11 Kafe Buku di Jabodetabek, Semuanya Masih Buka!

11 Kafe Buku di Jabodetabek, Semuanya Masih Buka!
Photo by Viktor Bystrov / Unsplash

11 Kafe Buku di Jabodetabek, Semuanya Masih Buka! – Pencinta buku di Jabodetabek, yuk cek kafe buku berikut ini, dijamin cocok untuk membaca novel.

Rekomendasi Book Cafe di Jabodetabek

Kafe buku adalah kafe yang di dalamnya terdapat tumpukan buku sebagai salah satu sarana yang bisa dinikmati. Beberapa orang juga menyebutnya dengan library cafe. Bentuknya tidak harus berupa perpustakaan, kurang lebih yang penting ada tumpukan buku atau seperti pojok baca. Dari sekian banyak kafe di wilayah Jabodetabek, berikut ini rekomendasi book cafe di Jakarta.

1. Kafe Sastra Balai Pustaka

Siapa yang tidak kenal dengan penerbit Balai Pustaka? Ternyata di dalamnya ada kafenya loh! Cocok banget ke sini sambil lihat-lihat buku sastra klasik Indonesia.

Alamat: Istana Peradaban Balai Pustaka, Jl. Bunga No.8 3, RT.3/RW.9, Palmeriam, Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13140
Jam buka: 09.00 - 20.00 WIB
Instagram: @kafesastra

2. Tujuhari Coffee

Salah satu hidden gem nih di daerah Jakarta Selatan, udah coba belum? Selain asyik buat nongkrong sambil baca buku, kafe ini juga sering ngadain pertunjukan musik lho!

Alamat: Jl. Wijaya II , Grand Wijaya Center B 8-9, Lt 5, RT.6/RW.1, Pulo, Kebayoran Baru, South Jakarta City, Jakarta 12160
Jam buka: 09.00 - 21.00 WIB
Instagram: @tujuhari_

Gak cuma bisa nongkrong, di sini kamu bisa mengadopsi barang-barang antik lawas. Benar-benar estetik deh! Jadi, kamu bisa mengonten sambil baca buku di sini.

Alamat: Jl. Mesjid Al Huda No.1 5, RT.5/RW.1, Kby. Lama Utara, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12240
Jam buka: 11.00 - 23.00 WIB
Instagram: @kampoeng_gallery

4. Ruma Coffeeatery Blok M

Salah satu kafe nyaman di Jakarta ini wajib kamu kunjungi kalau kamu seorang pencinta buku. Tak hanya buku, ada beberapa komik lawas yang bisa kamu baca di kafe ini.

Alamat: Jl. Sultan Hasanudin No.30, RT.2/RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160
Jam buka: 10.00 - 22.00 WIB
Instagram: @rumacoffeatery

5. Little League Jakarta

Ada banyak yang bikin kafe ini punya ambience terasa nyaman. Selain karena menyediakan banyak buku untuk dibaca di tempat, tempat parkirnya pun relatif luas dan tersedia ruang khusus bagi yang ingin merokok.

Alamat: Jl. Prof. Joko Sutono SH No.21 14, RT.14/RW.6, Petogogan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160
Jam buka: 11.00 - 23.00 WIB
Instagram: @littleleaguejakarta

6. iLegal Library

Sudah ada sejak 2018, kafe di daerah Kebayoran Baru ini emang sejak awal menonjolkan konsep library cafe. Tidak hanya untuk baca buku, kamu juga bisa bikin tugas maupun work from cafe di sini.

Alamat: Jl. Cikatomas II No.1A 1, RT.1/RW.4, Rw. Bar., Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12180
Jam buka: 12.00 - 20.00 WIB
Instagram: @ilegallibrary

7. Pigeonhole Coffee

Suasana hangat langsung menyapamu jika singgah di kafe yang satu ini. Tak hanya kopinya yang enak, kamu wajib mencoba pastry dan makanan ringannya.

Alamat: Jalan Bintaro Utara Raya Blok P2 No.1 6, RT.6/RW.8, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12320
Jam buka: 07.00 - 20.00 WIB
Instagram: @pigeonholecoffee

8. Maraca Books And Coffee

Kafe ini menyajikan pemandangan buku dan interior cozy bertema industrial yang gak boleh kamu lewatkan. Kalau kamu kebetulan lagi di Bogor, jangan lupa mampir ke sini.

Alamat: Jl. Jalak Harupat No.9a, Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122
Jam buka: 07.00 - 22.00 WIB
Instagram: @maracacoffee

9. Smiljan Coffee

Kamu yang tinggal di Ciputat, wajib banget mampir untuk duduk santai sambil baca buku. Selain ada rak buku dengan koleksi lumayan banyak, kafe ini juga menyediakan space semi outdoor yang hijau dan segar untuk berkumpul bersama keluarga.

Alamat: Jl. Merpati II, Sawah Baru, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15413
Jam buka: 08.00 - 22.00 WIB
Instagram: @smiljan.space

10. Omah Library

Kafe ini sempat viral karena menjadi lokasi syuting video klipnya Tissa Biani. Gak heran sih, soalnya emang jarang banget ada perpustakaan seestetik ini di daerah Tangerang. Kalau mau ke sini, sebaiknya reservasi dulu ya!

Alamat: Taman Villa Meruya Blok F2/15-16, RT.002/RW.010, Karang Mulya, Kec. Kembangan, Kota Tangerang, Banten 11640
Jam buka: 10.15 - 20.45 WIB
Instagram: @omahlibrary

11. PannaLab

Jarang banget ada kafe dengan konsep seperti di PannaLab ini. Selain menjual kopi dan makanan ringan layaknya kafe, di sini sering diadakan pameran fotografi juga loh! Benar-benar tahu apa yang disukai pencinta buku kan?

Alamat: Jl. Taman Villa Baru No.A26, Pekayon Jaya, Kec. Bekasi Sel., Kota Bks, Jawa Barat 17148
Jam buka: 11.00 - 19.00 WIB
Instagram: @panna___lab

Wah, ternyata ada banyak kafe buku di Jabodetabek yang bisa dikunjungi. Adakah book cafe yang pernah kamu datangi? Semoga bisa menginsiprasi dan menjadikan membaca buku sebagai bagian dari gaya hidup, layaknya nongkrong di kafe.

Baca Juga: 8 Kafe Buku di Bali, Book Worm Harus Coba!

Apabila saat ini kamu tidak tinggal di wilayah Jabodetabek, jangan sedih. Toh sekarang kamu bisa baca buku di HP, tidak harus di kafe. Caranya, cukup baca novel online di Cabaca. Cabaca merupakan platform baca novel online di Indonesia. Manfaatkan voucher dan promo menarik lainnya untuk cari novel murah berkualitas. Jika ingin baca gratis di Jam Baca Nasional alias Happy Hournya Cabaca pukul 21.00 - 22.00 WIB, install dulu aplikasi Cabaca, yang ada di Google Play. [Asya]

Aplikasi baca novel berkualitas di Indonesia
Aplikasi baca novel online di Indonesia


Suka novel genre apa? Cek di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy