperM diberi judul Jopping. Jopping sendiri merupakan singkatan dari 'jumping' dan 'popping' yang menggambarkan semangat energik Super M.

6. Leader-nya adalah Baekhyun

Sumber: kpopherald.koreaherald.com

Baekhyun EXO dipercaya sebagai leader (pemimpin) karena mampu menjaga para member SuperM dengan baik. Rekan segrupnya, Kai, pun menambahkan kalau sosok Baekhyun mampu membawa pengaruh besar bagi grup SuperM.

7. Maknae-nya adalah Mark

Sumber: channels.vlive.tv

Maknae adalah sebutan bagi personel yang usianya paling muda. Mark lahir pada tanggal 2 Agustus 1999. Mark adalah rapper dan penyanyi yang berasal dari Kanada. Dia lolos dalam SM Global Audition di Vancouver.

Baca Juga: 7 Idol K-Pop yang Diprediksi Wamil Tahun 2020

8. Grup Multilingual

Sumber: www.billboard.com

Selain mahir berbahasa Korea, personel-personel SuperM menguasai berbagai bahasa lainnya. Pasalnya, mereka juga berasal dari berbagai Kewarganegaraan. Misalnya Ten berasal dari Thailand, Mark berkebangsaan Kanada, serta Lucas lahir dan dibesarkan di Hong Kong.

9. Mengeluarkan Mini Album

Sumber: cultura.id

Mini Album SuperM terdiri dari tujuh lagu dan delapan versi cover. Albumnya pun dinamai sama, yakni SuperM.

Ketujuh lagu itu, yaitu: Jopping, I Can’t Stand the Rain, 2 Fast, Super Car, No Manners, Jopping(Instrumental), serta I Can’t Stand the Rain (Instrumental). Sedangkan untuk 8 versi cover, termasuk dalam 7 versi cover individual dan 1 versi grup.

10. Kontroversi di Antara Penggemar

Sumber: instagram.com/superm

Adanya grup SuperM, membuat sebagian besar penggemar kecewa. Pasalnya anggota yang debut itu, memiliki grup masing-masing yang dikhawatirkan akan terbengkalai. Mereka juga meragukan kesuksesan SuperM di pasar musik Amerika Serikat, karena cukup sulit ditembus musisi Asia.

Namun, sekali SM Entertainment menegaskan kalau kesibukan SuperM, tidak akan mengganggu jadwal personel SuperM di grup utama mereka.

Baca Juga: 10 Idol K-Pop yang Suka Pakai Batik

Kamu K-Popers dan suka baca novel fanfiction? Gak ada salahnya buat install aplikasi Cabaca di Play Store. Di Cabaca ada banyak novel romantis yang seru! Daripada cuma download drama Korea doang kan? Selain itu, gak perlu bingung cari novel murah sebab di Cabaca kamu bisa baca yang mana saja secara gratis dan legal!

Pasang aplikasi Cabaca yuk di HP-mu untuk pengalaman baca lebih seru!