Sinopsis Novel Hujan Tere Liye

Sinopsis Novel Hujan Tere Liye

Sinopsis Novel Hujan Tere Liye – Tere Liye merupakan seorang penulis terkenal Indonesia yang karyanya selalu best seller. Salah satu karya tersebut berjudul Hujan. Barangkali ada yang sedang bertanya-tanya novel Hujan menceritakan tentang apa? Berikut merupakan ulasannya.

Sinopsis Novel Hujan Tere Liye

Novel ini mengangkat genre science fiction, bercerita tentang persahabatan menjadi cinta antara tokohnya. Yang menarik dari novel ini adalah mengangkat latar waktu tahun 2042 hingga 2050.

Cerita dimulai dari tahun 2042, saat di mana peran manusia sudah mulai digantikan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi canggih. Hujan berfokus kepada gadis berusia 13 tahun yang bernama Lail.

Pada hari pertama bersekolah, Lail terjebak dalam bencana gunung meletus dan gempa dahsyat. Bencana tersebut membuatnya harus menelan pil pahit karena telah menghancurkan kota tempat tinggal serta merenggut nyawa kedua orang tuanya.

Syukurlah, di masa penuh kesusahan tersebut, seorang pemuda bernama Esok datang menolong dan menyelamatkan Lail. Pemuda itu berusia 15 tahun. Karena bencana itu pula, Esok kehilangan banyak hal, termasuk kaki ibunya yang harus diamputasi.

Bencana itu menghadirkan satu takdir untuk Lail dan Esok. Hubungan mereka kian dekat, seperti kakak adik. Selama setahun sejak peristiwa itu, mereka berdua tinggal di pengungsian. Demi menghilangkan kesedihan yang berlarut, mereka membantu petugas pengungsian, sehingga banyak orang mengenal mereka.

Tak lama setelah itu, Pemerintah mengumumkan bahwa tempat pengungsian akan segera ditutup. Karena peristiwa tersebut, Lail dan Esok terpisah. Lail tinggal di panti sosial. Esok diangkat oleh salah satu keluarga.

Di panti asuhan, Lail berteman dengan Maryam, seorang perempuan ceria, penuh semangat dan lucu. Mereka menjadi teman sekamar.

Sepanjang terpisah itu, Lail maupun Esok selalu menentukan jadwal pertemuan setiap sebulan sekali. Momen tersebut selalu ditunggu-tunggu oleh Lail.

Beberapa bulan awal, pertemuan tersebut berjalan lancar. Dalam pertemuan itu mereka berbagi cerita seputar aktivitas atau kegiatan masing-masing. Hanya saja, jadwal pertemuan mereka harus berubah dikarenakah Esok harus ke ibukota. Mereka pun hany abisa bertemu di libur semester.

Dalam masa tidak bertemu itu, Lail menyibukan diri ditemani Maryam. Mereka bergabung menjadi relawan di sebuah organisasi dan menyandang relawan paling muda. Selain menjadi termuda, mereka juga berprestasi.

Selain itu, Lail mempunyai kesibukan-kesibukan lain. Karena hal itu pula, Lail jarang berkomunikasi dan hubungan mereka merenggang.

Hingga suatu hari, Esok terlibat dalam projek kapal luar angkasa dengan rencana untuk membawa penduduk bumi ke luar angkasa. Rencana tersebut menghindari bencana dahsyat yang melanda bumi. Hanya saja, tidak semua yang bisa pergi ke sana karena dipilih secara acak. Eros sendiri telah memiliki dua tiket.

Hari berlalu, ayah angkatnya, Pak Walikota, meminta Eros untuk memberikan satu tiket kepada anak walikota yang bernama Claudia. Karena kejadian itu, Lail salah paham dengan Eros. Dia mengira Eros mempunyai rasa kepada Claudia.

Lalu apa yang akan terjadi selanjutnya? Kamu bisa melanjutkan kelanjutan untuk membaca review novel Hujan Tere Liye dengan membaca buku aslinya.

sumber: gramedia.com

Amanat Novel Hujan Tere Liye

Setiap orang mempunyai amanat atau tangkapan setelah membaca suatu novel. Terkadang amanat tersebut tergantung dari siapa yang membaca. Namun, apabila mulai menjabarkan isinya dalam satu kalimat, barangkali setelah membaca novel Hujan, kamu akan mendapati bahwa sebagai manusia kita harus selalu menerima dan mensyukuri nikmat Tuhan.

Selain daripada itu, ada beberapa kutipan yang dapat kamu petik dalam novel Hujan Tere Liye.

  1. Karena kenangan sama seperti Hujan. Ketika dia datang kita tidak bisa menghentikannya. Bagaimana kita akan menghentikan tetes air yang turun dari langit? Hanya bisa ditunggu hingga selesai dengan sendirinya.
  2. Hidup ini juga memang tentang menunggu. Menunggu kita untuk menyadari kapan kita akan berhenti menunggu.
  3. Orang kuat itu bukan karena dia memang kuat, melainkan karena dia bisa lapang melepaskan.
  4. Bagian terbaik dari jatuh cinta adalah perasaan itu sendiri. Kamu pernah merasakan rasa sukanya, sesuatu yang sulit dilukiskan kuas sang pelukis, sulit disulam menjadi puisi oleh pujangga, tidak bisa dijelaskan oleh mesin paling canggih sekalipun. Bagian terbaik dari jatuh cinta bukan tentang memiliki. Jadi, kenapa kamu sakit hati setelahnya? Kecewa? Marah? Benci? Cemburu? Jangan-jangan karena kamu tidak pernah paham betapa indahnya jatuh cinta.
  5. Bukan melupakan yang jadi masalahnya. Barangsiapa yang bisa menerima, maka dia akan bisa melupakan, hidup bahagia. Tapi jika dia tidak bisa menerima, dia tidak akan pernah bisa melupakan.
  6. Jangan pernah jatuh cinta saat hujan. Karena ketika besok lusa kamu patah hati, setiap kali hujan turun, kamu akan terkenang dengan kejadian menyakitkan itu.
  7. Tidak ada kabar adalah kabar, yaitu kabar tidak ada kabar. Tidak ada kepastian juga adalah kepastian, yaitu kepastian tidak ada kepastian. Hidup ini juga memang tentang menunggu. Menunggu kita untuk menyadari: kapan kita akan berhenti menunggu.
  8. Ada orang-orang yang kemungkinan sebaiknya cukup menetap dalam hati kita saja, tapi tidak bisa tinggal dalam hidup kita. Maka, biarlah begitu adanya, biar menetap di hati, diterima dengan lapang. Toh dunia ini selalu ada misteri yang tidak bisa dijelaskan. Menerimanya dengan baik justru membawa kedamaian.
  9. Kamu tahu, ciri-ciri orang yang sedang jatuh cinta adalah merasa bahagia dan sakit pada waktu bersamaan. Mereka yakin dan ragu dalam satu hela napas. Merasa senang sekaligus cemas menunggu hari esok.
  10. Kamu tahu kenapa kita mengenang banyak hal saat hujan turun? Karena kenangan sama seperti hujan. Ketika dia datang, kita tidak bisa menghentikannya. Bagaimana kita akan menghentikan tetes air yang turun dari langit? Hanya bisa ditunggu, hingga selesai dengan sendirinya.

Analisis Novel Hujan Tere Liye

Jika kamu pikirkan lebih lanjut, dalam novel Hujan Tere Liye dapat kita ketahui bahwa makna kehidupan dan arti sebuah cinta. Hal tersebut menggambarkan jika kehidupan ini tidak hanya seputar kebahagiaan semata, melainkan juga air mata dan derita.

Tokoh-tokoh yang terdapat dalam novel ini terdiri dari: Lail, Esok, Maryam, Ibu Esok, Elijah, Wali Kota, Istri Wali Kota, Claudia dan ibu Suri.

Sedangkan untuk latar tempatnya terdiri dari rumah sakit, stasiun kereta, stadion, taman, landmark, toko kue, panti sosial, sekolah, dan tempat terapi.

Latar suasananya sendiri kebanyakan akan menggambarkan suasana bahagia dan sedih.

Latar waktu yang sering diceritakan adalah pagi, siang, sore, dan malam hari.

Baca Juga: Sinopsis Novel Harry Potter and the Sorcerer's Stone

Setelah membaca mengenai sinopsis novel Hujan, apakah kamu tertarik untuk membaca kelanjutannya? Dapatkan novel Hujan secara legal, ya, jangan asal download pdf novel!

Selain novel Hujan, ada banyak sekali novel sejenis yang bisa kamu baca di Cabaca. Kamu hanya perlu install aplikasi Cabaca dan dapatkan novel-novel baru setiap hari. Banyak promo menarik yang bisa kamu nikmati hanya di aplikasi loh! [Lisma]

Aplikasi baca novel berkualitas di Indonesia
Aplikasi baca novel online di Indonesia


Suka baca novel genre apa? Cari di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy