10 Aplikasi yang Berguna untuk Work From Home - Konsep remote working dan work from home belum terlalu familier di Indonesia. Remote working adalah sebuah cara untuk bekerja di lokasi yang berbeda, baik beda daerah maupun beda negara. Sedangkan work from home adalah cara kerja fleksibel yang ditawarkan perusahaan bagi karyawannya untuk bekerja di rumah dengan jam kerja yang diatur secara mandiri meskipun berada di satu area yang sama. Konsep kerja ini sebagian besar baru diaplikasikan oleh perusahaan startup digital.

Terkait penyebaran virus COVID-19, ada anjuran pemerintah untuk belajar, beribadah, dan bekerja di rumah. Oleh karena itu, kita perlu menyiapkan diri untuk work from home. Apa sajakah aplikasi yang dibutuhkan untuk work from home? Berikut ini aplikasi yang mungkin sudah kita miliki dan dapat digunakan.

1. Gmail

Saat bekerja di rumah dan tidak berada pada satu lokasi yang sama, sarana komunikasi menjadi hal yang paling penting. Kepercayaan pun akan terbangun jika memiliki komunikasi yang baik. Email menjadi salah satu sarana komunikasi andalan, baik antara karyawan dan atasan, sesama karyawan, maupun dengan klien.

Gmail adalah layanan dari Google untuk berkirim dan menerima surat elektronik. Selain mudah, bisa dibilang hampir semua orang sudah memiliki akun Google. Kita dapat menggunakan Gmail untuk mengirim pesan dan dokumen penting yang berkaitan dengan pekerjaan.

2. Google Drive

Sumber: dewailmu.id

Ada kalanya, kita memiliki satu dokumen yang harus dibagikan ke banyak orang, entah itu dokumen, presentasi, foto, ataupun video. Untuk itulah, kita memerlukan Google Drive. Dengan kapasitas penyimpanan yang cukup besar, kita dapat berbagi banyak dokumen hanya dengan mempunyai akun Google dan mengirimkan link-nya saja.

3. Google Calender

Sumber: business.tutsplus.com

Punya deadline ketat? Ada agenda rapat? Butuh reminder terjadwal untuk tim? Gak usah khawatir, lagi-lagi Google menawarkan solusi. Kita cukup mencatat deadline atau agenda rapat pada Google Calender kita dan membagikannya pada rekan kerja. Dengan begitu, semua bisa terlaksana sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

4. Google Hangout

Sumber: www.researchgate.net

Ini adalah salah satu platform yang dikembangkan Google untuk memberikan kemudahan komunikasi bagi penggunanya. Selain berguna untuk berkirim pesan atau chat, Google Hangout dapat digunakan apabila kita membutuhkan rapat dengan tatap muka alias video call. Aplikasi work from home ini juga memungkinkan penggunanya untuk merekam jalannya meeting apabila diperlukan, berbagi layar, berbagi dokumen, bahkan bisa digunakan untuk video call sambil menonton video Youtube secara bersama-sama lho!

5. Zoom

Sumber: tribunnews.com

Selain Google Hangout atau Google Meet, kita juga bisa pakai aplikasi untuk work from home yang satu ini. Banyak orang memutuskan pakai aplikasi ini untuk rapat virtual karena mudah digunakan, ringan, dan tentu saja gratis. Selain dapat digunakan pada komputer, kita juga bisa unduh versi aplikasinya di smartphone!

Baca Juga: Cara Membuat Sinopsis Novel untuk Tim Redaksi

6. Slack

Sumber: www.codepolitan.com

Slack merupakan salah satu platform komunikasi yang dapat diandalkan dan cukup sering digunakan di banyak perusahaan. Pasalnya, platform yang satu ini memungkinkan kita untuk membagi percakapan atau diskusi tim menurut topiknya, dengan membuat channel. Hal inilah yang membedakan Slack dengan banyak platform sejenis. Dengan Slack, kita lebih mudah menemukan kembali percakapan penting karena segala sesuatunya ter-indeks dengan baik. Selain itu, Slack juga bisa disinkronkan dengan Google Drive kok, don't worry!

7. Trello

Sumber: www.mymagz.net

Trello merupakan aplikasi yang memudahkan kita dalam membuat dan merancang proyek kolaborasi. Tampilannya pun sederhana, dibuat layaknya papan yang memilah-milah pekerjaan sesuai yang kita rencanakan. Apabila sebuah to-do-list telah dilakukan, kita cukup menggeser card yang sudah dibuat pada list yang lain, bahkan mengarsipkannya. Pada card yang ada di Trello, kita juga dapat menambahkan due date, memberinya label, mendelegasikan card, bahkan menyisipkannya dengan file pendukung.

8. Jira

Sumber: medium.com

Kalau Trello adalah semacam papan tulis online yang berfungsi layaknya menempelkan post it, maka Jira memenuhi desain simpel yang serupa tetapi dengan fungsi yang lebih kompleks. Silakan pakai Jira jika pekerjaan tim tidak hanya sekadar mewujudkan proyek, tetapi mengembangkan produk yang membutuhkan lebih banyak laporan, tracking, dan insight soal kecepatan kerja,

9. Clockify

Sumber: clockify.me

Jika memastikan segala tugas atau pekerjaan telah selesai saja tidak cukup, atau kalau perusahaan perlu menelusuri waktu kerja karyawannya, silakan gunakan Clockify. Clockify merupakan salah satu aplikasi penunjang produktivitas yang dilengkapi timer. Jadi, begitu kita akan mulai melakukan sebuah tugas, kita cukup menekan tombol start dan hentikan jika sudah selesai. Di Clockify, terpampang pula summary kinerja karyawan dalam satu hari. Jika butuh ekspor laporannya dengan logo perusahaan, mengirim notifikasi pengingat, atau bahkan mengatur subdomainnya. perusahaan dapat membeli layanan berbayar dari Clockify.

10. Aplikasi Presensi

Presensi atau kehadiran menjadi hal esensial bagi perusahaan. Pasalnya selain jadi penentu penilaian karyawan, presensi juga digunakan untuk menghitung gaji dan lembur. Lupakan fingerprint sementara waktu, terutama saat ada wabah Corona yang menuntut kita untuk menjaga kebersihan sepanjang waktu. Lagi pula ada aplikasi work from home yang dapat digunakan untuk menghitung kehadiran. Di Indonesia sendiri telah hadir beberapa aplikasi presensi karyawan seperti Sleekr, KaryaONE, Talenta, Hadirr, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Cara Membuat Blurb Novel Yang Menarik

Memang, work from home masih agak sulit diberlakukan di Indonesia. Apalagi, ketersediaan jaringan internet di Indonesia belumlah merata. Namun, tidak ada salahnya mencoba untuk mengadopsi konsep kerja work from home demi mendukung social distancing agar penyebaran virus Corona dapat ditekan.

Jangan takut apabila kamu sedang diimbau untuk #dirumahaja sebab Cabaca menawarkan #HappyHournyaCabaca atau Jam Baca Nasional sebanyak dua kali sehari hingga 31 Maret 2020. Manfaatkan ini untuk berdiam diri di rumah ya! Download aplikasi Cabaca di Play Store yuk! [Asya]

Baca novel gratis walau #dirumahaja!