10 Buku Tentang Financial Planning Terbaik, Wajib Baca! – Sebagai seorang anak muda, sudah sewajarnya kamu belajar mengenai financial planning. Pengaturan keuangan yang tepat akan membuatmu memiliki tabungan yang cukup. Financial planning bisa kamu pelajari melalui buku. Berikut buku tentang financial planning yang direkomendasikan untukmu.

1. Rich and Poor Dad

Buku perencanaan keuangan pertama yang direkomendasikan adalah Rich Dad Poor Dad. Buku ini ditulis oleh Robert T. Kiyosaki. Rich Dad Poor Dad menjadi buku favorit karena berdasarkan pengamatan dan pengalaman penulis sendiri, yakni menceritakan antara ayah Kiyosaki yang hidup sederhana dan teman ayahnya, seorang terkaya di Hawai.

2. Why Didn't They Teach Me This in School?

Merencanakan keuangan memang tidak pernah menjadi mata pelajaran di sekolah. Karena itulah, Cary Siegel menyusunnya. Buku financial planner ini berisi 99 cara mengelola uang dengan singkat dan jelas. Kamu pasti mudah mengerti.

3. The Total Money Make Over

Buku manajemen keuangan ini, ditulis oleh Dave Ramsey, seorang pakar keuangan yang paling disegani. Isi buku ini banyak membahas mengenai pemborosan dalam rumah tangga dan membayar tagihan pendidikan sekolah anak.

4. The Automatic Millionaire

Buku financial management selanjutnya berjudul The Automatic Millionaire. Buku ini memakai bahasa lugas dan tidak bertele-tele. Mengolah finansial yang baik akan membuatmu bisa memiliki dana yang cukup untuk tabungan di hari tua.

5.  Your Money or Your Life

Hidup hemat memang sukar. Namun, dengan hemat, kehidupan seseorang akan lebih bahagia dan segala sesuatunya lebih terarah. Bukan tidak mungkin meraih financial independence. Hal inilah yang menjadi fokus utama dalam buku Your Money or Your Life. Buku ini ditulis oleh Vicki Robin.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Buku dan Novel Tentang Guru

6. You are a Baddas at Making Money

Kebanyakan buku finansial ditulis dalam bahasa serius, tapi buku You are a Baddas at Making Money disuguhkan dalam gaya kocak. Dalam buku ini menjabarkan mengenai panduan finansial dari banyak sudut pandang keuangan. Siapa yang ingin menabung lebih banyak nih?

7. How to Retire Happy, Wild, and Free

Pensiun bukan hanya tentang punya banyak tabungan, melainkan juga menghabiskan waktu luang dengan kegiatan positif, mental yang sehat, kesejahteraan fisik, dan juga tidak sungkan untuk menerima dukungan sosial. Itulah yang terkandung dalam buku How to Retire Happy, Wild, and Free, tulisan Ernie J. Zelinski.

8. Secret of Six Figure Women

Menjadi wanita tidak harus selalu bergantung kepada lelaki saja. Wanita zaman sekarang dituntut untuk bisa mandiri supaya bisa punya kebebasan finansial juga. Barangkali buku ini bisa menjadi rujukan. Barbara Stanny mewawancarai banyak wanita yang berpenghasilan tinggi dan ini merupakan rangkumannya.

9. Smart Women Finish Rich

Buku ini memang ditulis untuk wanita, tapi tidak menutup kemungkinan laki-laki bisa membacanya. Dari buku Smart Women Finish Rich kamu bisa mempelajari bahwa investasi kecil bisa berdampak besar dalam kehidupan di masa depan. Penulis buku ini bernama Davich Bach.

10. The Financial Diet

Apakah kamu orang yang tidak peduli dengan keuangan? Kalau iya, kamu harus membaca buku The Financial Diet. Buku ini akan membuka wawasanmu mengenai betapa pentingnya memedulikan keuangan dan tidak hidup dengan berfoya-foya semata. The Financial Diet ditulis oleh Chelsea Fagan.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Novel New Adult Indonesia di Cabaca

Itulah 10 buku tentang manajemen keuangan. Mulai hari ini kamu juga bisa menganggarkan keuangan untuk membaca. Kenapa demikian? Karena buku adalah makanan untukmu. Dengan banyak membaca, selain bisa menghibur dirimu yang kesepian, juga bisa memberikan banyak pengetahuan. Download aplikasi Cabaca untuk baca novel Indonesia secara gratis. [Lisma]