Kirim Naskah ke Cabaca

Kirim Naskah ke Cabaca
Photo by Kaleidico / Unsplash

Kirim Naskah Cabaca – Cabaca merupakan aplikasi baca novel online di Indonesia sejak 2017. Aplikasi ini menawarkan ratusan novel Indonesia terbaru yang bisa kamu baca hanya melalui smartphone kamu.

Ketentuan Editor Cabaca

Cabaca dikenal sebagai platform yang menerapkan sistem kurasi layaknya penerbitan mayor. Dengan metode seleksi dari tim editor ini, diharapkan Cabaca bisa menjadi platform baca novel online yang konsisten menghasilkan novel berkualitas dari penulis Indonesia terbaik.

Pastikan saat ingin tahu cara jadi penulis Resmi Cabaca, kamu sudah membaca beberapa ketentuan editor berikut ini sebelum kirim naskah ke Cabaca.

  1. Karya yang kamu tulis merupakan karya orisinal, bukan merupakan hasil jiplakan, saduran, dan terjemahan ilegal.
  2. Terbuka ke hampir semua genre, seperti romance, adult. comedy, teenlit, horror, fantasy, action, dan masih banyak lagi. Cek langsung ke Cabaca untuk detail selengkapnya.
  3. Karya tidak boleh menyinggung SARA dan mengandung konten LGBTQ+.
  4. Cabaca belum menerbitkan eksklusif kumpulan cerpen dan puisi, kecuali dari penerbit maupun instansi yang berkolaborasi.
  5. Khusus novel dewasa atau apabila mengandung konten kekerasan, harap memberikan warning kebijakan pembaca.
  6. Khusus genre fanfiction, tidak diperkenankan menyebutkan nama grup boyband/girlband, agency, atau perusahaan yang menaunginya. Hanya boleh nama anggota grupnya saja.
  7. Khusus nonfiksi, Cabaca menerima tema-tema seperti self-improvement, self-development, mental health issues, digital marketing, dan lifestyle. Diutamakan yang ditulis berdasarkan point of view yang unik, argumen yang punya dasar, riset, dan didukung oleh data yang kredibel.
  8. Karya yang kamu tulis terdiri dari minimal 35 bab (untuk novel/karya fiksi) dan minimal 12 bab (untuk nonfiksi). Jumlah tersebut adalah jumlah total bab hingga tamat.
  9. Setiap bab terdiri dari minimal 500 kata dan maksimal sekitar 2.000 kata.
  10. Saat akan diajukan ke editor, karyamu sudah selesai ditulis hingga tamat atau minimal sudah selesai 75% dari total keseluruhan bab.
  11. Jika baru ditulis 75% dari total keseluruhan bab, saat Ajukan Eksklusif, penulis berkomitmen menuliskan karyanya hingga tamat (jumlah bab juga akan dicantumkan pada kontrak)
  12. Pastikan kamu sudah menyiapkan sinopsis atau ringkasan yang menggambarkan ceritamu minimal 200 kata atau sekitar 1-2 halaman A4. Tuliskan secara detail hingga ending-nya.
  13. Kontrak yang ditawarkan dari editor bersifat eksklusif sehingga setelah dinyatakan terbit, tidak diperbolehkan terbit baik di platform maupun penerbit mana pun. Cabaca hanya mengelola hak ekonominya sehingga hak cipta naskah tetap pada penulis.
  14. Kontrak yang ditawarkan dari editor tidak berlaku seumur hidup, hanya 5 tahun saja atau berdasarkan kesepakatan dengan penulis.
  15. Kontrak yang ditawarkan dari editor dapat diperpanjang atau diakhiri sesuai prestasi penulis atau pun kesepakatan kedua belah pihak.
  16. Setelah menandatangani kontrak eksklusif, penulis hanya boleh memajang bab 1-3 dari karyanya di media/platform lain sebagai preview.
  17. Setelah menandatangani kontrak eksklusif, naskah akan didiskusikan, melalui proses editorial, hingga pembuatan sampul oleh tim desainer Cabaca yang semuanya direncanakan bersama-sama dengan penulis.
  18. Saat akan Ajukan Eksklusif, Karya tidak boleh diikutkan Kontes Cerita Cabaca. Begitu pula sebaliknya.
  19. Proses reviu dari tim editor biasanya membutuhkan waktu sekitar 3-6 bulan, tergantung banyaknya antrean.
  20. Apabila lebih dari jangka waktu tersebut, penulis tidak mendapatkan reviu dan follow up lebih lanjut, penulis diperbolehkan menarik naskahnya dengan pemberitahuan terlebih dahulu dan menerbitkannya baik di platform maupun penerbit mana pun.
  21. Setiap Karya yang diajukan ke editor atau Ajukan Eksklusif, akan mendapat reviu melalui email, baik yang dinyatakan diterima maupun yang dinyatakan belum dapat diterbitkan.

Cara Kirim Karya ke Cabaca

Cabaca membuka kesempatan pada penulis Indonesia untuk bergabung dan membagikan karyanya kepada pembaca. Ada beberapa cara kirim naskah ke Cabaca seperti yang akan dijabarkan berikut ini.

1. Menulis Langsung di Fitur Karya Cabaca

Per 2022, Cabaca telah merilis fitur Karya dalam aplikasinya. Melalui fitur ini, kamu jadi bisa menulis langsung via aplikasi maupun website, tanpa harus ribet kirim dokumen via email.

Ingin meng-upload karyamu di Cabaca? Yuk, ikuti langkah di bawah ini.

  1. Masuk ke akun Cabaca pakai akunmu.
  2. Pilih tanda (+) di bagian bawah aplikasi atau website Cabaca.
  3. Pilih menu 'Tulis Karya Baru'.
  4. Pilih sampul yang kamu inginkan, atau kamu bisa unggah sampulmu sendiri.
  5. Masukkan nama, judul, genre, dan tagar yang kamu inginkan untuk cerita kamu.
  6. Tuliskan blurb atau deskripsikan ceritamu biar orang tertarik baca.
  7. Udah deh! Tinggal nulis dan submit!

2. Mengajukan ke Editor untuk Mendapat Kontrak Eksklusif

Nah, jika sudah upload langsung, kamu pun bisa Ajukan Eksklusif untuk mendapatkan kontrak royalti hingga 60%. Jika kamu memilih cara ini, naskahmu akan masuk ke meja redaksi. Setelah itu, tim editor akan mereviu naskahmu apakah bisa diterbitkan atau tidak. Proses reviu atau kurasi ini biasanya memerlukan waktu hingga 3 bulan karena tim editor akan membaca naskahmu satu per satu.

Namun, jangan khawatir, meski belum dapat diterbitkan pun, tim editor Cabaca akan memberikan alasan penolakan dan catatan perbaikan untuk naskahmu melalui email.

Untuk yang ingin Ajukan Eksklusif, bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Setelah membuat Karya di Cabaca, jangan lupa untuk Tulis Bab Baru.
  2. Pastikan Karyamu sudah memiliki minimal 3 bab yang statusnya “Terbit”, bukan draf ya!
  3. Pada halaman Daftar Karyamu, kamu bisa klik Ajukan Eksklusif.
  4. Lalu kamu akan diminta untuk mengisi sebuah form, yakni berupa tanggal lahir, alamat email dan nomor HP, alamat surat-menyurat, akun media sosial, jumlah keseluruhan bab (min. 35 bab), dan sinopsis (min. 200 kata maks. 500 kata).
  5. Jangan lupa baca ketentuan editor sebelum klik centang pada radio button di bagian bawah form.
  6. Klik Kirim.
  7. Jika sudah kirim, pada Karya yang sudah diajukan di halaman Daftar Karyamu, tombolnya akan bertuliskan “Sudah diajukan”. Jika kamu klik tombolnya, kamu akan menuju ke form yang tadi, tetapi ada keterangan bahwa karyamu sedang direviu oleh tim editor.
  8. Jika karyamu diterima maupun ditolak, pada form tadi juga akan ada perubahan keterangannya.

Baca Juga: Apa itu Cabaca?

3. Mendaftarkan Karya ke Kontes Cerita Cabaca

Selain dua cara di atas, kamu juga bisa ikut Kontes Cerita Cabaca, yakni lomba menulis novel yang rutin diselenggarakan oleh Cabaca. Per 2022 lalu, tidak lagi perlu kirim melalui email untuk ikut lomba menulis terbaru loh!

Cukup upload Karya secara langsung ke Cabaca, lalu pada saat kontes berlangsung, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Setelah membuat Karya di Cabaca, jangan lupa untuk Tulis Bab Baru.
  2. Pastikan Karyamu sudah memiliki minimal 3 bab yang statusnya “Terbit”, bukan draf ya!
  3. Pada halaman Daftar Karyamu, kamu bisa klik Ikuti Kontes.
  4. Lalu kamu akan diminta untuk mengisi sebuah form, yakni berupa tanggal lahir, alamat email dan nomor HP, alamat surat-menyurat, akun media sosial, jumlah keseluruhan bab (min. 35 bab), dan sinopsis (min. 200 kata maks. 500 kata).
  5. Jangan lupa baca ketentuan yang ada bagian bawah form sebelum klik centang pada radio button.
  6. Klik Kirim.
  7. Jika sudah berhasil, akan muncul pop up Berhasil.
  8. Karya yang sudah diajukan di halaman Daftar Karyamu, tombol Ikuti Kontes-nya akan tidak aktif.
  9. Kamu tinggal ikuti prosesnya hingga menjadi pemenang Kontes Cerita Cabaca.

4. Mendaftarkan Karya Melalui Event

Cabaca cukup sering mengadakan event untuk menjaring penulis baru. Beberapa yang pernah diadakan, misalnya Seleksi Naskah dadakan via Telegram maupun Live Instagram. Selain itu, Cabaca pernah beberapa kali berkolaborasi dengan komunitas penulis dan instansi seperti sekolah dan kampus untuk menerbitkan hasil karya kegiatannya.

5. Monetisasi Karya (Non-Eksklusif)

Per Juli 2023 lalu, Cabaca mulai merilis versi Beta bagi penulis yang ingin memonetisasi karyanya secara mandiri. Dengan fitur ini, siapa pun dapat menjual tulisannya secara mandiri tanpa harus melalui proses seleksi. Namun, sementara ini hanya beberapa pengguna tertentu serta Penulis Resmi yang dapat menggunakannya. Apabila ingin menjadi salah satu yang mencobanya, upload tulisanmu di fitur Karya Cabaca terlebih dahulu, kemudian silakan klik tautan di bawah ini.

Apakah kamu ingin jadi Penulis Resmi dan mendapatkan gaji di Cabaca? Buruan unggah tulisanmu di aplikasi menulis Cabaca. Jangan lupa baca juga novel terkurasi yang ada di Cabaca untuk mendapatkan inspirasi. Dapatkan  aplikasi Cabaca di Play Store. []

download Cabaca


Cari Novel Murah Berbagai Genre? Klik di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy