10 Aplikasi Penerjemah yang Harus Dicoba Selain Google Translate – Dengan adanya penerjemahan, kamu pasti tidak kesulitan membaca karya sastra, baik itu dari Korea Selatan, Hong Kong, Amerika, Inggris, bahkan Yunani sekalipun. Profesi penerjemah, juru bahasa serta terminolog sudah diakui dunia dengan diperingatinya 30 September sebagai hari penerjemahan internasional.

Ngomongin perihal penerjemahan, pasti erat kaitannya dengan Google Translate. Namun, pada nyatanya di luaran sana, banyak sekali aplikasi penerjemah selain Google Translate.

Berikut aplikasi translate terbaik online yang direkomendasikan untukmu.

1. Microsoft Translator

Microsoft Translator mempunyai database 60 bahasa. Aplikasi ini tersedia di operasi Windows, iOS, Android, dan jam tangan pintar (smartwatch). Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa menerjemahkan gambar, tangkapan layar, teks, dan suara. Keunggulan lainnya, yaitu dapat diunduh berbentuk dokumen dan dapat pula dibaca secara offline.

2. iTranslate

Aplikasi penerjemah bahasa otomatis ini dikembangkan oleh Sonico Mobile. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk menerjemahkan teks, situs web, ataupun kata-kata pencarian dengan konjugasi. Kamu bisa mengaksesnya dengan memakai Windows, iOS, Mac, Google Play, dan Kindle Fire. iTranslate memiliki database 100 bahasa.

3. Linguee

Perangkat lunak ini hanya mendukung tiga bahasa, yaitu Prancis, Jerman, dan Belanda. Linguee baru diluncurkan sekitar tahun 2009. Kamu bisa menggunakannya untuk menerjemahkan kata atau kalimat tunggal. Linguee juga mempunyai 25 dialek.

4. Babylon Translator

Program ini sudah ada sejak 19 tahun lalu. Untuk memakainya kamu hanya memerlukan dokumen berupa MS Office. Lalu pilih bahasa. Babylon Translator akan menerjemahkannya tanpa menghilangkan format asli dari dokumenmu. Ada 77 bahasa yang Babylon Translator punya, pun 1.700 glosarium.

5. TripLingo Translator

Aplikasi ini cocok digunakan untuk para wisatawan asing. Selain bisa menerjemahkan catatan suaramu dengan cepat, kamu juga bisa mendapatkan kursus singkat tentang budaya lokal di negara tersebut. TripLingo Translator mempunyai 42 bahasa. Fitur ini juga menyediakan nomor darurat, yaitu 911.

Baca Juga: Kenapa Oktober Menjadi Bulan Bahasa?

6. Translate.com

Kalau kamu mencari aplikasi penerjemah bahasa Arab dengan kamera, kamu bisa menggunakan Translate.com. Selain gambar, kamu juga bisa menerjemahkan suara dan teks. Kamu juga bisa menerjemahkan dokumen asing dengan mengunggahnya ke situs. Lalu secara otomatis, situs akan mengartikan dokumen tersebut.

7. Bing Translator

Bing juga memiliki program penerjemah yang bernama Bing Translator. Aplikasi ini disebut memiliki tingkat keakuratan lebih tinggi dari Google Translate. Dengan Bing Translator, kamu juga bisa tinggal memberikan url sebuah situs, yang akan membuatmu merasa dimudahkan.

8. Yandex Translate

Aplikasi ini berasal dari Rusia. Yandex Translate mempunyai kelebihan fitur dan fungsi yang hampir sama dengan penerjemah lainnya. Tampilannya pun sederhana. Tidak akan membuat matamu sakit.

9. Memsource

Platform terjemahan satu ini berbasis cloud yang dibangun untuk memperlancar dan memberikan keamanan proses penerjemahan. Kamu pun bisa menerjemahkan apa pun di sini.

10. Reverso Translation

Program ini dikembangkan oleh Softissimo Inc. Di sini, kamu tidak hanya menerjemahkan kata, tetapi juga ekspresi dengan mudah ke dalam berbagai macam bahasa, seperti Inggris, Prancis, Jerman, Spanyol, Polandia, Ibrani, Italia, Arab, dan lainnya. Kamu juga bisa mencari frasa idiomatik di aplikasi Reverso Translation.

Baca Juga: 10 Aplikasi yang Berguna untuk Work From Home

Itulah 10 aplikasi penerjemah yang bisa kamu gunakan.

Bagi kamu yang suka membaca novel tulisan anak negeri, download aplikasi Cabaca saja. Kamu akan menemukan novel baru setiap harinya di aplikasi baca novel gratis tersebut. [Lisma]